Saturday, September 16, 2017

√ Wacana Bulat Dan Unsur-Unsur Bulat

Tentang Lingkaran dan Unsur-Unsur Lingkaran - Tentu saja, semua orang sanggup menemukan benda-benda yang berbentuk lingkaran dalam kehidupan sehari-hari. Benda-benda berbentuk bulat yang mungkin dijumpai misalnya, jam dinding, uang koin, roda kendaraan, bahkan bianglala juga berbentuk lingkaran. Demikianpun benda –benda memuat berdiri bulat seperti; kaleng minuman, roda kendaraan, uang logam dan sebagainya.

Definisi Lingkaran 


Matematika merumuskan bulat sebagai himpunan titik-titik. Lingkaran ialah himpunan semua titik yang jaraknya sama terhadap sebuah titik tertentu. Kata “titik tertentu” dalam rumusan tersebut disebut sentra lingkaran, sedangkan “jarak nya sama” disebut jari-jari. Dalam hal ini jari-jari sanggup diartikan sebagaii ukuran panjang, juga sanggup diartikan sebagai ruas garis yang menghubungkan titik sentra dengan sebuah titik pada lingkaran.

Anak-anak kecil hingga orang bau tanah pun dengan gampang sanggup mengenali bentuk bulat tersebut.Lingkaran merupakan salah satu jenis bangun datar.


Unsur-unsur Lingkaran


Setiap berdiri datar termasuk yang berbentuk bulat mempunyai unsur-unsur yang membangunnya. Ada beberapa bab bulat yang termasuk dalam unsur-unsur sebuah bulat di antaranya titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema, sudut pusat, dan sudut lingkaran. Untuk melihat unsur-unsur bulat sanggup memperhatikan gambar berikut.
 

Baca Juga : Cara Mencari Rumus Luas Lingkaran

a. Titik Pusat


Titik sentra bulat ialah titik yang terletak sempurna di tengah-tengah lingkaran. Pada Gambar di atas, titik O merupakan titik sentra lingkaran, dengan demikian, bulat tersebut dinamakan bulat O.

b. Jari-Jari (r)


Jari-jari bulat ialah garis dari titik sentra bulat ke lengkungan bulat (keliling lingkaran). Pada Gambar di atas, jari-jari bulat ditunjukkan oleh garis AP dan PB.

c. Diameter (d)


Diameter ialah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan bulat (keliling lingkaran) dan melalui titik pusat. Garis KM pada bulat merupakan diameter bulat tersebut. Perhatikan bahwa KM = MO + OK. Dengan kata lain, nilai diameter bulat merupakan dua kali nilai jari-jari lingkaran, sanggup ditulis secara matematis: d = 2r.

d. Busur


Busur bulat merupakan garis lengkung yang terletak pada lengkungan bulat (keliling lingkaran) dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut. Pada Gambar di atas, garis lengkung KL, garis lengkung MN,  merupakan busur bulat O. Untuk memudahkan mengingatnya Anda sanggup membayangkannya sebagai busur panah.

e. Tali Busur


Tali busur bulat ialah garis lurus dalam bulat yang menghubungkan dua titik pada lengkungan bulat dan tidak melalui sentra lingkaran. Tali busur KM yang melalui sentra bulat dinamakan dengan diameter lingkaran. Tali busur bulat tersebut ditunjukkan oleh garis lurus MN  yang tidak melalui titik sentra ibarat pada gambar di atas. Untuk memudahkan mengingatnya Anda sanggup membayangkan ibarat pada tali busur panah.


f. Tembereng


Tembereng ialah luas kawasan dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Pada Gambar di atas, tembereng ditunjukkan oleh kawasan yang diarsir dan dibatasi oleh busur MN dan tali busur MN. Kaprikornus tembereng terbentuk dari adonan antara busur bulat dengan tali busur lingkaran. 


g. Juring


Juring bulat ialah luas kawasan dalam bulat yang dibatasi oleh dua buah jari-jari bulat dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari bulat tersebut. Pada Gambar di bawah, juring bulat ditunjukkan oleh kawasan yang diarsir yang dibatasi oleh jari-jari OB dan OC serta busur BC, dinamakan juring AOC.  

h. Apotema


Apotema bulat merupakan garis yang menghubungkan titik sentra bulat dengan tali busur bulat tersebut. Garis yang dibuat bersifat tegak lurus dengan tali busur. Coba perhatikan Gambar di bawah ini secara secama. Garis OH merupakan garis apotema pada bulat O sehingga OH tegak Lurus dengan EG.

 g. Sudut Pusat

Sudut sentra ialah sudut yang dibuat oleh perpotongan antara dua buah jari-jari bulat di titik pusat. Pada gambar di bawah ini, Garis OA dan OB merupakan jari-jari bulat yang berpotongan di titik sentra O membentuk sudut pusat, yaitu ∠AOB.

Baca Juga: Beberapa Kasus dan Cara Menyelesaikan Soal-Soal Keliling Lingkaran

 

g. Sudut Keliling


Sudut keliling merupakan sudut yang dibuat oleh perpotongan antara dua buah tali busur di suatu titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas garis AC dan BC merupakan tali busur yang berpotongan di titik C membentuk sudut keliling ∠ACB.

Baca Juga : Kegiatan Inti Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di Kelas VIII SMP Semoga bermanfaat

Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...