Pengertian Motivasi
Kata motivasi berasal dari kata “motif”, yang berarti alasan melaksanakan sesuatu, sebuah kekuatan yang menimbulkan seseorang bergerak melaksanakan suatu kegiatan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Depdikbud, 1996:593) motivasi didefinisikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau tidak sadar untuk melaksanakan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.Sondang P. Siagian (2004:138), memperlihatkan definisi motivasi sebagai daya dorong yang menimbulkan seseorang mau dan rela untuk mengerahkan kemampuan, tenaga dan waktunya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Dengan demikian motivasi merupakan usaha-usaha yang sanggup menimbulkan seseorang atau kelompok orang tertentu bergerak untuk melaksanakan sesuatu keinginan mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. Untuk itu, motivasi ialah suatu proses internal yang mengaktifkan, membimbing, dan mempertahankan sikap dalam rentang waktu tertentu. Dengan kata lain, motivasi ialah apa yang menciptakan kita berbuat, menciptakan kita tetap berbuat dan menentukan ke arena mana yang hendak kita perbuat.
belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia, dengan mencar ilmu insan melaksanakan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Semua acara dan prestasi hidup insan tidak lain ialah hasil dari belajar, lantaran seseorang hidup dan bekerja berdasarkan apa yang telah dipelajari. Belajar itu bukan hanya sekedar pengalaman, mencar ilmu ialah suatu proses, bukan suatu hasil. Oleh lantaran itu, mencar ilmu berlangsung aktif dan integratif dengan memakai aneka macam bentuk perbuatan untuk mencapai hasil. W.S Winkel (1996:53) mengatakan, bahwa belajar ialah suatu acara mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungannya, yang menghasilkan perubahan-perubahan, pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap, serta perubahan itu bersifat secara relatif konstan dan tetap. Sedangkan yang dimaksud motivasi mencar ilmu ialah keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan sikap individu untuk belajar. Nana Sudjana (1988:17) mengatakan, bahwa belajar merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan yang ada dalam diri seseorang, perubahan sebagai hasil, dan mencar ilmu sanggup ditunjukkan dalam aneka macam bentuk, menyerupai perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan tingkah laku. Sedangkan Crow yang dikutip oleh A. Tabrani R (1994:121), memperjelas pentingnya motivasi mencar ilmu siswa atau motivasi dalam belajar, yaitu bahwa mencar ilmu harus diberi motivasi dengan aneka macam cara sehingga minat yang dipentingkan dalam mencar ilmu itu dibangun dari minat yang telah ada pada diri anak. Oleh lantaran itu, pada garis besarnya motivasi mengandung nilai-nilai sebagai berikut: a. Motivasi menentukan tingkat keberhasilan atau kegagalan perbuatan mencar ilmu siswa, lantaran mencar ilmu tanpa adanya motivasi, sulit untuk berhasil. b. Pengajaran yang bermotivasi, pada hakikatnya ialah pengajaran yang diadaptasi dengan kebutuhan, dorongan, motif, dan minat yang ada pada siswa. Pengajaran yang demikian, sesuai dengan tuntutan demokrasi dalam pendidikan. c. Pengajaran yang bermotivasi berdasarkan kreativitas dan imajinitas pada guru untuk berusaha secara sungguh-sungguh mencari cara-cara yang relevan dan harmonis guna membangkitkan dan memelihara motivasi mencar ilmu pada siswa. Guru harus senantiasa berusaha semoga siswa pada kesudahannya mempunyai motivasi yang baik. d. Berhasil atau tidaknya dalam menumbuhkan dan memakai motivasi dalam pengajaran erat kaitannya dengan pengaturan dalam kelas. e. Asas motivasi menjadi salah satu belahan yang integral dari asas-asas mengajar. Penggunaan motivasi dalam mengajar tidak saja melengkapi mekanisme mengajar, tetapi juga menjadi faktor yang menentukan pengajaran yang efektif. Dengan demikian, penggunaan asas motivasi sangat esensial dalam proses mencar ilmu mengajar.
Berikut ini beberapa definisi atau pengertian motivasi belajar berdasarkan para ahli Menurut H. Mulyadi (Mulyadi, Psikologi Pendidikan, Biro Ilmiah, FT. IAIN Sunan Ampel, Malang, 1991:87) menyatakan bahwa definisi atau pengertian motivasi belajar ialah membangkitkan dan memperlihatkan arah dorongan yang menimbulkan individu melaksanakan perbuatan belajar Menurut Tadjab, (Tadjab MA Ilmu Pendidikan. Karya Abditama Surabaya 1990:102) pengertian motivasi belajar ialah keseluruhan daya penggagas di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan mencar ilmu itu demi mencapai suatu tujuan. Menurut Sardiman ( 1988:75 ) menyampaikan bahwa : definisi atau pengertian Motivasi mencar ilmu adalah keseluruhan daya penggagas di daam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan mencar ilmu dan memberi arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek mencar ilmu itu tercapai Menurut (Bophy, 1987) definisi atau pengertian motivasi belajar ialah sebagai a general state dan sebagai a situationspecific state Sebagai a general state, motivasi mencar ilmu ialah suatu tabiat yang permanen yang mendorong seseorang untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam suatu kegiatan belajar. Sebagai a situation-specific state, motivasi mencar ilmu muncul lantaran keterlibatan individu dalam suatu kegiatan tertentu diarahkan oleh tujuan memperoleh pengetahuan atau menguasai keterampilan yang diajarkan. Menurut McCombs (1991) pengertian motivasi belajar ialah kemampuan internal yang terbentuk secara alami yang sanggup ditingkatkan atau dipelihara melalui kegiatan yang memperlihatkan dukungan, memperlihatkan kesempatan untuk menentukan kegiatan, memperlihatkan tanggung jawab untuk mengontrol proses belajar, dan memperlihatkan tugas-tugas mencar ilmu yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pribadi. Menurut Afifudin (dalam Ridwan, 2008), pengertian motivasi belajar ialah keseluruhan daya penggagas di dalam diri anak yang bisa menimbulkan kesemangatan atau kegairahan belajar Menurut Winkel (2003) dalam Puspitasari (2012) definisi atau pengertian motivasi belajar ialah segala perjuangan di dalam diri sendiri yang menimbulkan kegiatan belajar, dan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberi arah pada kegiatan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki tercapai. Motivasi mencar ilmu merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual dan berperan dalam hal menumbuhkan semangat mencar ilmu untuk individu. Bentuk-bentuk Motivasi Belajar Siswa Motivasi tumbuh dan berkembang dalam diri seseorang, secara umum dengan jalan sebagai berikut: a) Datang dalam diri individu itu sendiri atau disebut Motivasi Instrinsik (Motivasi Belajar Instrinsik) b) Datang dari lingkungan atau sisebut Motivasi Ekstrinsik (Motivasi Belajar Ekstrinsik) 1. Motivasi Instrinsik (Motivasi Belajar Instrinsik) Jenis motivasi ini timbul sebagai jawaban dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dan dorongan dari orang lain, tetapi atas kemauan sendiri, contohnya siswa mencar ilmu lantaran ingin mengetahui seluk beluk suatu masalah selengkap-lengkapnya, ingin menjadi orang yang terdidik, semua keinginan itu berpangkal pada penghayatan kebutuhan dari siswa berdaya upaya, melalui kegiatan mencar ilmu untuk memenuhi kebutuhan itu. Namun kini kebutuhan ini hanya sanggup dipenuhi dengan mencar ilmu giat, tidak ada cara lain untuk menjadi orang terdidik atau ahli, lain belajar. Biasanya kegiatan mencar ilmu disertai dengan minat dan perasaan senang. W.S. Winkel menyampaikan bahwa : “Motivasi Intrinsik ialah bentuk motivasi yang berasal dari dalam diri subyek yang belajar”.10 Namun terbentuknya motivasi intrinsic biasanya orang lain juga memegang peran, contohnya orang bau tanah atau guru menyadarkan anak akan kaitan antara mencar ilmu dan menjadi orang yang berpengetahuan. Biarpun kesadaran itu pada suatu ketika mulai timbul dari dalam diri sendiri, imbas dari pendidik telah ikut menanamkan kesadaran itu. Kekhususan dari motivasi ekstrinsik ialah kenyataan, bahwa satu-satunya cara untuk mencapai tujuan yang ditetapkan ialah belajar. 