Materi formatif m4 kb2 yaitu seputar kemampuan awal akseptor didik atau intake siswa. Seorang guru harus mengetahui kemampuan awal akseptor didik untuk melihat kesiapan mereka dalam mencar ilmu dan sebagai alat penilaian di simpulan pembelajaran.
Formatif M4 KB2 |
1. Salah satu komponen penting yang dibutuhkan dalam mendesain suatu mata pelajaran kaitannya dengan diagnosis kebutuhan instruksional yaitu dengan mengidentifikasi
Kemampuan awal akseptor didik
2. Diagnosis kemampuan awal (recognition of prior learning) merupakan salah satu variabel penting dalam
Menentukan desain pembelajaran
3. Kemampuan awal intinya mempunyai dua imbas signifikan terhadap akseptor didik dimana imbas tersebut sangat penting saat guru akan mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu imbas yang dimaksud adalah
Mengorganisasi informasi atau pengetahuan baru
4. Tes yang dipergunakan untuk mengetahui apakah akseptor didik telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan ataupun dipersyaratkan sebelum mengikuti pelajaran tertentu disebut dengan
Tes prasyarat
5. Pak Guru Abrizam mengadakan konsultasi individual dengan cara mewawancarai akseptor didik secara informal untuk mengetahui prestasi akseptor didikdan permasalahan yang mungkin mereka hadapi baik akademik maupun non akademik. Pak Guru Abrizam dalam hal ini sedang melaksanakan salah satu
Teknik mengidentifikasi kemampuan awal akseptor didik
6. Ibu Guru Mathifa mengajukan serangkaian pertanyaan kepada akseptor didik yang dirancang secara khusus untuk membantu mereka memakai pengetahuan sebelumnya sehingga mereka siap mendapatkan bahan yang akan diajarkan. Apa yang dilakukan oleh Ibu Guru Nathifa tersebut dimaksudkan untuk memicu
Retensi
7. Pak Guru Himawan melaksanakan investigasi atau monitoring terhadap pengetahuan awal akseptor didik yang diketahui salah (faulty prior knowledge) secara periodik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari. Apa yang dilakukan oleh Pak Guru Himawan tersebut disebut dengan
Strategi mengaktivasi kemampuan awal akseptor didik
8. Tes yang dilakukan untuk mendeteksi seberapa jauh akseptor didik telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan terkait pelajaran yang akan diikuti disebut dengan
Tes awal
9. Teknik mendeteksi kemampuan awal akseptor didik sanggup dilakukan diantaranya dengan memakai catatan atau dokumen yang sanggup dijadikan sebagai salah satu sumber rujukan untuk mendeteksi kemampuan awal akseptor didik. Catatan atau dokumen yang dimaksud adalah
Kemajuan akseptor didik (raport)
10. Kemampuan awal akseptor didik yaitu pemahaman, pengalaman, pengetahuan prasyarat dan segala sesuatu yang dimiliki oleh akseptor didik sebagai pengetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai
Basis data pengalaman (experiential data base)
Jangan lupa untuk cek kembali tanggapan dengan modul yang tersedia, semoga sanggup ilmunya. Barengi dengan doa dan jangan lupa sedekah supaya lulus PPG dengan baik dan berkah. Jangan lupa doakan saya tetap sehat juga supaya bisa share info PPG lainnya.
Baca juga: Kunci formatif M3 KB3 Sumber http://www.gurugeografi.id
No comments:
Post a Comment