Langkah-Langkah Pembelajaran Pembagian Kelas II Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik – Pembagian termasuk konsep yang susah dipahami anak-anak. Konsep pembagian mulai dikenalkan ke siswa kelas dua sekolah dasar di semester 2. Pada semester ini, siswa diperlukan mempunyai kompetensi dasar meakukan pembagian dua angka. Indikator yang sanggup dilihat bila siswa mempunyai kompetensi ini yaitu siswa sanggup (1) Menuliskan pembagian sebagai pengurangan berulang hingga habis, (2) Menyatakan pembagian sebagai lawan perkalian, (3) Membagi satu bilangan dengan bilangan 1 dan (4) Membagi satu bilangan dengan bilangan itu sendiri.
Pendekatan matematika realistik mensyaratkan siswa menuntaskan sendiri Masalah Kontekstual yang diberikan guru di awal pembelajaran. Guru sanggup memakai konteks yang disukai atau dikenal oleh anak-anak, contohnya belum dewasa dekat dengan saling membagi (share) sesuatu ibarat permen. Aktivitas membagi permen sanggup menjadi pertimbangan untuk dijadikan duduk kasus kontekstual dalam Lembar Kerja Siswa baik secara Individu maupun kelompok. Kegiatan pembelajaran sanggup dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Anak-anak, pada pelajaran sebelumnya, kita telah mempelajari perkalian. 4x2 artinya ? Ayo siapa yang masih ingat ?
Guru menceritakan sebuah kisah yang berisi duduk kasus kontekstualyang sesuai dengan bahan yang hendak dipelajari siwa yaitu pembagian.
2) Guru membagikan Lembar Kerja Kelompok, permen, kantong plastik dan gelas plastik pada masing-masing kelompok
3) Guru mengkondisikan setiap kelompok untuk melaksanakan acara sesuai dengan duduk kasus kontekstual pada Lembar Kerja Kelompok
4) Siswa diberi kesempatan untuk menuntaskan Lembar Kerja Kelompok beberapa menit.
5) Guru berkeliling untuk memastikan siswa menuntaskan Lembar Kerja Kelompok sambil membantu siswa seperlunya.
6) Guru memanggil setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok sambil mempraktikan apa yang diperitahkan dalam LKS. Pada langkah ini, guru menanyakan semua hal berkaitan dengan apa tanggapan siswa dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan.
7) Guru Membagikan Lembar Kerja Individu untuk dikerjakan siswa
8) Setelah siswa menuntaskan Lembar kerja Individu, guru meminta salah satu siswa untuk presentasi di papan tulis. Pada proses ini guru menanyakan gagasan lain dari siswa lain serta menanyakan alasan penyelesaian Lembar kerja individu.
9) Guru Memberikan Evaluasi
2) Guru memperlihatkan Tugas Untuk dikerjakan di rumah
Nama siswa :
Pak Joni mempunyai 8 buah permen. Pak Joni Ingin permen tersebut dimasukkan ke dalam 4 buah gelas plastik. Isi setiap gelas plastik harus sama. Bantulah Pak Joni untuk memasukan permen tersebut ke dalam gelas plastik yang telah disediakan dengan langkah-langkah di bawah ini.
Langkah 1: Siapkan 8 permen dan 4 gelas plastik yang telah dibagikan oleh bu guru. Gambarkan Permen dan Gelas pada Tempat yang disediakan di bawah ini.
Gambar:
Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen
Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen
Langkah 2: 8 permen dimasukkan dalam 4 gelas plastik. Setiap gelas dimasukkan 1 permen.
Gambar:
Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen
Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen
Langkah 3:
Sisa Permen yang belum dimasukkan ke dalam gelas plastik tinggal 8– .... = .....
...... permen yang tersisa dimasukkan lagi ke dalam 4 gelas plastik. Setiap gelas dimasukkan 1 permen.
Gambar:
Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen. Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen
Berapa kali kalian melaksanakan pengurangan ? Karena Kalian melaksanakan ..... kali pengurangan, maka 8 – ... – ... = 0. Kaprikornus setiap gelas plastik berisi .... permen.
Kesimpulan: Tulislah kesimpulan kalian di bawah ini !!
Pengurangan berulang 8 – .... – .... = 0 sama artinya dengan 8 : .... = ..... Penulisan 8 : .... = ... dibaca 8 dibagi ....sama dengan ..... 8 disebut bilangan yang dibagi. ...... disebut bilangan pembagi. ..... disebut hasil bagi.
Lembar Kegiatan Individu
NAMA SISWA :
Membantu Pak Joni.