2. Motivasi Ekstrinsik (Motivasi Belajar Ekstrinsik) Jenis motivasi ini timbul jawaban imbas dari luar individu, apakah lantaran ajakan, suruhan atau paksaan dari orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian kesudahannya ia mau belajar. Winkel menyampaikan “Motivasi Ekstrinsik, acara mencar ilmu dimulai dan diteruskan berdasarkan kebutuhan dan dorongan yang tidak secara mutlak berkaitan dengan acara mencar ilmu sendiri”. Perlu ditekankan bahwa dorongan atau daya penggagas ialah belajar, bersumber pada penghayatan atau suatu kebutuhan, tetapi kebutuhan itu bergotong-royong sanggup dipengaruhi dengan kegiatan lain, tidak harus melalui kegiatan belajar. Motivasi mencar ilmu selalu berpangkal pada suatu kebutuhan yang dihayati oleh orangnya sendiri, walaupun orang lain memegang kiprah dalam menimbulkan motivasi itu, yang khas dalam motivasi ekstrisik bukanlah ada atau tidak adanya imbas dari luar, melainkan apakah kebutuhan yang ingin dipenuhi intinya hanya sanggup dipenuhi dengan cara lain. Berdasarkan uraian di atas maka motivasi mencar ilmu esktrinsik sanggup digolongkan antara lain: a. Belajar demi memenuhi kewajiban. b. Belajar dmei menghindari hukuman. c. Belajar demi memperoleh hadiah materi yang dijanjikan. d. Belajar demi meningkatkan gengsi sosial. e. Belajar demi memperoleh kebanggaan dari orang yang penting (guru dan orang tua). f. Belajar demi tuntutan jabatan yang ingin dipegang atau demi memenuhi persyaratan kenaikan jenjang/golongan administrasi. Berdasarkan sumber dan proses perkembangannya, maka motivasi atau motif berdasarkan Abin Syamsudin Makmun (2001:75) sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu: 1) Motif primer (primery motive) atau motif dasar (basic motive), memperlihatkan pada motif yang tidak dipelajari. Motif ini sering juga disebut dengan istilah dorongan (drive), dan golongan motif inipun dibedakan lagi ke dalam: a) Dorongan fisiologis (primary motive) yang bersumber pada kebutuhan organis (organic need) yang meliputi antara lain lapar, haus, sec, kegiatan, pernapasan dan istirahat. b) Dorongan umum (morgani’s general drive) dan motif darurat (wodworth’s emergency motive), termasuk di dalamnya dorongan kasih sayang, takut, kekaguman dan rasa ingin tahu. 2) Motif sekunder (secondary motive), memperlihatkan pada motif yang berkembang pada diri individu lantaran pengalaman, dan dipelajari (conditioning and reinforcement), yang termasuk di dalamnya antara lain: a) Takut yang dipelajari ( learned fear), b) Motif-motif sosial (ingin diterima, dihargai, persetujuan, status, merasa aman, dan sebagainya), c) Motif obyektif dan interes (eksplorasi, manipulasi, minat), d) Maksud (purpose) dan aspirasi, e) Motif berprestasi (achievement motive).
Menurut WS. Winkel (1983:27) motivasi mencar ilmu siswa merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual, peranannya yang khas ialah gairah atau semangat belajar, sehingga seorang siswa yang bermotivasi kuat, ia akan mempunyai banyak energi untuk melaksanakan kegiatan belajar. Dengan demikian, siswa yang mempunyai motivasi kuat, ia akan mempunyai semangat dan gairah mencar ilmu yang tinggi, dan pada gilirannya akan sanggup mencapai prestasi mencar ilmu yang tinggi. Seorang siswa mencar ilmu lantaran didorong oleh kekuatan mentalnya, kekuatan mental itu berupa keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita, dan kekuatan mental tersebut, sanggup tergolong rendah dan tinggi. Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan sikap manusia, termasuk sikap belajar. Dalam motivasi tergantung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan sikap belajar. Setidaknya ada dua komponen utama dalam motivasi, yaitu kebutuhan, dorongan dan tujuan. Siswa yang termotivasi, ia akan menciptakan reaksi-reaksi yang mengarahkan dirinya kepada perjuangan mencapai tujuan dan akan mengurangi ketegangan yang ditimbulkan oleh tenaga di dalam dirinya. Dengan kata lain, motivasi memimpin dirinya ke arah reaksi-reaksi mencapai tujuan, contohnya untuk sanggup dihargai dan diakui oleh orang lain. Faktor yang berasal dari luar individu yang kuat terhadap seorang siswa dalam belajar, di antaranya ialah imbas dari orang tua. Orang tua, merupakan orang yang pertama kali mendidik anaknya sebelum anak tersebut mendapat pendidikan dari orang lain. Demikian juga dengan hal pemenuhan kebutuhan rohani (intrinsik) dan jasmani (ekstrinsik) bagi seorang anak, maka orang tualah yang bertanggungjawab pertama kali. Di dalam mendidik dan memenuhi kebutuhan anaknya, maka diharapkan perhatian dari orang tua. Peran utama bagi orang bau tanah dalam lingkungan keluarga, yang terpenting ialah memperlihatkan pengalaman pertama pada masa anak-anak, alasannya ialah pengalaman pertama merupakan faktor penting dalam perkembangan pribadi anak. Sedangkan bagi seorang anak, ketika melaksanakan proses mencar ilmu ada dua faktor yang menjadi tenaga penggeraknya, yaitu motivasi ekstrinsik, yakni motivasi yang berasal dari luar diri dan motivasi instrinsik yang berasal dari dalam diri anak itu sendiri. Seorang anak yang mencar ilmu dengan motivasi yang rendah atau bahkan tidak mempunyai motivasi, akan susah untuk diajak berprestasi, anak merasa cepat puas dengan hasil yang diperoleh, apatis, tidak kreatif dan tidak fokus. Dalam kondisi menyerupai ini, kiprah orang bau tanah sebagai motivator dituntut untuk bisa membangkitkan motivasi mencar ilmu anaknya sehingga segala potensi yang dimiliki anak terekspresikan dalam bentuk perilaku-perilaku belajarnya. Usaha orang bau tanah untuk membantu membangun motivasi mencar ilmu pada diri anak-anaknya, bukanlah perjuangan yang gampang lantaran motivasi mencar ilmu ini bergotong-royong harus sudah mulai ditanamkan orang bau tanah kepada anaknya semenjak dari kecil. Dengan demikian, anak diharapkan mempunyai kesadaran akan pentingnya mencar ilmu untuk dirinya. Berdasarkan uraian di atas, sanggup ditarik suatu kesimpulan bahwa perhatian yang diberikan orang bau tanah terhadap anaknya akan menghipnotis motivasi mencar ilmu siswa. Pengaruh tersebut, tergantung pada seberapa besar perhatian yang diberikan orang bau tanah kepada anaknya. Bila perhatian yang diberikan oleh orang bau tanah besar, maka akan mendorong munculnya motivasi mencar ilmu dalam diri anaknya, demikian pula sebaliknya. Di mana pada akhirnya, prestasi mencar ilmu anak di sekolah yang mendapat perhatian dari orang bau tanah lebih baik dibandingkan dengan prestasi anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua. Dengan demikian, sanggup diduga adanya imbas yang signifikan dari perhatian orang bau tanah terhadap motivasi mencar ilmu siswa.
