Saturday, March 17, 2018

√ Apa Saja Faktor-Faktor Pro Mortalitas Dan Anti Mortalitas?

Dinamika penduduk dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu kelahiran, kematian dan migrasi. Kematian atau mortalitas merupakan fenomena yang niscaya akan dialami oleh manusia. Mortalitas intinya akan menciptakan jumlah penduduk suatu kawasan menjadi berkurang. Tingkat kematian tiap kawasan atau negara berbeda-beda. Ada faktor pro (pendukung) dan anti (penghambat) terjadinya kematian penduduk. Berikut ini beberapa faktor pro dan anti mortalitas:

Faktor Pro Mortalitas
1. Gaya hidup buruk
Gaya hidup sangat memengaruhi terhadap kualitas kesehatan seseorang. Gaya hidup yang jelek atau tidak sehat akan mempercepat seseorang untuk menemui ajalnya. Kurangnya asupan gizi, stress, buruknya sanitasi, jajan sembarangan tentu akan menciptakan seseorang rentan terhadap penyakit. Baca juga: Ciri awan cirrus, stratus dan cumulus
2. Minimnya sarana prasarana kesehatan
Fasilitas kesehatan yang memadai dan berkualitas sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan penduduknya. Kurangnya kemudahan kesehatan dan tenaga jago sering menciptakan angka kematian meningkat. Daerah-daerah terpencil banyak menemui kendala ini sehingga sering dijumpai kasus gizi jelek atau banyaknya angka kematian ibu dan bayi. 
3. Bencana alam
Bencana alam menyerupai gunung meletus, tsunami, longsor dan banjir sering menelan korban jiwa. Bencana tsunami di Aceh tahun 2004 saja menciptakan 500.000 jiwa melayang.
4. Kurangnya kesadaran kebersihan
Coba lihat di lingkungan sekitar anda apakah ada sampah acak-acakan di pinggir jalan, sungai atau tempat lainnya. Sampah tersebut mengakibatkan bacin busuk, mengundang lalat dan mahluk penyebar penyakit lain. Ini yaitu kebiasaan masyarakat yang tidak sadar kebersihan yang mengundang mereka untuk lebih cepat mati.
5. Kecelakaan kemudian lintas
Mobilitas menjadi salah satu faktor paling mayoritas yang menimbulkan meningkatnya kematian. Setiap hari niscaya akan dijumpai isu kecelakaan kemudian lintas di televisi. Ini diakibatkan oleh kecepatan berkendara yang tentunya akan berbahaya jikalau tidak hati-hati di jalan.
6. Perang
Perang merupakan salah satu sarana pemusnahan penduduk secara massal. Lihat saja di Suriah dan Irak, kota beserta penduduknya musnah dalam sekejap akhir perang.
Perang menghancurkan kehidupan manusia
Faktor Anti Mortalitas
1. Gaya hidup sehat
Hidup sehat, membiasakan makan makanan bergizi dan rajin berolahraga akan menambah panjang hidup anda. Makan sayuran dan buah-buahan akan menciptakan badan lebih sehat.
2. Fasilitas kesehatan memadai
Tersedianya sarana pendukung kesehatan yang memadai sampai tingkat desa akan menciptakan pelayanan kesehatan menjadi prima. Masyarakat sanggup cepat berkonsultasi ke dokter jikalau ia sakit sehingga memercepat keinginan sembuh.
3. Lingkungan higienis dan sehat
Lingkungan yang higienis dari sampah dan terhindar dari polusi akan menciptakan hidup kita nyaman. Kebersihan lingkungan menjadi belahan yang sangat penting untuk memperpanjang umur hidup seseorang.
4. Program penyuluhan kesehatan
Pendidikan kesehatan perlu diberikan pada masyarakat semoga mereka memahami wacana tata cara hidup sehat. Dengan demikian mereka mempunyai wawasan ilmu kesehatan yang cukup untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Baca juga: cara menghitung pertumbuhan penduduk alami dan total
Gambar: usnews.com
UPDATE PROMO QUIPPER VIDEO 
Mau nilai pelajaran kau semakin meningkat di sekolah hanya dengan berguru di rumah?. Yuk gabung Quipper, bimbel online yang paling keren di Indonesia dikala ini. Hampir 1 juta siswa Indonesia telah memakai Quipper untuk membantu pengayaan berguru di rumah. Materinya lengkap banget

1. Dapat bahan Sekolah Menengah Pertama + Sekolah Menengan Atas (IPA dan IPS) + UN + SBMPTN
2. Ada ribuan video berguru keren dari tutor terbaik
3. Bank soal dan intensif UN dan SBMPTN
4. Tips dan Trik menjawab soal cepat
5. Dan masih banyak lagi keunggulannya

Yang lebih keren lagi, Quipper masih ada diskon harga lho dengan memakai instruksi diskon dari kawan resmi. Cek di whatsapp kak Agnas (mitra resmi Quipper Indoesia) di bawah untuk dapatkan instruksi diskonnya. Sumber: Youtube Quipper
atau mortalitas merupakan fenomena yang niscaya akan dialami oleh insan √ Apa Saja Faktor-Faktor Pro Mortalitas dan Anti Mortalitas?

Sumber http://www.gurugeografi.id

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...