Tuesday, September 19, 2017

√ Rpp Kd :Menggunakan Teorema Pythagoras Dalam Pemecahan Masalah


RPP KD :Menggunakan teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                            : SMPN

MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER           : VIII/1

Standar Kompetensi : 3. Menggunakan teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah


Kompetensi Dasar     : 3.1 Menggunakan teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Indikator                    :

  1. Menemukan teorema Pythagoras;
  2. Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku, jikalau dua sisi lain diketahui;
  3. Menghitung perbandingan sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600);
  4. Menentukan bilangan yang merupakan tripel Pythagoras;

Alokasi waktu            : 8 x 40 menit (4 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa sanggup menemukan teorema Pythagoras dengan melaksanakan penyelidikan;
  2. Siswa sanggup memakai rumus teorema Pythagoras untuk menghitung salah satu sisi segitiga siku-siku jikalau dua sisi yang lain diketahui;
  3. Siswa sanggup menyatakan perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa;
  4. Siswa sanggup mencari bilangan-bilangan yang merupakan tripel Pythagoras;
  5. Siswa sanggup memakai tripel Pythagoras untuk menunjukan suatu segitiga merupakan segitiga siku-siku;

B. Materi Ajar

Teorema Pythagoras :   

  1. Perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, atau 600);
  2. Tripel Pythagoras;

C. Metode, Pendekatan, dan Model Pembelajaran

Diskusi kelompok, inovasi terbimbing, dan ekspositori melalui pendekatan induktif dengan model pembelajaran kooperatif.


D.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama:

Pendahuluan:

Apersepsi  : Mengingat kembali wacana luas persegi, luas segitiga, kuadrat dan akar kuadrat;

Motivasi    : Apabila bahan ini dikuasai dengan baik, maka akan sanggup membantu para siswa menemukan teorema Pythagoras yang banyak dipakai untuk memecahkan duduk kasus matematika dan kehidupan sehari-hari.


Kegiatan Inti  :

  1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang;
  2. Guru menawarkan duduk kasus mengenai segitiga siku-siku untuk didiskusikan dalam kelompok;
  3. Siswa mendiskusikan dalam kelompok mengenai kekerabatan antara luas persegi pada sisi miring segitiga siku-siku dan sisi siku-sikunya dengan ukuran sisi pada segitiga masing-masing kelompok berbeda-beda;
  4. Masing-masing kelompok diminta memberikan hasil diskusinya;
  5. Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi;
  6. Berdasarkan kesimpulan guru menjelaskan rumus/teorema Pythagoras;
  7. Siswa`menuliskan rumus Pythagoras menurut gambar aneka macam segitiga siku-siku.

Penutup:

a.  Dengan  bimbingan guru, siswa diminta untuk menciptakan rangkuman;

b.  Siswa dan guru melaksanakan refleksi;

c.  Guru menawarkan tugas  (PR);

Pertemuan kedua:

Pendahuluan:

Apersepsi  :  a. Membahas PR;

                   b. Mengingat kembali rumus teorema Pythagoras

Motivasi    :  Dengan rumus Pythagoras, siswa akan sanggup menerapkan dalam matematika dan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti     :

a.  Sesuai dengan kelompok yang tersedia, siswa berdiskusi wacana cara memakai rumus/teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku;

b. Guru menjelaskan cara memilih atau menghitung panjang segitiga siku-siku, jikalau dua sisi lainnya diketahui;

c.  Siswa mengerjakan soal-soal yang bekerjasama dengan teorema Pythagoras



Penutup:

a.       Dengan  bimbingan guru, siswa diminta untuk menciptakan rangkuman;

b.      Siswa dan guru melaksanakan refleksi;

c.       Guru menawarkan tugas  (PR);


Pertemuan ketiga:

Pendahuluan:

Apersepsi        : Siswa mengingat kembali rumus/teorema Pythagoras dan Sifat-sifat segitiga samasisi

            Motivasi    : Dengan memahami rumus/teorema Pythagoras siswa akan sanggup memecahkan duduk kasus kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan teorema Pythagoras;

 
Kegiatan Inti     :

a. Guru menawarkan suatu segitiga sama sisi yang diketahui panjang sisi-sisinya, dan menciptakan garis tinggi dari salah satu sudutnya sehingga terbentuk segitiga siku-siku yang salah satu sudutnya 300  atau 600 ;

b.  Dari segitiga siku-siku yang terbentuk, siswa menghitung panjang garis tinggi segitiga samasisi

c.  Berdasarkan panjang sisi segitiga siku-siku tersebut dengan sudut 300 atau 600, siswa`menyatakan perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa;

d.      Guru menawarkan soal/tugas dengan besar sudut istimewa  450;


Penutup:

a         Dengan  bimbingan guru, siswa diminta untuk menciptakan rangkuman;

b        Siswa dan guru melaksanakan refleksi;

c         Guru menawarkan tugas  (PR);


Pertemuan keempat:

Pendahuluan :

Apersepsi    :   Siswa mengingat kembali rumus Pythagoras;

Motivasi   :  Dengan mempelajari tripel Pythagoras siswa dapat  memilih jenis-jenis segitiga


Kegiatan Inti  :

a. Disediakan beberapa kelompok bilangan, masing-masing terdiri dari 3 bilangan, Siswa memilih kelompok bilangan yang memenuhi rumus Pythagoras;

b. Guru menawarkan ukuran sisi-sisi segitiga, kemudian siswa mengecek apakah merupakan segitiga siku-siku, segitiga tumpul, atau segitiga lancip;

c.  Siswa mengerjakan latihan;


Penutup:

a.  Dengan  bimbingan guru, siswa diminta untuk menciptakan rangkuman;

b.  Siswa dan guru melaksanakan refleksi;

c.  Guru menawarkan tugas  (PR);


E.   Alat dan Sumber Belajar

   Buku teks, papan tulis dan buku berpetak, model-model segitiga

F.  Penilaian

Teknik                   : Kuis, Tes Tertulis

Bentuk instrumen : Uraian


Contoh Instrumen              :       

 1. Suatu segitiga siku-siku panjang sisimiringnya 17 cm dan salah satu sisi siku-sikunya 15 cm. tentukan panjang sisi siku-siku yang lain, kemudian hitung luasnya.

2.  Manakah yang merupakan tripel Pythagoras
a. 12,13,15                              c. 6,8,9

b. 20,21,29                              d. 14,16,20
3. Diketahui D ABC berukuran panjang AB = 24 cm, AC`= 7 cm, dan BC = 25 cm. Buktikan bahwa D ABC merupakan segitiga siku-siku !
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...