Indikator-indikator Motivasi Belajar Berikut ini beberapa Indikator-indikator Motivasi Belajar, antara lain 1) Disiplin; disiplin ialah melatih dan mendidik (termasuk pelajaran mental dan moral) orang-orang terhadap peraturan semoga ada kepatuhan dan kemudian supaya sanggup berjalan dengan tertib dan teratur dalam organisasi." Disiplin merupakan suatu training dan pendidikan kepada siswa semoga dengan bahagia hati melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan perintah guru di sekolah. 2) Kepuasan; kepuasan mencar ilmu ialah cara seorang siswa mencicipi apa yang dipelajari sanggup bermanfaat bagi dirinya. Kepuasan merupakan generalisasi sikap-sikap terhadap tugasnya yang didasarkan atas aspek-aspek tugasnya. Seorang siswa yang memperoleh kepuasan dari belajarnya akan mempertahankan prestasi belajarnya. 3) Keamanan; rasa kondusif sangat kuat terhadap semangat mencar ilmu siswa karenarasa kondusif akan menimbulkan ketenangan kepada siswa di dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelajar. Adapun yang dimaksud dengan rasa kondusif adalah: (a) kondusif untuk menghadapi masa depan menyerupai mempunyai nilai yang tinggi, dan (b) rasa kondusif di tempat belajar, barang milik, dan barang akomodasi mencar ilmu dari sekolah. Rasa kondusif ditempat mencar ilmu ialah suasana perasaan hening pada ketika siswa melaksanakan tugas-tugasnya di ruangan belajar. Suasana tersebut dapat dilihat dari sikap siswa pada ketika melaksanakan tugas-tugasnya. Mereka tidak merasa terancam dan tertekan baik dari atas, sesama rekan siswa, dan pihak luar. Barang-barang milik siswa dan inventaris akomodasi mencar ilmu yang ditinggalkan di ruangan mencar ilmu maupun di lingkungan tempat mencar ilmu pun aman. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Adapun faktor-faktor yang menghipnotis motivasi belajar terhadap siswa ada aneka macam macam. Menurut Sardiman (2007:92), bahwa yang menghipnotis motivasi mencar ilmu pada siswa adalah: tingkat motivasi belajar, tingkat kebutuhan belajar, minat dan sifat pribadi. Keempat faktor tersebut saling mendukung dan timbul pada diri siswa sehingga tercipta semangat mencar ilmu untuk melaksanakan acara sehingga tercapai tujuanpemenuhan kebutuhannya. Menurut Dimyati & Mudjiono (2004:89), unsur-unsur yang menghipnotis motivasi belajar adalah: a. Cita-cita atau aspirasi siswa Motivasi belajar tampak pada keinginan anak semenjak kecil. Keberhasilan mencapai keinginan tersebut menumbuhkan kemauan bergiat, bahkan dikemudian hari harapan dalam kehidupan. Dari segi emansipasi kemandirian, keinginan yang terpuaskan sanggup memperbesar kemauan dan semangat belajar. Dari segi pembelajaran, penguatan dengan hadiah atau juga eksekusi akan sanggup mengubah keinginan menjadi kemauan, dan kemudian kemauan menjadi cita-cita. b. Kemampuan siswa Keinginan seorang anak perlu dibarengi dengan kemampuan atau kecakapan mencapainya. Kemampuan akan memperkuat motivasi anak untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan. c. Kondisi siswa Kondisi siswa yang meliputi kondisi jasmani dan rohani sangat mempengaruhi motivasi belajar. d. Kondisi lingkungan siswa Lingkungan siswa berupa keadaan alam, lingkungan tempat tinggal, pergaulan sebaya, kehidupan kemasyarakatan. Dengan kondisi lingkungan tersebut yang aman, tentram, tertib dan indah maka semangat dan motivasi mencar ilmu gampang diperkuat. e. Unsur-unsur dinamis dalam mencar ilmu dan pembelajaran Siswa mempunyai perasaan, perhatian, kemauan, ingatan, pikiran yang mengalami perubahan berkat pengalaman hidup. Pengalaman dengan sahabat sebayanya kuat pada motivasi dan sikap belajar. f. Upaya guru dalam membelajarkan siswa Guru ialah seorang pendidik profesional. Ia bergaul setiap hari dengan puluhan atau ratusan siswa. Sebagai pendidik, guru sanggup memilil danmemilah yang baik. Partisipasi dan teladan menentukan sikap yang baik tersebut sudah merupakan upaya membelajarkan dan memotivasi siswa. Salah satunya yang cukup cantik mendeskripsikan minat dan motivasi mencar ilmu siswa ialah Keller, 1987.John Keller berdasarkan model yang diajukannya telah menciptakan sebuah instrumen pengukur minat dan motivasi belajar.Ia mendeskripsikan minat mencar ilmu dan motivasi mencar ilmu siswa melalui 4 komponen utama, sesuai dengan nama model yang disuguhkan ARCS (Attention, Relenvace, Confidence, Satisfaction), atau dalam bahasa Indonesia : Atensi (perhatian), Relevansi (kesesuaian), Kepercayaan diri, dan Kepuasan. Selain dengan model ARCS, Anda sanggup menciptakan sendiri Angket untuk megukur motivasi mencar ilmu siswa. Adapun indikator-indikator yang sanggup digunakan untuk penyusunan Angket tersebut, menyerupai yang dikemukakan oleh Makmun (dalam Engkoswara 2010:210), yaitu: 1. Durasi kegiatan (berapa usang penggunaan waktunya untuk melaksanakan kegiatan). 2. Frekuensi kegiatan (berapa sering kegiatan dalam periode waktu tertentu). 3. Persistensinya (ketetapan dan kelekatannya) pada tujuan kegiatan. 4. Devosi (pengabdian) dan pengorbanan (uang, tenaga, fikiran, bahkan jiwa dan nyawanya). 5. Ketabahan, keuletan, dan kemampuannya dalam menghadapi rintangan dan kesulitan untuk mencapai tujuan. 6. Tingkat aspirasinya (maksud, rencana, cita-cita, sasaran, atau target, dan ideologinya) yang hendak dicapai dengan kegiatan yang dilakukan. 7. Tingkat kualifikasinya prestasi atau produk atau output yang dicapai dari kegiatannya (berapa banyak, memadai atau tidak, memuaskan atau tidak). 8. Arah sikapnya terhadap sasaran kegiatan (like or dislike, positif atau negatif). Atau Anda bisa menciptakan indicator sendiri menyerupai sontoh indikator motivasi mencar ilmu siswa berikut ini yang sanggup digunakan dalam penelitian tindakan ialah sebagai berikut: 1. Keseriusan siswa dalam mengikuti pelajaran 2. Kemauan siswa menyediakan alat-alat atau sumber/bahan pelajaran yang dibutuhkan 3. Keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok 4. Keterlibatan siswa dalam diskusi kelas 5. Keaktifan siswa dalam mendengar klarifikasi guru 6. Keaktifan siswa dalam mengerjakan kiprah individu dan kelompok 7. Disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran 8. Timbulnya rasa keingintahuan dan keberanian siswa 9. Adanya keinginan untuk mendapat hasil yang terbaik terutama dalam diskusi kelompok 10. Timbulnya semangat atau kegairahan pada diri siswa dalam mengikuti pelajaran Teori Motivasi Belajar Pada belahan ini penulis akan membahas perihal beberapa teori motivasi antara lain ialah : 1. Teori Hedonisme Hedone ialah bahasa Yunani yang berarti kesukaan, kesenangan, kenikmatan. Seperti dikatakan oleh M Ngalim Purwanto bahwa : “Hedonisme ialah aliran di dalam filsafat yang memandang bahwa tujuan hidup yang utama pada insan ialah mencari kesenangan (hedone) yang bersifat duniawi”.6 Menurut pandangan teori ini insan pada hakekatnya ialah mahluk yang mementingkan kehidupan yang penuh kesenangan dan kenikmatan. Orang yang menganut teori ini setiap menghadapi duduk kasus yang perlu pemecahan, orang tersebut cenderung menentukan alternatif pemecahan yang sanggup mendatangkan kesenangan dari pada yang menimbulkan kesukaran, kesulitan, kesengsaraan, penderitaan dan segala sesuatu yang menimbulkan tidak enak. Pengaruh dari teori ini ialah adanya anggapan bahwa semua orang akan cenderung menghindar dari hal-hal yang sulit dan yang menyusahkan diri sendiri dan yang mengandung hal-hal yang beresiko berat, dan lebih suka melaksanakan sesuatu yang mendatangkan kenangan baginya. Sebagai contoh, siswa di suatu kelas akan bertepuk tangan bila mereka mendengar guru yang akan mengajar matematika tidak akan masuk dikarenakan sakit, seorang karyawan segan bekerja dengan baik dan malas bekerja, akan tetapi menuntut honor dan upah yang tinggi. Dan masih banyak lagi contobh yang lain yang memperlihatkan bahwa motivasi iti sngat diharapkan berdasarkan teori Hedonisme, para siswa dan karyawan tersebut pada contoh di atas harus diberi motivasi secara tepat semoga tidak malas dan mau bekerja dengan baik, dengan menenuhi kesenangannya. 