Tuesday, March 20, 2018

Kenapa Bumdes Harus Menyusun Perencanaan Usaha?

Menemukan perjuangan apa yang paling ideal dan cocok untuk dikembangkan di desa memang bukan hal yang mudah. Buktinya banyak desa masih kesulitan dalam menemukan potensi apa yang berpeluang dan menjanjikan untuk dikembangkan dan jalankan.
Menyusun Rencana Usaha BUMDes/Ilustrasi
Pun demikian, bukan berarti desa tidak sanggup menemukan potensi di desanya. Buktinya banyak desa telah berasil dan bisa dalam membuatkan potensi dan menciptakan produk unggulan desa sampai usahanya sukses tidak hanya di pasar lokal bahkan ada yang sudah dipasarkan ke pasar internasional. Maka tak heran bila BUMDes berpotensi jadi perusahaan kelas dunia di kurun industri 4.0

Saat ini dalam membangun perjuangan desa problem modal bukan lagi sebuah kendala, bila perjuangan desa itu dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa, alasannya ialah dana desa yang diterima setiap desa sanggup disertakan untuk modal pemberdayaan ekonomi masyarakat desa termasuk untuk modal BUM Desa.

Nah, bila modal bukan sebuah kendala, maka langkah selanjutnya yang diharapkan ialah keberanian dan tekat untuk memulai sebuah usaha. Sebab, banyak BUMDes sukses diawali dari keberanian pendiri berpikir besar.

Keberanian dan tekat yang berpengaruh saja tidaklah cukup, bila tidak diikuti dengan perencanaan perjuangan yang baik. Oleh alasannya ialah itu, para pengurus BUM Desa harus menyusun dan menciptakan perencanaan bisnis BUMDes terhadap unit-unit perjuangan yang akan dijalankan dan dikembangkan. 

Dengan adanya perencanaan bisnis yang matang sanggup mencegah perjuangan BUMDes terhindar dari resiko kegagalan. 

Selanjutnya dengan adanya perencanaan bisnis yang berpengaruh dan mantang memudahkan BUMDes untuk menunjukkan ide-ide acara perjuangan kepada masyarakat desa maupun dalam melakukan kerjasama perjuangan antar desa serta dengan pihak-pihak lain.

Yang perlu dicatat ialah apapun kerjasama perjuangan atau kemitraan perjuangan yang dilakukan oleh BUM Desa harus bertujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat desa dan memperkuat sumber pendapatan desa. 

Nah, bagi desa - desa yang belum mendirikan BUM Desa jangan takut untuk memulai. Karena cara mendirikan BUMDes mudah. Semoga bermanfaat.

Sumber http://risehtunong.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...