Sunday, September 17, 2017

√ Beberapa Tips Untuk Memakai Jaringan Sosial Facebook Dalam Pembelajaran

Beberapa Tips untuk Menggunakan Jaringan Sosial Facebook dalam Pembelajaran - Saat ini hamper semua belum dewasa usia sekolah terutama usia sekolah menengah telah mempunyai akun jejaring social. Salah satu situs jejaring social yang cukup familiar di kalangan siswa yaitu situs pertemanan facebook. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, diantaranya yaitu semakin gampang dan murahnya perangkat ponsel pintar berbasis OS Android yang beredar di pasaran.

Namun, banyak akhir yang ditimbulkan dari penggunaan tanpa control dari situs ini. Bahkan, banyak forum pendidikan yang merasa dan telah menetapkan regulasi berkaitan dengan boleh tidaknya siswa membawa smartphone ke sekolah. Regulasi ini telah menjadikan banyak sekali pro kontra di kalangan pemerhati pendidikan.

Penetapan regulasi di atas mungkin disebabkan lantaran masih banyak guru meragukan resiko memperkenalkan teknologi ini dalam kelas. Persoalan yang muncul yaitu bagaimana melibatkan siswa berguru memakai situs-situs jejaring social menyerupai facebook yang mereka miliki sambil memproteksi siswa biar kondusif dari ancaman yang ditimbulkan.

Situs jejaring sosial menyerupai facebook sanggup membantu penerima didik dalam berinteraksi secara sosial dan akademik. Facebook memungkinkan penerima didik bekerjasama bersahabat dengan guru dan siswa lain. Facebook menyediakan platform untuk berinteraksi dan membuatkan pengetahuan. Facebook juga menyediakan akomodasi group untuk para siswa bergabung dan membahas banyak sekali topik, berkolaborasi dan memakai aplikasi pendidikan untuk mengelola acara belajar.
 
Menurut Joe Sullivan, jejaring social akan kondusif dipakai untuk tujuan pembelajaran kalau mengikuti hukum aturan berikut ini.

Buat Daftar Teman

Seorang guru sanggup menciptakan daftar sahabat yang terdiri dari para siswanya dan menyesuaikan pengaturan privasi untuk mengontrol apa yang sanggup dilihat oleh siswa. Misalnya, Guru mungkin sanggup mengatur privasi yang memungkinkan siswa untuk melihat informasi profil dasar, dan postingan pada wall.

Membuat Grup FB dengan tujuan tertentu.

Guru sanggup menciptakan Group FB untuk matapelajaran tertentu atau proyek kelas tertentu, dan mengundang semua siswa yang berkepentingan untuk bergabung dengan grup. Dengan grup tersebut akan memperlihatkan jalan bagi siswa dan guru untuk membahas topik yang relevan dan disukai siswa. Dalam Grup tersebut akan memungkinkan terjadinya diskusi di mana siswa sanggup membuatkan pikiran mereka.

Berbagi Konten yang Penting

Guru dan siswa sanggup memakai dinding pada halaman Facebook grup untuk membuatkan konten yang kaya, menyerupai klip berita, artikel menarik, situs Web, video, dan sebagainya. Mintalah siswa melaksanakan hal yang sama.

Diskusikan Keamanan Online

Guru sanggup menetapkan kepada siswa wacana sikap online yang sesuai, termasuk menjaga password pribadi, tidak pernah berbicara dengan orang gila secara online, dan memperlakukan orang lain dengan hormat.

Tahu Sumber Daya Anda

Dapatkan konten dinamis terutama untuk guru di Facebook di halaman Pendidikan, dan mengusut saran keselamatan bagi guru.

Memeriksa Kebijakan  Sekolah terkait Jejaring Sosial

Sebagai pendidik, guru harus memastikan mematuhi kebijakan sekolah sebelum membuka akun Facebook. Selain itu, itu selalu pandangan gres yang baik untuk memberitahu orang bau tanah dan mendapatkan izin mereka sebelum meminta siswa untuk bergabung Facebook. Jelaskan kepada orang bau tanah persis bagaimana alat tersebut akan dipakai di dalam kelas - dan pastikan semua siswa telah berumur lebih dari 13 Tahun.

Tanggapan Siswa

Guru sanggup meminta jawaban siswa terkait ide-ide kreatif wacana cara-cara di mana Facebook sanggup memperkaya pengalaman berguru mereka, baik di dalam kelas dan di luar.

Menjadi Harbor Aman

Pastikan siswa tahu bahwa mereka sanggup tiba kepada guru ketika online dengan pertanyaan atau masalah, atau untuk membahas apa yang harus dilakukan dalam situasi sulit yang mereka hadapi secara online.

Apps Facebook untuk Guru

Guru juga sanggup memanfaatkan teknologi gratis untuk terlibat dengan siswa pada platform yang mereka nikmati, dan sanggup memakai alat-alat tersebut untuk membuatkan presentasi, catatan, tes praktek, dan kuis. Facebook mempunyai banyak aplikasi yang sanggup dipakai dalam bidang pendidikan.

Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...