2. Teori Naluri Manusia sebagai individu hidup dalam suatu dunia yang bukan dirinya sendiri, tetapi mutlak di perlukan untuk hidupnya, untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, melangsungkan dan mengembangkan, insan membutuhkan makanan, udara, ilmu, pengetahuan, juga persahabatan, komplotan dan lain sebagainya yang bekerjasama dengan hidup dan kehidupan. Daya-daya yang mendorong insan dari dalam untuk melaksanakan perbuatan itu disebut naluri atau dorongan nafsu. Menurut M. Ngalim Purwanto menyatakan bahwa : “Naluri (dorongan nafsu) ialah kekuatan pendorong maju yang memaksakan dan mengejar kepuasan dengan jalan mencari, mencapai sesuatu yang berupa benda-benda ataupun nilai-nilai tertentu”. Naluri merupakan kekuatan di dalam diri insan yang mendorong kita untuk maju dan mempunyai benda-benda dan nilai-nilai itu. Naluri ialah bentuk penjelmaan hidup tertentu, insan sebagai mahluk yang sadar akan diri sendiri, akan tetapi menyadari bahwa ia didorong, ia merasa bahwa ada sesuatu di dalam dirinya yang mendorongnya berbuat dan bertindak. Dalam garis besarnya naluri (dorongan nafsu) sanggup dibagi menjadi tiga golongan : a. Naluri (dorongan nafsu) mempertahankan diri : Mencari makan kalau ia lapar, menghindarkan diri dari bahaya, menjaga diri semoga tetap sehat, mencari proteksi diri untuk hidup aman. b. Naluri (dorongan nafsu) menyebarkan diri : Dorongan ingin tahu, melatih dan mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya. Pada insan dorongan inilah yang menjadikan kebudayaan insan makin maju dan makin tinggi. c. Naluri (dorongan nafsu) mempertahankan dan menyebarkan jenis : insan secara sadar maupun tidak sadar, selalu menjaga semoga jenisnya dan keturunannya tetap berkembang dan hidup. Naluri ini terjelma dalam penjodohan dan perkawinan. Serta dorongan untuk memelihara dan mendidik anak-anak. Dengan dimilikinya ketiga naluri pokok itu maka kebiasan-kebiasaan atau tindakan dan tingkah laris insan yang diperbuatnya sehari-hari mendapat dorongan atau digerakkan oleh ketiga naluri tersebut. Oleh lantaran itu, berdasarkan teori ini untuk memotivasi seseorang harus berdasarkan naluri mana yang akan dituju dan perlu dikembangkan. Contoh, seorang pelajar terdorong untuk berkelahi lantaran sering diejek dan dihina oleh teman-temannya lantaran ia dianggap ndeso di dalam kelasnya. (naluri mempertahankan diri). Agar pelajar tersebut tidak berkembang ke arah yang negatif, kita perlu memberi motivasi, contohnya menyediakan situasi yang sanggup mendorong anak itu menjadi rajin mencar ilmu sehingga sanggup menyamai teman-teman sekelasnya. Sering kita melihat seseorang bertingkah dalam melaksanakan sesuatu lantaran didorong oleh lebih dari satu naluri pokok sekaligus, sehingga sukar bagi kita untuk menetukan naluri pokok mana yang lebih lebih banyak didominasi mendorong orang tersebut melaksanakan tindakannya yang demikian itu. Sebagai contoh seorang pelajar sangat tekun dan rajin mencar ilmu meskipun ia hidup diidalam kemiskinan bersama keluarganya. Hal apakah yang mendorong pelajar tersebut sangat rajin dan tekun belajar? Mungkin lantaran ia benar-benar ingin menjadi berilmu (naluri menyebarkan diri) tetapi mungkin juga lantaran ia ingin meningkatkan karir pekerjaannya sehingga pada saatnya ia sanggup hidup bahagia bersama keluarganya dan sanggup membiayai anak-anaknya (naluri mengembangjan dan mempertahankan jenis, dan naluri mempertahankan diri). 3. Teori Reaksi Teori ini berpandangan bahwa tindakan atau sikap insan tidak berdasarkan nalurinaluri, tetapi berdasarkan pola-pola tingkah laris yang dipelajari dari kebudayaan di tempat orang itu hidup. Orang mencar ilmu bila banyak dari lingkungan kebudayaan di tempat ia hidup dan dibesarkan. Oleh alasannya ialah itu teori ini disebut juga teori lingkungan kebudayaan. Menurut teori ini, apabila seorang pendidik (guru) akan memotivasi anak didiknya, pendidik (guru) itu hendaknya mengetahui benar-benar latar belakang kehidupan dan kebudayaan bawah umur didiknya. Dengan mengetahui latar belakang kebudayaan seseorang kita sanggup mengetahui pola tingkah lakunya dan sanggup memahami pula mengapa ia bereaksi atau bersikap yang mungkin berbeda dengan orang lain dalam menghadapi sesuatu masalah. Kita mengetahui bahwa bangsa Indonesia terdiri dari aneka macam mavam suku yang mempunyai latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda. Oleh lantaran itu, banyak kemungkinan seorang guru di suatu sekolah akan menghadapi beberapa macam anak didik yang berasal dari lingkungan kebudayaan yang berbeda-beda perlu adanya pelayanan dan pendekatan yang berbeda-beda pula, termasuk pelayanan dalam pemberian motivasi terhadap mereka. 4. Teori Daya Pendorong Teori ini merupakan perpaduan antara Teori Naluri dan Teori Reaksi. Daya pendorong ialah semacam Naluri, tetapi hanya suatu dorongan kekuatan yang luas terhadap suatu arah yang umum, contohnya suatu daya pendorong pada jenis kelamin yang lain. Semua orang dalam semua kebudayaan mempunyai daya pendorong pada jenis kelamin yang lain. Namun cara-cara yang digunakan dalam mengajar kepuasan terhadap daya pendorong tersebut berlain-lainan bagi tiap-tiap individu berdasarkan latar belakang kebudayaan masing-masing. Oleh lantaran itu berdasarkan teori ini bila seorang pendidik (guru) ingin memotivasi anak didiknya ia harus mendasarkannya atas daya pendorong, yaitu atas naluri dan juga reaksi yang dipelajari dari kebudayaan lingkungan yang dimilikinya. Memotivasi anak didik yang semenjak kecil tinggal di kawasan pedalaman dan terpencil kemungkinan besar berbeda dengan cara memperlihatkan motivasi kepada anak yang dibesarkan dan hidup di kota-kota besar yang sudah maju diberbagai bidang walaupun masalah yang dihadapi oleh siswa itu sama. Teori motivasi yang kini banyak dianut orang ialah teori kebutuhan. Teori ini beranggapan bahwa tindakan yang dilakukan oleh insan pada hakekatnya ialah untuk memenuhi kebutuhannya. Baik kebutuhan phisik maupun kebutuhan psikis. Oleh lantaran itu berdasarkan teori ini apabila seorang pendidik (guru) bermaksud memotivasi siswa ia harus berusaha mengetahui lebih dahulu apa kebutuhan orang yang akan dimotivasinya. Sekarang ini telah banyak teoritisi psikologi yang telah mengemukakan teori-teorinya perihal kebutuhan dasar manusia. Salah satu teori kebutuhan yang sangat erat hubungannya dengan motivasi ialah teori hirarki kebutuhan yang dikemukakan oleh A. Maslow. Maslow mengemukakan menyerupai yang dikutip oleh Ibrahim Bafadal ialah : “Kebutuhan dasar insan itu terbentang, dalam satu garis kontinum dan berbentuk hirarki, dimulai dari kebutuhan terbawah hingga dengan kebutuhan teratas. Semua diklasifikasi menjadi lima macam kebutuhan dasar insan yaitu (1) kebutuhan fisiologis, (2) kebutuhan rasa aman, (3) kebutuhan sosial, (4) kebutuhan harga diri dan (5) kebutuhan aktualisasi diri”. Maslow, dengan teori Hirarki Kebutuhan menyatakan bahwa: “Kebutuhan fisiologis kemudian dilanjutkan dengan kebutuhan yang lebih tinggi yaitu kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Kebutuhan aktualisasi diri bisa juga disebut kebutuhan pertumbuhan, merupakan kebutuhan tertinggi”. Berdasarkan apa yang dikemukakan di atas sanggup kita jelaskan kebutuhan apa yang masuk dalam tiap-tiap tingkatan kebutuhan itu :
a. Kebutuhan fisiologis : kebutuhan ini merupakan kebutuhan dasar, yang bersifat primer dan vital yang menyangkut fungsi-fungsi biologis dasar dari organisme insan menyerupai kebutuhan akan pangan, sandang dan papan, kesehatan fisik, kebutuhan secs dan sebagainya. b. Kebutuhan rasa kondusif dan perlindungan, menyerupai terjamin keamannnya, terlindung dari ancaman dan ancaman penyakit, perang, kemiskinan, kelaparan, perlakuan tidak adil dan sebagainya. c. Kebutuhan sosial yang meliputi antara lain kebutuhan akan dicintai, diperhitungkan sebagai pribadi, diakui sebagai anggota kelompok, rasa setia kawan, dan kerja sama. d. Kebutuhan akan penghargaan, termasuk kebutuhan dihargai lantaran prestasi, kemampuan, kedudukan atau status, pangkat dan sebagainya. e. Kebutuhan akan aktualisasi diri, antara lain kebutuhan mempertinggi potensi-potensi yang dimiliki, pengembangan diri secara maksimum, kreativitas, dan lisan diri. Tingkat atau hirarki kebutuhan dari Maslow ini tidak dimaksudkan sebagai suatu kerangka yang sanggup digunakan setiap saat, tetapi lebih merupakan kerangka teladan yang sanggup digunakan sewaktu-waktu bilamana diharapkan untuk memprakirakan tingkat kebutuhan mana yang sanggup digunakan untuk mendorong seseorang yang akan dimotivasi bertindak melaksanakan sesuatu. Di dalam kehidupan sehari-hari kita sanggup mengamati bahwa kebutuhan insan itu berbeda-beda, faktor-faktor yang menghipnotis adanya tingkat kebutuhan itu antara lain latar belakang pendidikan, tinggi rendahnya kedudukan, pengalaman masa lampau, pandangan atau filsafat hidup, harapan dan harapan masa depan dari tiap-tiap individu. Berdasarkan urutan tingkat kebutuhan berdasarkan teori Maslow, kehidupan tiap insan sanggup dijelaskan sebagai berikut : Pada mulanya kebutuhan insan yang paling mendesak ialah kebutuhan fisiologis menyerupai pangan, sandang, papan dan kesehatan. Jika kebutuhan-kebutuhan fisiologis ini telah terpenuhi, maka kebutuhan-kebutuhan yang mendesak ialah kebutuhan yang mendesak, amak timbul kebutuhan lain yang mendesak yaitu kebutuhan akan penghargaan. Demikian seterusnya hingga kepada tingkat kebutuhan aktualisasi diri, ingin menjadi orang populer dan ternama. Namun janganlah diartikan bahwa kehidupan insan itu akan mengikuti urutan kelima tingkat kebutuhan fisiologis hingga dengan tingkat kebutuhan aktualisasi diri, proses kehidupan insan itu berbeda-beda dan tidak selalu menuruti garis lurus yang meningkat, kadang kala melompat dari tingkat kebutuhan tertentu ke tingkat kebutuhan lain dengan melampaui tingkat kebutuhan tertentu yang lain dengan melampaui tingkat kebutuhan yang berbeda diatasnya. Atau pula kemungkinan terjadi lompatan balik dari tingkat kebutuhan yang lebih tinggi ke tingkat kebutuhan di bawahnya. Dengan demikian pada saat-saat tertentu tingkat kebutuhan seseorang berbeda dengan orang-orang lain. Motivasi merupakan proses yang tidak sanggup diamati, tetapi ditafsirkan melalui tindakan individu yang bertingkah laku, sehingga motivasi merupakan konstruksi jiwa. Kedudukan motivasi sejajar dengan isi jiwa sebagai cipta (kognisi), karsa (konasi), dan rasa (emosi) yang merupakan tridaya. Apabila cipta, karsa dan rasa yang menempel pada diri seseorang dikombinasikan dengan motivasi sanggup menjadi catur daya atau empat dorongan yang sanggup mengarahkan individu untuk mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan. Menurut McDonald (Wasty, 2000:191) motivasi ialah merupakan perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai oleh dorongan afektif dan reaksi-reaksi untuk mencapai tujuan. Di dalam perumusan pendapat Mc Donald tersebut di ini bila dicermati ada tiga unsur yang saling berkaitan, yaitu: 1. Motivasi dimulai dari adanya perubahan energi di dalam pribadi. Perubahan-perubahan dalam motivasi timbul dari perbuatan tertentu 2. Motivasi ditandai dengan timbulnya perasaan affective arousal. Mula-mula merupakan ketegangan psikologis kemudian merupakan suasana emosi. Suasana ini menimbulkan kelakuan yang bermotif Perubahanini bisa dan mungkin juga tidak, kita hanya sanggup melihatnya dalam perbuatan. 3. Motivasi ditandai dengan reaksi-reaksi untuk mencapai tujuan. Pribadi yang bermotivasi mengadakan respons-respons yang tertuju ke arah suatu tujuan. Respons-respons itu berfungsi mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh perubahan energi dalam dirinya. Setiap respons merupakan suatu langkah ke arah mencapai tujuan. Sejalan dengan pendapat McDonald di atas Makmun (2001:37) menyampaikan bahwa pada esensinya motivasi itu merupakan: 1. Suatu kekuatan (power) atau tenaga (forces) atau daya energi. 2. Suatu keadaan yang kompleks (a complex state) dan kesiapsediaan (preparatory set) dalam diri individu (organisasi) untuk bergerak ( to move, motion, motive) ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari. Psikolog Gestalt menyampaikan bahwa motivasi merupakan produk dari ketidaksesuaian dari sebuah pase kehidupan. Dalam pase kehidupan itu meliputi tujuan-tujuan yang positif atau negatif yang ingin diraih atau dihindarkan. Artinya bahwa motivasi itu timbul jawaban adanya dorongan-dorongan lain yang ada dalam organisme. Bigge (2002:73) menyampaikan bahwa organism drives such as hunger, thirst and secual need; and for emotionals such as fear, anger and “love”--produce behaviors that predictable and irresistible. Selanjutnya jago sikap (behavioriest) beropini bahwa motivasi ialah dorongan untuk berbuat sesuatu sebagai jawaban adanya rangsangan yang mendahuluinya. Seluruh motivasi timbul secara eksklusif dari dorongan-dorongan organisme, emosi-emosi dasar atau dari kecenderungan untuk merespons terhadap dorongan-dorongan dan emosi-emosi tersebut. Dorongan organisme menyerupai lapar, haus dan kebutuhan secual (secual need) dan dorongan emosi menyerupai rasa