Tentang Prinsip dan Pendekatan Penilaian dalam Kurikulum 2013 - Penilaian hasil berguru penerima didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut.
1) Objektif, berarti evaluasi berbasis pada standar dan tidak dipengaruhi faktor subjektivitas penilai.
2) Terpadu, berarti evaluasi oleh pendidik dilakukan secara terencana,
3) menyatu dengan aktivitas pembelajaran, dan berkesinambungan.
4) Ekonomis, berarti evaluasi yang efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya.
5) Transparan, berarti mekanisme penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan sanggup diakses oleh semua pihak.
6) Akuntabel, berarti evaluasi sanggup dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun eksternal untuk aspek teknik, prosedur, dan hasilnya.
7) Edukatif, berarti mendidik dan memotivasi penerima didik dan guru.
Pendekatan evaluasi yang dipakai yakni evaluasi contoh kriteria (PAK).PAK merupakan evaluasi pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
1) Objektif, berarti evaluasi berbasis pada standar dan tidak dipengaruhi faktor subjektivitas penilai.
2) Terpadu, berarti evaluasi oleh pendidik dilakukan secara terencana,
3) menyatu dengan aktivitas pembelajaran, dan berkesinambungan.
4) Ekonomis, berarti evaluasi yang efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya.
5) Transparan, berarti mekanisme penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan sanggup diakses oleh semua pihak.
6) Akuntabel, berarti evaluasi sanggup dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun eksternal untuk aspek teknik, prosedur, dan hasilnya.
7) Edukatif, berarti mendidik dan memotivasi penerima didik dan guru.
Pendekatan evaluasi yang dipakai yakni evaluasi contoh kriteria (PAK).PAK merupakan evaluasi pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
No comments:
Post a Comment