Sunday, March 25, 2018

√ Pemanfaatan Sig Di Kehidupan

SIG atau Sistem Informasi Geografi sekarang sudah menjadi kebutuhan manusia dan menjadi disiplin ilmu bantu geografi yang sangat modern. Keunggulan atau kelebihan SIG yakni bisa menyajikan dunia kasatmata atau real world pada layar komputer menyerupai lembaran peta. SIG menyimpan semua gosip berkenaan dengna unsur geografis ke dalam basis data digital. SIG sanggup menyimpan data keruangan dalam bentuk tabel dan disimpan dalam hardisk. 

Data tersebut sanggup dipanggil kembali, diedit dan dimanipulasi sessuai impian penggunanya. SIG sanggup dipakai luas di banyak sekali bidang kehidupaan diantaranya:
1. Bidang Pendidikan
SIG sanggup dimanfaatkan untuk memilih lokasi sekolah, untuk menciptakan sistem gosip pendidikan dan sebagai alat bantu pemahaman siswa ketika pembelajaran geografi.

2. Bidang Geologi, Petambangan dan Perminyakan
SIG di bidang ini dilakukan untuk memilih lokasi keterdapatan mineral/cebakan materi galian yang akan dieksploitasi. SIG juga dipergunakan untuk menganalisa limbah yang merupakan hasil buangan industri tambang.

3. Bidang Sumber Daya Alam
SIG bermanfaat untuk inventarisasi, administrasi dan kesesuaian lahan untuk pertanian, perkebunan, kehutanan, analisa daerah rawan peristiwa alam, dan pemantauan daerah kebakaran hutan dan lahan.

4. Bidang Perencanaan Wilayah
SIG sanggup dijadikan media yang sempurna untuk perencanaan pemukiman dan transmigrasi, perencanaan kota, pengembangan desa tertinggal, perencanaan lokasi industri, pasar, pemukiman dan lainnya.

5. Bidang Lingkungan
SIG sanggup dijadikan alat untuk menganalisa dan pemantauan pencemaran udara, limbah berbahaya, pencemaran air, sunga, laut, tanah, penilaian pengendapan lumpur dan sedimen di pantai dan pemantauan pencemaran minyak di laut.
SIG atau Sistem Informasi Geografi sekarang sudah menjadi kebutuhan insan √ Pemanfaatan SIG Di Kehidupan
Pemanfaatan SIG semakin pesat, pic:ww.wrsc.org
6. Bidang Hidrologi dan Kelautan
SIG dipakai untuk acara inventarisasi dan administrasi pengamatan pasang surut laut, administrasi daerah pesisir, administrasi tempat wisata laut, taman maritim dan hutan bakau.

7. Bidang Transportasi dan Perhubungan
SIG dipakai untuk administrasi pemeliharaan, perencanaan dan ekspansi jaringan jalan tol, rel kereta dan jalan raya, penentuan jalur transportasi, analisa rawan kemacetan dan ancaman kecelakaan dan pemantauan jalur mudik.

8. Bidang Telekomunikasi
SIG dimanfaatkan pada ketika perencanaan, pemeliharaan dan analisa ekspansi jaringan telekomunikasi, pembuatan sistem gosip pelanggan dan akomodasi umum telekomunikasi seperti, telepon umum, warnet dan lainnya. SIG juga sanggup dipakai untuk menginventarisasi jaringan telekomunikasi dan pelanggan TV kabel, antene parabola dan jaringan internet.

9. Bidang Ekonomi, Bisnis dan Marketin
SIG dimanfaatkan untuk memilih lokasi bisnis prospektif menyerupai bank, pasar, mall, ATM, kantor cabang, showroom, outlet makanan, gudang dan lainnya dengan memerhatikan lokasi konsumen dan pelanggan di sekitar. SIG juga sanggup menganalisa rute terpendek yang harus dilalui oleh salesmen.

10. Bidang Perpajakan
SIG sanggup dimanfaatkan untuk memprakirakan potensi pendapatan dari sektor pajak dengan menciptakan sistem gosip untuk penarikan pajak dari sektor periklanan yang berasal dari perizinan dan pemasangan papan komersil, baliho yang terkait dengan data posisi, ruang dan waktu.

11. Bidang Militer
SIG diperlukan untuk penyediaan data spasial untuk analisa rute-rute perjalanan logistik dan peralatan perang, pembuatan peta elektronik yang dihubungkan dengan radar yang bisa mendeteksi kendaraan atau pesawat musuh di wilayah teritorial negara.

12. Bidang Kesehatan
SIG sanggup dipakai untuk memilih distribusi penderitan suatu penyakit, contoh atau sebaran pandemi penyakit serta penentuan lokasi unit-unit pelayanan kesehatan beserta tenaga medisnya.

13. Bidang Utilitas
SIG dimanfaatkan dalam proses inventarisasi dan administrasi gosip jaringan pipa air minum, sistem gosip pelanggan, perencanaan jaringan tiang listrik, gardu listirk, tower BTS dan lainnya. Sumber: Iwan Hermawan, Geografi Sebuah Pengantar.

Sumber http://www.gurugeografi.id

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...