takut, murka keduanya membentuk tingkah laris (behavior) yang sanggup diprediksi. Berdasarkan pendapat di atas sanggup dipahami bahwa tingkah laris yang tampak pada diri seseorang itu dipengaruhi oleh stimulus-stimulus dari dalam dan dari luar diri manusia. Seperti rasa lapar, haus, kebutuhan secual, takut, marah, cinta dan lain-lain. Stimulus-stimulus inilah merupakan motif atau dorongan yang menghipnotis seseorang untuk berbuat sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Sementara itu Murray (dalam Arikunto 2003:67) mengatakan: bahwa motivasi merupakan konstruk (konsep hipotetik) yang terdiri atas kekuatan-kekuatan yang menghipnotis persepsi dan sikap seseorang dalam upayanya untuk mengubah situasi yang tidak memuaskan dirinya. Dari teori Murray di atas memperlihatkan bahwa rangsangan dari luar memegang peranan penting bagi tumbuhnya motivasi, merkipun motivasi yang timbul dari dalam merupakan hal yang lebih penting dibandingkan dengan motivasi yang ditimbulkan dari luar, namun tetap peranan guru di dalam menimbulkan motivasi siswa tetap diharapkan untuk sanggup merubah persepsi dan perilakunya di dalam proses belajar. Menurut Purwanto (2002: 72), ada dua prinsip yang sanggup digunakan untuk meninjau motivasi ialah: (1) Motivasi dipandang sebagai suatu proses. Pengetahuan perihal proses ini akan membantu kita menjelaskan kelakuan yang kita amati dan untuk menjelaskan kelakuan-kelakuan lain pada seseorang; (2) Kita menentukan huruf dari proses ini dengan melihat petunjuk-petunjuk dari tingkah lakunya. Apakah petunjuk-petunjuk itu sanggup dipercaya, sanggup dilihat dari kegunaannya dalam memperkirakan dan menjelaskan tingkah laris lainnya. Motivasi mengandung tiga komponen pokok, yaitu menggerakkan, mengarahkan dan menopang tingkah laris manusia. Menggerakkan berarti menimbulkan kekuatan pada individu; memimpin seseorang untuk bertindak dengan cara-cara tertentu. Misalnya kekuatan dalam ingatan, respons-respons efektif, dan kecenderungan mendapat kesenangan. Motivasi juga mengarahkan atau menyalurkan tingkah laku. Dengan demikian ia menyediakan suatu orientasi tujuan. Tingkah laris individu diarahkan terhadap sesuatu. Untuk menjaga dan menopang tingkah laku, lingkungan sekitar harus menguatkan (reinforcement) intensitas dan arah dorongan-dorongan dan kekuatan-kekuatan individu. Komponen lain dalam motivasi, yaitu komponen dalam (inner component), dan komponen luar (outer component). Komponen dalam ialah perubahan dalam diri seseorang, keadaan merasa tidak puas, dan ketegangan psikologis. Komponen luar ialah apa yang diinginkan seseorang, tujuan yang menjadi arah kelakuannya. Kaprikornus komponen dalam ialah kebutuhan-kebutuhan yang ingin dipuaskan, sedangkan komponen luar ialah tujuan yang hendak dicapai.
Teori stimulus respons (S-R) atau teori rangsang reaksi dalam llmu jiwa menjelaskan bahwa sikap seseorang ditimbulkan oleh kejadian-kejadian yang datang dari dalam atau pun dari luar dirinya, sedangkan arah dari sikap tersebut ditentukan oleh kekerabatan mekanisme dari S-R yang bersangkutan Motivasi siswa secara alami harus terjadi lantaran hasratnya untuk berpartisipasi dalam proses belajar. Akan tetapi ini juga berdasarkan alasan-alasan atau harapan yang mendasarinya untuk berpartisipasi dalam proses akademik. Karena, walaupun mungkin siswa dapat dimotivasi secara sama untuk melaksanakan suatu perbuatan, akan tetapi sumber-sumber motivasinya mungkin akan berbeda. McDonald menyampaikan bahwa jago psikologi telah mempelajari bagaimana seseorang mencar ilmu dengan kecenderungan-kecenderungan motivasi yang relatif stabil. Salah satu konsep dasar untuk menunjukan kecenderungan itu ialah adanya kebutuhan. Kebutuhan adalah kecenderungan umum yang termotivasi dengan cara-cara khusus. Sementara itu teori-teori Gestalt cenderung untuk menghindari pemakaian konsep-konsep tingkah laris (behavioristic concepts), menyerupai dorongan (drive), imbas (effect), dan penguatan (reinforcement) pada satu sisi dan konsep-konsep mentalistik menyerupai vitalisme, dan kesadaran pada sisi lainnya. Bagi mereka ada beberapa konsep yang berkaitan dengan motivasi, yaitu harapan (goal), harapan (expectancy), niat (intention) dan tujuan/sasaran (purpose). Dalam kerangka rujukan Gestalt tingkah laris ialah fungsi sebuah situasi total. Orang berinteraksi dalam lapangan (wilayah) dorongan-dorongan psikologis. Lapangan psikologis meliputi tujuan dan cita-cita, interpretasi obyek dan kejadian fisik yang relevan, memori dan antisipasi. Dengan demikian motivasi tidak sanggup diuraikan hanya dengan sebuah gerakan hati (an impulse) terhadap perbuatan yang digerakkan oleh stimulus. Lebih dari itu ia timbul dari situasi psikologis yang dinamis yang ditandai dengan hasrat seseorang untuk berbuat sesuatu. Berdasarkan paparan di atas sanggup dipahami bahwa bergotong-royong motivasi merupakan suatu hal yang tidak sanggup dilepaskan dari diri manusia, lantaran pada hakekatnya kehidupan ialah kebutuhan dan harapan. Motivasi yang ada insan sanggup bersumber dari diri insan itu sendiri (intrinsik) atau juga dari luar (ekstrinsik). Pada umumnya motivasi intrinsik lebih kuat dan lebih baik daripada motivasi ekstrinsik. Oleh lantaran itu motivasi intrinsik sebaiknya ditimbulkan dan diaktifkan dalam diri setiap individu. Lepper (1988) menyampaikan bahwa motivasi instrinsik mendorong siswa untuk beraktivitas lantaran adanya kesenangan, harapan, dan timbulnya perasaan sempurna, sedangkan motivasi ekstrinsik mendorong siswa beraktivitas untuk mendapat hadiah dan menghindari hukuman. Berdasarkan pendapat Lepper di atas sanggup dipahami motivasi mencar ilmu itu timbul secara internal dan juga eksternal. Seseorang melaksanakan suatu acara lantaran acara itu bermakna, adanya kesenangan, harapan, perasaan berprestasi, atau apa pun juga yang menjadi pendorong (motif) seseorang untuk melaksanakan suatu aktivitas. Motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang mendorong seseorang untuk beraktivitas yang timbulnya dari luar menyerupai adanya hukuman, hadiah dan di luar acara itu sendiri yaitu adanya tingkatan, ikatan-ikatan atau restu guru. Memahami bagaimana pengalaman-pengalaman sekolah yang berbeda sanggup menghipnotis motivasi mencar ilmu ialah penting untuk membedakan aneka macam kualitas situasi mencar ilmu yang dirasakan; menarik, senang, berarti secara pribadi atau relevan versus situasi mencar ilmu yang dirasakan membosankan, menjenuhkan, tidak bermakna, atau tidak relevan dari perspektif individu. Pada masalah pertama, motivasi mencar ilmu secara alami terdorong oleh tugas-tugas mencar ilmu yang dirasa mengasyikkan atau secara pribadi bermakna. Pada masalah yang kedua, motivasi mencar ilmu harus dirangsang dari luar untuk menanggulangi kurangnya motivasi intrinsik yang disebabkan oleh persepsi mencar ilmu siswa bahwa tugas-tugas mencar ilmu membosankan atau secara pribadi tidak bermakna. Dalam banyak situasi mencar ilmu yang ditentukan secara eksternal, pilihan-pilihan dibatasi untuk mengontrol dan memanaj pikiran dan