Contoh Jurnal Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika- Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Penilaian sikap ialah evaluasi terhadap kecenderungan sikap penerima didik sebagai hasil pendidikan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penilaian sikap mempunyai karakteristik yang berbeda dengan evaluasi pengetahuan dan keterampilan, sehingga teknik evaluasi yang dipakai juga berbeda.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memerhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut.
Penilaian sikap ialah evaluasi terhadap kecenderungan sikap penerima didik sebagai hasil pendidikan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penilaian sikap mempunyai karakteristik yang berbeda dengan evaluasi pengetahuan dan keterampilan, sehingga teknik evaluasi yang dipakai juga berbeda.
Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
Nama Satuan Pendidikan : ....
Kelas/Semester : ....
Tahun Pembelajaran : ....
No | Waktu | Nama | Kejadian/Perilaku | Butir Sikap | Positif/Negatif |
1 | Tidak mengikuti kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah. | Ketaqwaan | - | ||
2 | engganggu sobat yang sedang berdoa | Toleransi beragama | - | ||
3 | Mengajak temannya berdoa sebelum mengikuti perlombaan atau pertandingan | Ketaqwaan | + | ||
4 | Menjadi ketua panitia peringatan hari besar keagamaan di sekolah. | Ketaqwaan | + | ||
5 | Memberi kelonggaran waktu temannya dikala menjalankan ibadah di sekolah | Toleransi beragama | + |
Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan secara berkelanjutan oleh wali kelas dengan memakai observasi dan isu lain yang valid dan relevan dari banyak sekali sumber. Penilaian sikap merupakan bab dari training dan penanaman atau pembentukan sikap spiritual dan sikap sosial penerima didik yang menjadi kiprah dari setiap guru. Penanaman sikap diintegrasikan pada setiap pembelajaran KD dari KI-3 dan KI-4.
Hasil evaluasi sikap selama periode satu semester ditulis dalam bentuk deskripsi yang menggambarkan sikap penerima didik. Penilaian sikap dilakukan oleh wali kelas, melalui observasi yang dicatat dalam jurnal.
Jurnal Penilaian Sikap Sosial
Nama Satuan Pendidikan : ....
Kelas/Semester : ....
Tahun Pembelajaran : ....
No | Waktu | Nama | Kejadian/Perilaku | Butir Sikap | Positif/Negatif |
1 | Melaksanakan piket kebersihan kelas. | Tanggung Jawab | + | ||
2 | Tidak mengikuti upacara bendera. | Disiplin | - | ||
3 | Menjadi pemimpin upacara di sekolah. | Percaya diri | + | ||
4 | Memungut sampah yang acak-acakan di lantai. | Bersih | + | ||
5 | Berbicara keras dikala minta tolong kepada penjaga sekolah. | Santun | - |
No comments:
Post a Comment