Metodologi Penelitian Pendidikan, Apa yang dipelajari ? - Metodologi penelitian pendidikan biasanya membahas wacana hakikat penelitian pendidikan, model-model pendekatan penelitian pendidikan (kualitatif dan kuantitatif ) , mekanisme atau langkah-langkah penelitian, metode-metode penelitian pendidikan (penelitian historis, penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen), populasi dan sampel penelitian, landasan teori dan rumusan hipotesis penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, teknik pengolahan dan analisis data, dan pelaporan hasil penelitian.
Setelah berguru Metodologi Penelitian Pendidikan dibutuhkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan di dalam merencanakan, melakukan dan membuat/menulis laporan hasil penelitian. Secara spesifik, biasanya dalam Metodologi Penelitian Pendidikan membahas banyak sekali materi, contohnya ibarat konsep-konsep inovasi ilmiah, ilmu dan aplikasinya dalam penelitian ilmiah dalam paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, model-model penelitian (mencakup:penelitian Kuantitatif, penelitian kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain itu, pada mata kuliah tersebut juga dibahas wacana Masalah dan Variabel penelitian (mencakup: sumber masalah, teknik perumusan maslah , jenis variabel,definisi variabel,), landasan teori , kerangka berfikir dan hipotesis penelitian.
Materi lainnya yang dibahas pada metodologi penelitian yaitu terkait sampling (mencakup: populasi dan sampel penelitaian, banyak sekali teknik sampling),teknik pengolahan dan analisis data, rumusan hipotesis statistik, metode penelitian historis, metode penelitian deskriftif, metode penelitian eksperimen, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian, deskripsi hasil penelitian, uji persayaratan analisis, uji hipotesis penelitian, penafsiran dan pembahasan hasil penelitian, cara merumuskan kesimpulan, cara mengungkapkan saran dan implikasi.
Setelah berguru Metodologi Penelitian Pendidikan dibutuhkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan di dalam merencanakan, melakukan dan membuat/menulis laporan hasil penelitian. Secara spesifik, biasanya dalam Metodologi Penelitian Pendidikan membahas banyak sekali materi, contohnya ibarat konsep-konsep inovasi ilmiah, ilmu dan aplikasinya dalam penelitian ilmiah dalam paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, model-model penelitian (mencakup:penelitian Kuantitatif, penelitian kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain itu, pada mata kuliah tersebut juga dibahas wacana Masalah dan Variabel penelitian (mencakup: sumber masalah, teknik perumusan maslah , jenis variabel,definisi variabel,), landasan teori , kerangka berfikir dan hipotesis penelitian.
Materi lainnya yang dibahas pada metodologi penelitian yaitu terkait sampling (mencakup: populasi dan sampel penelitaian, banyak sekali teknik sampling),teknik pengolahan dan analisis data, rumusan hipotesis statistik, metode penelitian historis, metode penelitian deskriftif, metode penelitian eksperimen, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian, deskripsi hasil penelitian, uji persayaratan analisis, uji hipotesis penelitian, penafsiran dan pembahasan hasil penelitian, cara merumuskan kesimpulan, cara mengungkapkan saran dan implikasi.
Pada akhir-akhir perkuliahan biasanya dibahas format dan sistematika untuk banyak sekali jenis penelitian. Untuk mahasiswa biasanya juga diperkenalkan sistematika anjuran dan hasil penelitian dalam bentuk skripsi
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
No comments:
Post a Comment