perasaan internal. Pemilihan sikap itu sedikit. Menurut McCombs. (2002 :1) perbedaan yang penting lainnya, apakah motivasi merupakan respons alami terhadap keingintahuan pembelajar atau pembelajar tersebut harus mengerahkan segenap tenaganya untuk mengatur perasaan-perasaan yang timbul dari pemikiran negatif perihal kondisi-kondisi eksternal (seperti guru, kurikulum, dan praktek-praktek pembelajaran) Selain motivasi intrinsik dan ekstrinsik di atas ada lagi motivasi lain yaitu motivasi positif dan motivasi negatif. Motivasi positif menimbulkan semangat dan kekuatan dalam diri setiap individu. Hal itu terjadi lantaran pada setiap diri insan bahagia pada hal-hal yang baik dan bahagia akan pujian. Sementara motivasi negatif akan memperlihatkan dampak yang kurang baik untuk jangka panjang akan tetapi akan berdampak pada semangat kerja yang baik untuk jangka pendek. Hal ini terjadi lantaran motivasi negatip sifatnya ialah teguran dan peringatan terhadap kekeliruan yang dilakukan dan untuk menjadi perhatian untuk melaksanakan kegiatan yang akan datang. Dalam prakteknya kedua jenis motivasi itu sering digunakan dalam suatu kelompok aktivitas. Yang harus diperhatikan ialah kapan motivasi positif atau negatif sanggup merangsang secara efektif kegairahan beraktivitas dalam diri individu. Motivasi positip untuk jangka panjang sementara motivasi negatip untuk jangka pendek. Oleh lantaran itu McCombs (2002:2) mengatakan: “Another key to motivation to learn is helping students see ways they can change negative thinking and make learning fun by relation to the personal interest, working with other in meeting learning goals and being able to make choices—have a voice—in their own learning process”.(Salah satu cara memotivasi siswa untuk mencar ilmu ialah dengan menolong mereka untuk melihat cara-cara yang sanggup merubah pemikiran negatif dan menciptakan mencar ilmu menyenangkan dengan mengkaitkannya kepada kepentingan pribadi, bekerja sama dalam mencapai tujuan dan sanggup menciptakan pilihan, mempunyai pendapat dalam proses pembelajaran mereka). Dorongan yang ada pada diri seseorang itu sering berwujud kebutuhan (needs), kemauan (willingness), rangsangan (drive) dan kata hati. Dorongan tersebut disadari atau tidak disadari oleh seseorang mengarah pada suatu tujuan. Dorongan itu pun intinya akan menghipnotis tingkah laris seseorang dan menjadi alasan mengapa seseorang itu melaksanakan suatu tindakan atau kegiatan. Dorongan kekuatan yang terdapat dalam diri seseorang yang menggerakkan tingkah laris orang itu untuk dan dalam mencapai tujuan. Dengan demikian dorongan akan menimbulkan kegiatan yang bertujuan dan akan menghipnotis tingkah laris seseorang yang mempunyai dorongan itu. McClelland (dalam Arikunto 2003:67) telah mengadakan penelitian perihal motivasi yang dikenal dengan studi pengukuran “N’ Ach”, merupakan sebuah istilah popular di dalam bidang pendidikan, yaitu abreviasi dari “need for achievement”, suatu bentuk kebutuhan (need) yang dimiliki oleh seseorang untuk suatu pencapaian (achievement). Biasanya orang yang mempunyai keinginan untuk memperoleh sesuatu di dalam dirinya akan terdapat suatu dorongan yang kuat untuk mencapai keinginannya itu. Dorongan kuat itulah yang dinamakan motivasi. Dilihat dari segi motifnya setiap gerak sikap insan itu selalu mengandung tiga aspek, yang kedudukannya sedikit demi sedikit dan berurut (sequential), yaitu: (1) Motivating states (timbulnya kekuatan dan terjadinya kesiapsediaan sebagai jawaban terasanya kebutuhan jaringan atau sekresi, hormonal dalam diri organisme atau lantaran terangsang oleh stimulasi tertentu). (2) Motivated behavior (bergeraknya organisme ke arah tujuan tertentu sesuai dengan sifat yang hendak dipenuhi dan dipuaskannya). (3) Satisfied conditions (dengan berhasilnya dicapai tujuan yang sanggup memenuhi kebutuhan yang terasa, maka keseimbangan dalam diri organisme pulih kembali). Gibson dan kawan-kawan (dalam Gito dan Mulyana 2001:178) melukiskan proses motivasi pola awal berasal adanya kebutuhan individu yang belum terpenuhi/tidak terpenuhi yang kemudian menimbulkan orang mencari jalan memenuhi aneka macam macam kebutuhannya. Pencarian jalan itu akan diwujudkan kepada sikap yang diarahkan pada tujuan individu yang belum terpenuhi/tidak terpenuhi). Kebutuhan ialah kecenderungan-kecenderungan permanen dalam diri seseorang yang menimbulkan dorongan dan menimbulkan kelakuan untuk mencapai tujuan. Kebutuhan itu timbul lantaran adanya perubahan (internal change) dalam organisme atau disebabkan oleh perangsang kejadian-kejadian di lingkungan organisme. Begitu terjadi perubahan tadi, maka timbul energi yang mendasari kelakuan ke arah tujuan. Jadi, timbulnya kebutuhan inilah yang menimbulkan motivasi pada kelakuan seseorang. Kebutuhan sanggup mendorong, menguatkan, dan mengarahkah sikap seseorang baik untuk melaksanakan kegiatan dalam memenuhi kebutuhan tersebut maupun untuk memcapai suatu tujuan. Tingkatan kebutuhan berdasarkan Maslow berdasarkan Sudjana (2000:167).dimulai dari kebutuhan yang paling rendah dan menuju kebutuhan yang paling tinggi. Kebutuhan pada tingkat yang lebih rendah menjadi syarat untuk memenuhi setiap kebutuhan yang lebih tinggi. Maslow mengemukakan lima macam kebutuhan yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan untuk diakui dan dihargai, dan kebutuhan pengembangan diri/ aktualisasi diri. Bila dijelaskan dari kelima kebutuhan tersebut ialah sebagai berikut: 1) Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan primer yang menyangkut fungsi biologis dari organisme individu sebagai manusia, menyerupai kebutuhan sandang, papan, pangan, kesehatan dan sebagainya. 2) Kebutuhan rasa kondusif dan proteksi ialah kebutuhan individu untuk merasa terjamin dari segala ancaman dan hal-hal yang akan merusaknya. 3) Kebutuhan sosial ialah kebutuhan yang meliputi keinginan untuk diperhitungkan dan diakui dalam kelompok, menyerupai kebutuhan untuk dicintai, kerjasama dan lain-lain. 4) Kebutuhan diakui dan dihargai ialah kebutuhan lantaran prestasi, kemampuan, kedudukan ataupun status individu dalam kelompok. 