Wednesday, March 21, 2018

√ Faktor Kepunahan Binatang Dan Tumbuhan

Kepunahan yaitu simpulan dari kehidupan suatu organisme terutama spesies. Kepunahan sanggup terjadi jikalau individu terakhir dalam suatu kelompok mati. Untuk memilih punah tidaknya suatu spesies memang agak susah. Dalam beberapa kasus, ada suatu spesies yang sudah dinyatakan punah namun ternyata muncul kembali.  

Baca juga: 
Dampak pencemaran lingkungan
7 perbedaan batuan beku dan batuan sedimen
Animasi fenomena transisi demografi
Perbedaan air tanah dangkal dan dalam
Pengertian, ancaman polusi cahaya bagi lingkungan
Peranan cuaca dalam kehidupan sehari-hari

Banyak faktor yang mendorong terjadinya kepunahan spesies binatang dan flora di dunia. Meskipun kepunahan yaitu proses alami namun semakin banyak bukti ilmiah menunjukkan bahwa aktivitas insan memicu percepatan kepunahan sebuah spesies.

Penyebab utama dari kepunahan binatang dan flora antara lain:
1. Kehilangan habitat
Perubahan ruang permukaan bumi baik melalui musibah atau aktivitas insan yaitu ancaman terbesar tunggal bagi keberlanjutan hayati di Bumi dan penyebab utama kepunahan di dunia. Ketika binatang dan flora tidak mempunyai habitat dan tidak sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungan gres maka ia lambat laun akan punah. Baca juga: Fenomena perigee dan apogee itu apa?

2. Perburuan Liar
Kegiatan berburu binatang dan flora langka merupakan penyebab lain dari kepunahan sebuah spesies terutama mereka yang termasuk spesies endemik dengan habitat yang terbatas atau mempunyai populasi kecil dan lambat secara regenerasi. Berburu sekarang menjadi sebuah kebiasaan gres para insan ultrakaya. Uang menjadikan berburu sebagai suatu permainan biasa bagi mereka. 

Meskipun undang-undang santunan binatang dan flora langka sudah ada namun beberapa orang masih belum memahami dan malah seakan-akan tidak tahu tetang aturan tersebut.
Kepunahan yaitu simpulan dari kehidupan suatu organisme terutama spesies √ Faktor Kepunahan Hewan dan Tumbuhan
Koala menyesali habitatnya yang rusak
 3. Munculnya Spesies Baru
Kehadiran suatu spesies gres yang tidak endemik pada satu wilayah, memungkinkan adanya konsekuensi binatang dan flora orisinil akan hilang  sedikit demi sedikit. Munculnya spesies gres sanggup terjadi sebab proses penyebaran menyerupai benih yang tertiup angin atau burung, namun proses tersebut sangat jarang terjadi. Baca juga: Teori Big Bang dan Keadaan Tetap

Kehadiran spesies gres lebih banyak disengaja oleh migrasi insan yang cepat. Benih flora sanggup dengan gampang dibawa insan dengan tas, mobil, atau kaos kaki sekalipun. Kehadiran spesies gres di lahan yang endemik sanggup jadi memicu persaingan yang tidak sanggup ditoleransi oleh binatang dan flora lokal sehingga mereka akan kalah.

4. Polusi
Pencemaran sanggup terjadi secara alami maupun oleh aktivitas manusia. Pencemaran alami menyerupai erupsi dan banjir sering mengakibatkan kepunahan lokal dan jarang dalam skala luas. Sementara aktivitas insan menyerupai industri akan menghasilkan banyak sekali limbah beracun. Penggunaan pestisida juga sanggup menghilangkan salah satu anggota rantai masakan sehingga akan ada spesies yang tidak terkendali pertumbuhannya.
 
5. Kompetisi
Evolusi sangat dipengaruhi oleh persaingan antar spesies. Spesies yang tidak berpengaruh dan kalah akan bermigrasi atau hilang dan punah dari habitatnya. 

6. Penyakit
Adanya wabah penyakit baik itu secara alami atau buatan sanggup mengakibatkan kepunahan suatu spesies. Contohnya penyakit elm Belanda, merupakan penyakit jamur pohon elm disebarkan oleh kumbang kulit kayu elm. Meskipun awalnya diyakini berasal dari Asia, penyakit ini telah tiba-tiba muncul di Amerika Utara dan Eropa dimana telah menghancurkan populasi pohon elm. Baca juga: Perbedaan Mesa, Butte dan Plateau

Ada beberapa faktor ekologi lainnya yang berkontribusi terhadap kepunahan suatu spesies diantaranya:
- Derajat spesialisasi merupakan faktor penting. Semakin khusus binatang dan flora maka semakin rentan terhadap kepunahan.
- Posisi organisme dalam rantai makanan. Semakin tinggi binatang dalam rantai masakan maka semakin rentan punah. 
- Kisaran distribusi memengaruhi kepunahan. Semakin sedikit sebaran organisme di bumi maka ancaman kepunahan semakin tinggi.
- Kecepatan reproduksi juga memengaruhi kepunahan. Ada beberapa binatang yang lambat bereproduksi sehingga sulit beregenerasi.

Sumber http://www.gurugeografi.id

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...