Potensi fisik jikalau diimbangi dengan potensi sosial terang tidak akan memunculkan sebuah negara yang tangguh. Indonesia ketika ini menempati urutan keempat dalam hal jumlah populasi terbesar di dunia, dibawah China, India dan AS. Ini merupakan salah satu potensi sosial dalam hal kuantitas penduduk. Lalu apa saja potensi sosial lain yang Indonesia miliki ketika ini dan bisa menjadi penunjang pembangunan?.
a. Persebaran dan Kualitas Penduduk Indonesia
Persebaran penduduk Indonesia ketika ini masih belum merata dan terkonsentrasi di Pulau Jawa. Menurut data 2013, DKI Jakarta mempunyai kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia yaitu lebih dari 15.234 jiwa/km persegi dan kepadatan penduduk terenah yaitu di Papua Barat yaitu 8-9 jiwa/km persegi.
Indonesia ketika ini mempunyai jumlah penduduk yang besar, sekitar 237 juta jiwa. Penduduk usia produktif (15-64 tahun) sekitar 45% dan akan terus meningkat sampai 2025. Penduduk usia produktif mempunyai potensi besar bagi pembangunan namun hal ini harus diiringi dengan kualitas penduduk yang baik. Kualitas penduduk dipengaruhi oleh tiga faktor berikut:
1. Pendidik
Semakin tinggi tingkat pendidik, maka semakin tinggi pula kualitas usmber daya insan yang dimiliki. Indikatornya yaitu tingkat buta huruf.
2. Kesehatan
Kondisi gizi sangat kuat pada rujukan pikir, katahanan berguru dan kreatifitas seseorang. Angka maut bayi sanggup menjadi indikator tingkat kesehatan di suatu negara.
3. Pendapatan per kapita
Pendapatan per kapita Indonesia masih di bawah rata-rata dunia bahkan di Asia Tenggara sendiri. Indonesia ada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand dalam hal pendapatan per kapita.
Kebudayaan merupakan aset Indonesia |
b. Keragaman Budaya Indonesia
Indonesia kaya akan suku bangsa dan budaya yang mencakup bahasa, kesenian, makanan, tarian, etika dan lainnya. Kearifan lokal budaya di Indonesia merupakan aset yang harus dirawat dan dilestarikan untuk dijadikan daya tarik wisata dan sebagai identitas Indonesia. Hasil kebudayaan masyarakat Indonesia nampak dari tata perilaku, baju adat, senjata, rumah adat, upacara etika sampai arstitektur ibarat candi dan lainnya.
c. Kreatifitas
Saat ini banyak sekali macam kreasi anak bangsa banyak bermunculan. Ini merupakan salah satu kunci pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Di masa globalisasi ini masyarakat Indonesia banyak melahirakn inovasi-inovasi produk yang bernilai jual sehingga bisa meningkatkan daya saing dengan negara-negara lain. Gambar: disini
Sumber http://www.gurugeografi.id
No comments:
Post a Comment