Download Panduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi (Kelas4, 5 dan 6) – Secara umum kita ketahui bahwa proses pembelajaran di SD menurut Kurikulum 2013 memakai pendekatan tematik terpadu. Namun demikian, Pada perkembangannya, untuk kelas tinggi (IV, V, dan VI) mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik Terpadu. Alasan pemisahan mata pelajaran matematika yaitu bahwa muatan matematika yang teritegrasi dalam buku tematik sangat dangkal sehingga siswa tidak mendapat konsep matematika secara mendalam.
Alasan tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut.
DownloadPanduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
- Matematika mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbedadengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metodeuntuk melaksanakan kajian terhadap objek matematika bersifat deduktif, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4 C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
- Kebermaknaan pembelajaran matematika di SD/MI salah satunya sanggup ditingkatkan melalui pembelajaran matematika dalam konteks dunia positif siswa. Pembelajaran dengan mengambil konteks kehidupan positif tersebut sanggup dicapai melalui pembelajaran tematik terpadu.
- Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi berguru siswa, saat motivasi sudah dimiliki pembelajaran tidak harus selalu dikaitkan dengan dunia nyata/tema, alasannya yaitu pembelajaran matematika dengan tema mempunyai keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten matematika secara utuh. Oleh alasannya yaitu itu, saat konteks sudah diperoleh, pembelajaran Matematika sanggup dilakukan dengan pemahaman konsep matematika secara utuh.
- PJOK mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
- Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD/MI salah satunya sanggup ditingkatkan melalui pembelajaran PJOK dalam konteks dunia positif siswa, hal ini salah satunya sanggup dilakukan melalui pembelajaran tematik.
- Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi berguru siswa. Namun saat dikaitkan dengan tema, terdapat beberapa bahan Panduan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pembelajaran PJOK yang mempunyai keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh alasannya yaitu itu, tidak semua bahan yang berkaitan dengan KD sanggup diakomodir secara cukup oleh buku tematik.
- Pembelajaran PJOK banyak dilakukan dengan gerakan anggota badan yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.
- Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidak dipahami sepenuhnya oleh guru kelas, sehingga sanggup mengakibatkan cedera bagi siswa.
- Pada umumnya pembelajaran PJOK mengakibatkan siswa berkeringat, sehingga mengganggu proses pembelajaran lain jikalau terintegrasi.
- Untuk memberdayakan keberadaan guru mata pelajaran PJOK yang tersedia hampir di semua SD.
DownloadPanduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi
No comments:
Post a Comment