Pak Joni mempunyai 4 Gelas yang masing-masing berisi 2 permen. Permen tersebut akan disatukan untuk dibawa pulang untuk Anaknya Nadine. Bantulah Pak Joni untuk menyatukan permen tersebut dalam satu kantong plastik . Ikuti Langkah di bawah ini.
Pak Joni mempunyai 4 Gelas yang masing-masing berisi 2 permen. Jika disatukan menjadi ....+.....+.....+....=.... permen. Dapat ditulis dalam bentuk perkalian 4x 2. = .......
Ingat acara sebelumnya, Mulanya pak Joni Ada 8 permen dalam 1 kantong. Kemudian dibagi sama banyak ke dalam 4 gelas. Sehingga masing-masing gelas berisi 8 permen. Dapat ditulis dalam bentuk pembagian 8 : 2 = 4.
Jadi, apa hubungan perkalian dengan pembagian ? Berikan Kesimpulan di bawah ini
Kesimpulan:
Pak Joni Memiliki 8 Permen yang akan diberikan hanya kepada satu orang anaknya Nadin. Nadin mendapatkan .... permen . Ditulis
8 : 1 = ...... Dibaca delapan dibagi satu sama dengan ....................
Kesimpulan:
Jika ternyata di rumah pak Joni ada Nadin dan 7 Orang Temannya. Maka Pak joni harus membagi 8 permen yang dibawa kepada .... orang. Masing-masing orang menerima ....permen. Ditulis 8 : .... = ... Dibaca tujuh dibagi tujuh sama dengan satu.
Kesimpulan:
Nama siswa :
1. Panitia perlombaan menyediakan 36 kelereng lalu dibagikan kepada 6 kelompok sama banyak berapa banyak kelereng yang diterima setiap kelompok ?
Jawab:
Pendekatan matematika realistik mensyaratkan siswa menuntaskan sendiri Masalah Kontekstual yang diberikan guru di awal pembelajaran. Guru sanggup memakai konteks yang disukai atau dikenal oleh anak-anak, contohnya belum dewasa dekat dengan saling membagi (share) sesuatu ibarat permen. Aktivitas membagi permen sanggup menjadi pertimbangan untuk dijadikan duduk kasus kontekstual dalam Lembar Kerja Siswa baik secara Individu maupun kelompok. Kegiatan pembelajaran sanggup dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Kegiatan Awal
Apersepsi:
Guru menanyakan bahan prasyarat yaitu perkalian sebagai berikut:Anak-anak, pada pelajaran sebelumnya, kita telah mempelajari perkalian. 4x2 artinya ? Ayo siapa yang masih ingat ?
Motivasi:
Guru menjelaskan kepada siswa bahwa berguru pembagian sangat penting. Dengan berguru pembagian, siswa sanggup menuntaskan permasalahan ibarat yang diceritakan guru sebagai berikut:Guru menceritakan sebuah kisah yang berisi duduk kasus kontekstualyang sesuai dengan bahan yang hendak dipelajari siwa yaitu pembagian.
Masalah Kontekstual : Membantu Pak Joni
Pak Joni mempunyai 8 buah permen. Pak Joni Ingin permen tersebut dimasukkan ke dalam 4 buah gelas plastik. Isi setiap gelas plastik harus sama. Berapakah isi permen dalam setiap gelas plastik ?b. Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dengan kemampuan yang berbeda-beda menurut hasil tes awal.2) Guru membagikan Lembar Kerja Kelompok, permen, kantong plastik dan gelas plastik pada masing-masing kelompok
3) Guru mengkondisikan setiap kelompok untuk melaksanakan acara sesuai dengan duduk kasus kontekstual pada Lembar Kerja Kelompok
4) Siswa diberi kesempatan untuk menuntaskan Lembar Kerja Kelompok beberapa menit.
5) Guru berkeliling untuk memastikan siswa menuntaskan Lembar Kerja Kelompok sambil membantu siswa seperlunya.
6) Guru memanggil setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok sambil mempraktikan apa yang diperitahkan dalam LKS. Pada langkah ini, guru menanyakan semua hal berkaitan dengan apa tanggapan siswa dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan.
7) Guru Membagikan Lembar Kerja Individu untuk dikerjakan siswa
8) Setelah siswa menuntaskan Lembar kerja Individu, guru meminta salah satu siswa untuk presentasi di papan tulis. Pada proses ini guru menanyakan gagasan lain dari siswa lain serta menanyakan alasan penyelesaian Lembar kerja individu.
9) Guru Memberikan Evaluasi
c) Penutup
1) Guru mengajak siswa menciptakan kesimpulan2) Guru memperlihatkan Tugas Untuk dikerjakan di rumah
Lembar Kegiatan Kelompok
Kelompok :Nama siswa :
Membantu Pak Joni
Pak Joni mempunyai 8 buah permen. Pak Joni Ingin permen tersebut dimasukkan ke dalam 4 buah gelas plastik. Isi setiap gelas plastik harus sama. Bantulah Pak Joni untuk memasukan permen tersebut ke dalam gelas plastik yang telah disediakan dengan langkah-langkah di bawah ini.
