Friday, March 23, 2018

√ Perbedaan Iklim Di Bumi

Bumi ini berbentuk bundar namun agak pepat di kutub dan menggelembung di ekuator. Pernahkah kau bertanya, mengapa dapat ada variasi ekspresi dominan di bumi ini?. Lalu bagaimana jikalau tidak ada variasi ekspresi dominan di bumi?. Perlu diketahui bahwa alam semesta ini sudah didesain dengan sangat tepat oleh Tuhan sehingga dapat tercipta sistem kehidupan yang tepat di Bumi.

1. Perbedaan Belahan Bumi Menghasilkan Musim yang Berbeda
Di Eropa pada dikala bulan Desember mungkin sedang mengalami ekspresi dominan hambar namun di kepingan bumi selatan menyerupai Australia maka yang ada ialah ekspresi dominan panas. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?. Ini disebabkan oleh kemiringan sumbu rotasi bumi yaitu 23,5 derajat. Hal ini akan berdampak pada kecondongan wilayah di Bumi yang menghadap matahari pada bulan tertentu. 

Intinya antara kepingan bumi utara dengan selatan akan mengalami perbedaan ekspresi dominan yang kontras. Jika di utara ekspresi dominan panas maka di selatan ekspresi dominan dingin, jikda di utara ekspresi dominan semi maka di selatan ekspresi dominan gugur. Jika sumbu rotasi bumi tidak miring maka yang terjadi ialah wilayah ekuator akan sangat panas dan wilayah utara dan selatan akan sangat hambar sekali.

Winter Soltice = Utara (Desember 21/22), Selatan (Juni 21/22)
Spring Equinox = Utara (Maret 20/21), Selatan (September 21/22)
Summer Soltice = Utara (Juni 20/21), Selatan (Desember 21/22)
Fall Equinox = Utara (September 22/23), Selatan (Maret 22/23)
Bumi ini berbentuk bundar namun agak pepat di kutub dan menggelembung di ekuator √ Perbedaan Iklim di Bumi
Perubahan Musim di Bumi
2. Adanya Efek Coriolis di Bumi
Efek Coriolis ialah suatu dampak pembelokan yang disebabkan oleh benda yang berputar. Di kepingan bumi utara, dampak ini akan membelokan angin dan arus bahari ke kanan sehingga topan akan berputar searah jarum jam. Karena arah rotasi bumi ke timur maka semua tanda-tanda terkait angin, arus, taifun dan lainnya akan dibelokkan ke kanan di kepingan utara dan dibelokkan ke kiri di kepingan selatan.

3. Iklim di Utara Lebih Hangat
Coba kau lihat peta dunia dan bandingkan konisi benua diantara dua kepingan bumi tersebut. Sepintas daratan di kepingan bumi utara lebih besar dibanding di tempat selatan. Ingat bahwa dalam aturan fisika, daratan lebih cepata menyerap dan melepas panas dibanding lautan. Jadinya, secara umum cuaca di utara relatif lebih hangat dibandingkan di selatan. Namun itu secara umum saja lantaran intinya banyak faktor yang memengaruhi kondisi cuaca suatu daerah. Gambar: wikimedia

Sumber http://www.gurugeografi.id

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...