Friday, February 2, 2018

√ Soal Dan Balasan Tes Formatif Modul 4 Kb 1

Selamat siang teman-teman sekalian para p0juang PPG, kali ini lanjut lagi aku akan coba bahas formatif m4 kb1. Materinya seputar karakteristik penerima didik ya teman-teman. Kaprikornus guru itu intinya wajib memahami dulu karakteristik penerima didik sebelum ia mengajar biar gak salah memakai model belajar.

Jaman now sudah berubah dari masa konvensional ke masa digital dan siswa pun berubah dari yang tadinya apatis sekarang menjadi siswa aktif. Pendekatan guru harus dirubah pula mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba digital alias cyber community.
Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1
Formatif M4 KB1
1. Bu Beta seorang guru Sekolah Dasar, setiap kali melaksanakan proses pembelajaran kepada penerima didiknya sering memakai benda nyata, kadang kala bila tidak ditemukan benda kasatmata maka diganti dengan model/triuannya. Bu Beta melaksanakan demikian dengan alasan penerima didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektualnya berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Beta mengaplikasikan salah satu aspek karakteristik penerima didik yaitu
Usia
2. Perkembangan intelektual penerima didik usia Taman kanak-kanak berada pada fase
Pra operasional
3. Minat merupakan salah satu karakteristik umum penerima didik, memegang tugas yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk melihat penerima didik mempunyai minat tinggi atau tidak sanggup dilihat dari indikator yang tampak dari penerima didik tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu
Rasa Percaya
4. Guru A merupakan guru kelas V SD ketika memperlihatkan pembelajaran menyanyi/musik pilihannya lagu-lagu dari asal tempat penerima didiknya. Hal ini berarti guru tersebut sangat memperhatikan karakteristik umum penerima didik yaitu
Kultural
5. Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah pria dan wanita dalam kelas tersebut alasannya ialah biar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum penerima didik
Gender
6. Pada ketika pembelajaran berlangsung guru mengingatkan penerima didik yang kurang memperhatikan apa yang sedang dibahasnya dan kurang aktif dalam belajar. Guru tersebut berarti memperhatikan aspek perkembangan penerima didik yaitu
Minat
7. Karakteristik umum penerima didik mencakup beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut?
Gaya Belajar
8. Guru ketika melaksanakan proses pembelajaran selalu memakai media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD Audio, kadang memakai poster berwarna biar penerima didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta bahagia mengikuti pelajarannya, sehingga balasannya sangat baik. Dalam pembelajaran tersebut sebetulnya guru memperhatikan karakteristik umum penerima didik yaitu
Minat
9. Pak Adit seorang guru Sekolah Menengah Pertama X ketika melaksanakan proses pembelajaran menghadapi penerima didik yang berasal dari banyak sekali latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh dan pegawai swasta. Namun pak Adit memperlihatkan perhatian dan pelayanan yang sama kepada penerima didiknya. Hal ini sebetulnya Pak Adit memperhatikan karakteristik penerima didik yaitu
Status sosial
10. Pada peringatan hari sumpah cowok yang diselenggarakan di SD Garuda, guru menghimbau untuk memakai busana tempat masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum penerima didik terutama aspek
Etnik

Baca juga: Formatif M4 KB 2 
Sumber http://www.gurugeografi.id

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...