Langkah 1: Siapkan 8 permen dan 4 gelas plastik yang telah dibagikan oleh bu guru. Gambarkan Permen dan Gelas pada Tempat yang disediakan di bawah ini.
Gambar:
Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen
Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen
Langkah 2: 8 permen dimasukkan dalam 4 gelas plastik. Setiap gelas dimasukkan 1 permen.
Gambar:
Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen
Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen
Langkah 3:
Sisa Permen yang belum dimasukkan ke dalam gelas plastik tinggal 8– .... = .....
...... permen yang tersisa dimasukkan lagi ke dalam 4 gelas plastik. Setiap gelas dimasukkan 1 permen.
Gambar:
Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen. Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen
Berapa kali kalian melaksanakan pengurangan ? Karena Kalian melaksanakan ..... kali pengurangan, maka 8 – ... – ... = 0. Kaprikornus setiap gelas plastik berisi .... permen.
Kesimpulan: Tulislah kesimpulan kalian di bawah ini !!
Pengurangan berulang 8 – .... – .... = 0 sama artinya dengan 8 : .... = ..... Penulisan 8 : .... = ... dibaca 8 dibagi ....sama dengan ..... 8 disebut bilangan yang dibagi. ...... disebut bilangan pembagi. ..... disebut hasil bagi.
Lembar Kegiatan Individu
NAMA SISWA :
Membantu Pak Joni.
Pak Joni mempunyai 4 Gelas yang masing-masing berisi 2 permen. Permen tersebut akan disatukan untuk dibawa pulang untuk Anaknya Nadine. Bantulah Pak Joni untuk menyatukan permen tersebut dalam satu kantong plastik . Ikuti Langkah di bawah ini.
Pak Joni mempunyai 4 Gelas yang masing-masing berisi 2 permen. Jika disatukan menjadi ....+.....+.....+....=.... permen. Dapat ditulis dalam bentuk perkalian 4x 2. = .......
Ingat acara sebelumnya, Mulanya pak Joni Ada 8 permen dalam 1 kantong. Kemudian dibagi sama banyak ke dalam 4 gelas. Sehingga masing-masing gelas berisi 8 permen. Dapat ditulis dalam bentuk pembagian 8 : 2 = 4.
Jadi, apa hubungan perkalian dengan pembagian ? Berikan Kesimpulan di bawah ini
Kesimpulan:
Pak Joni Memiliki 8 Permen yang akan diberikan hanya kepada satu orang anaknya Nadin. Nadin mendapatkan .... permen . Ditulis
8 : 1 = ...... Dibaca delapan dibagi satu sama dengan ....................
Kesimpulan:
Jika ternyata di rumah pak Joni ada Nadin dan 7 Orang Temannya. Maka Pak joni harus membagi 8 permen yang dibawa kepada .... orang. Masing-masing orang menerima ....permen. Ditulis 8 : .... = ... Dibaca tujuh dibagi tujuh sama dengan satu.
Kesimpulan:
Evaluasi
Nama siswa :
1. Panitia perlombaan menyediakan 36 kelereng lalu dibagikan kepada 6 kelompok sama banyak berapa banyak kelereng yang diterima setiap kelompok ?
Jawab:
2. 25 : 5 artinya 25-.....-......-.....- ......-....=0.(.... kali pengurangan )
Kaprikornus 25:5 = .....
Jawab:
3. Aku sebuah bilangan. Jika saya dikali 3 didapat 18. Bila saya dibagi 3 didapat 2. Bilangan berapakah aku?
Jawab:
4. Selesaikan Soal di Bawah ini !!
12:3=4 maka 3x4 = ....
36:4 = 9 maka 4x9= ...
48:6 = .... maka ...x 6 = 48
Jawab:
5. Lengkapilah Tabel Pembagian Berikut !
Kaprikornus 25:5 = .....
Jawab:
3. Aku sebuah bilangan. Jika saya dikali 3 didapat 18. Bila saya dibagi 3 didapat 2. Bilangan berapakah aku?
Jawab:
4. Selesaikan Soal di Bawah ini !!
12:3=4 maka 3x4 = ....
36:4 = 9 maka 4x9= ...
48:6 = .... maka ...x 6 = 48
Jawab:
5. Lengkapilah Tabel Pembagian Berikut !
: | 2 | 3 | 4 | 6 | 12 | |
12 | 6 |
No comments:
Post a Comment