5) Kebutuhan akan aktualisasi diri ialah kebutuhan untuk mempertinggi potensi-potensi yang dimiliki individu untuk menyebarkan diri secara maksimal, berkreativitas dan mengekspresikan diri. Berdasarkan beberapa uraian di atas sanggup disintesiskan bahwa motivasi belajar siswa adalah keseluruhan daya penggagas atau tenaga dorong yang menghipnotis persepsi dan sikap siswa dalam mencar ilmu dan menimbulkan adanya keinginan untuk melaksanakan kegiatan atau acara dalam mencar ilmu sebagai seorang siswa yang dilakukan secara sistematis, kontinyu dan progresif mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam upaya meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa, guru mempunyai kiprah penting dalam keberhasilan mencar ilmu siswa, beberapa kiprah itu antara lain : 1. Mengenal setiap siswa yang diajarkan secara pribadi. Dengan mengenal setiap siswa secara pribadi, maka guru akan bisa memperlakukan setiap siswa secara tepat. Dengan demikian upaya untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa dilakukan secara tepat pula walaupun guru itu berhadapan dengan kelompok siswa dalam kelas. Apabila guru mengenal siswanya secara pribadi ia akan bisa pula memperlakuk,an setiap siswa dalam kelompok secara berbeda sesuai dengan keadaan dan kemampuan serta kesulitan dan kekuatan yang dimiliki setiap siswa itu. 2. Mampu memperlihatkan interaksi yang menyenangkan, interaksi yang menyenangkan ini akan menimbulkan suasana kondusif dalam kelas. Para siswa bebas dari ketakutan akan melaksanakan perbuatan yang tidak berkenan bagi gurunya. Interaksi yang menyenangkan ini sanggup menciptakan suasana sehat dalam kelas, suasana yang menyenangkan dan sehat itu menimbulkan suasana yang mendukung untuk terjadinya belajar. Dengan demikian motivasi mencar ilmu siswa menjadi lebih baik. 3. Menguasai aneka macam metode dan teknik mengajar dan memakai secara tepat. Penguasaan aneka macam metode dan teknik mengajar serta penerapannya secara tepat menciptakan guru mampou mengubah-ubah cara mengajarnya sesuai dengan suasana kelas. Pada para siswa, tes utama di sekolah dasar sering timbul Susana cepat bosan dengan keadaan yang tidak berubah. Guru harus menyimak perubahan suasana kelas sebagai jawaban dari kebosanan siswa akan suasana yang tidak berubah itu. Guru sanggup mengembalikan gairah mencar ilmu siswa antara lain dengan merubah metode dan teknik mengajar pada waktu Susana bosan itu mulai muncul. 4. Menjaga suasana kelas supaya para siswa terhindari konflik dan frustasi. Suasana konflik dan putus asa di kelas menimbulkan gairah mencar ilmu siswa menurun. Perhatian mereka tidak lagi terhadap kegiatan belajar, melainkan pada upaya menghilangkan konflik dan fustasi itu. Energi mereka habis terkuras untuk memecahkan konflik dan frustasi, sehingga mereka tidak sanggup mencar ilmu dengan baik. Apabila guru sanggup menjaga suasana kelas dan meniadakan konflik dan putus asa itu, maka konsentrasi siswa secara penuh akan sanggup dikembalikan kepada kegiatan belajar. konsentrasi penuh terhadap mencar ilmu itu sanggup meningkatkan motivasi mencar ilmu anak dan pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajarnya. 5. Memperlakukan siswa sesuai dengan keadaan dan kemampuan. Sebagai kelanjutan dari pemahaman siswa secara pribadi, guru sanggup memperlakukan setiap siswa secara tepat sesuai denga hal-hal yang diketahuinya dari tiap siswa itu. Dengan penerapan peranan menyerupai di atas, maka guru akan bisa menempatkan diri dalam lingkungan siswa secara tepat. Pada gilirannya guru akan bisa pla mengunakan teknik, motivasi secara tepat, baik dalam suasana kelompok maupun dalam suasana individual. Adapun upaya lain untuk meningkatkan motivasi belajar berdasarkan Robert (1990:153) yaitu: a. Optimalisasi penerapan prinsip belajar Kehadiran siswa di kelas merupakan awal dari motivasi belajar. Untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa merupakan bimbingan tindak pembelajaran bagi guru. Dalam upaya pembelajaran, guru harus berhadapan dengan siswa dan menguasai seluk beluk materi yang diajarakan kepada siswa. Upaya pembelajaran terkait dengan beberapa prinsip pembelajaran. Beberapa prinsip pembelajaran tersebut antara lain sebagai berikut: 1) Belajar menjadi bermakna kalau siswa memahami tujuan belajar, oleh lantaran itu guru harus menjelaskan tujuan mencar ilmu secara hierarkis. 2) Belajar menjadi bermakna bila siswa dihadapkan pada pemecahana masalah yang menantangnya, oleh lantaran itu peletakan urutan masalah yang menantang harus disusun guru dengan baik. 3) Belajar menjadi bermakna bila guru bisa memusatkan segala kemampuan mental siswa dalam acara kegiatan tertentu oleh lantaran itu guru sebaiknya menciptakan pembelajaran dalam pengajaran unit atau proyek. 4) Kebutuhan materi mencar ilmu siswa semakin bertambah, oleh lantaran itu guru perlu mengatur materi dari yang paling sederhana hingga paling menantang. 5) Belajar menjadi menantang bila siswa memahami prinsip evaluasi dan faedah nilai belajarnya bagi kehidupan dikemudian hari, oleh lantaran itu guru perlu memberi tahukan kriteria keberhasilan atau kegagalan belajar. b. Optimalisasi unsur dinamis mencar ilmu dan pembelajaran Unsur-unsur yang ada di lingkungan maupun dalam diri siswa ada yang mendorong dan ada yang menghambat kegiatan belajar. Oleh lantaran itu guru yang lebih memahami keterbatasan waktu bagi siswa sanggup mengupayakan optimalisasi unsur-unsur dinamis tersebut dengan jalan : 1) Pemberian kesempatan pada siswa untuk mengungkap kendala mencar ilmu yang dialaminya. 2) Memelihara minat, kemauan, dan semangat belajarnya sehingga terwujud tindak belajar. 3) Meminta kesempatan pada orang bau tanah atau wali, semoga member kesempatan kepada siswa untuk beraktualisasi diri dalam belajar. 4) Memanfaatkan unsur-unsur lingkungan yang mendorong belajar. 5) Menggunakan waktu secara tertib, penguat dan suasana gembira terpusat pada sikap belajar. 6) Guru merangsang siswa dengan penguat memberi rasa percaya diri. c. Optimalisasi pemanfaatan pengalaman dan kemampuan siswa Guru wajib memakai pengalaman mencar ilmu dan kemampuan siswa dalam mengelola siswa belajar. Upaya optimalisasi pemanfaatan pengalaman siswa tersebut sanggup dilakukan sebagai berikut : 1) Siswa ditugasi membaca materi mencar ilmu sebelumnya dan bertanya kepada guru apa yang mereka tidak mengerti. 2) Guru mempelajari hal-hal yang sukar bagi siswa. 3) Guru memecahkan hal-hal yang sukar. 4) Guru mengajarkan cara memecahkan kesukaran tersebut dan mendidik kebenaran mengatasi kesukaran. 5) Guru mengajak siswa mengalami dan mengatasi kesukaran. 6) Guru memberi kesempatan siswa untuk menjadi tutor sebaya. 7) Guru memberi penguatan kepada siswa yang berhasil mengatasi kesukaran belajarnya sendiri. 8) Guru menghargai pengalaman dan kemampuan siswa semoga mencar ilmu secara mandiri. d. Pengembangan harapan dan aspirasi belajar Pengembangan harapan mencar ilmu dilakukan semenjak siswa masuk sekolah dasar. Pengembangan harapan tersebut ditempuh dengan jalan menciptakan kegiatan mencar ilmu sesuatu. Penguat berupa hadiah diberikan pada setiap siswa yang berhasil. Sebaliknya dorongan keberanian untuk mempunyai harapan diberikan kepada siswa yang berasal dari semua lapisan masyarakat. Sumber Bacaan: A. Tabrani R (1994) Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya Abin Syamsudin Makmun (2001), Psikologi Kependidikan, Jakarta: Remaja Rosda Karya Depdikbud (1996), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka Nana Sudjana dan Daeng Arifin. (1988). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Oemar Hamalik. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo Sondang P. Siagian. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta, WS. Winkel. (1983) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 1983 W.S. Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo. BACA INFORMASI PENTING LAINNYA
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
|
No comments:
Post a Comment