Thursday, March 15, 2018

√ Budaya Politik Parokial, Subjek Dan Partisipan

Budaya politik merupakan sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat. Akan tetapi setiap unsur masyarakat berbeda budaya politiknya, menyerupai antara masyarakat umum dengan para elitnya. Kebudayaan Indonesia cenderung membagi secara tajam antara kelompok elite dengan kelompok massa.

Hakikat dan ciri budaya politik yang menyangkut dilema nilai yakni prinsip dasar yang melandasi suatu pandangan hidup yang berkaitan dengan dilema tujuan. Kehidupan politik merupakan potongan dari kehidupan keseharian kita. Demonstrasi, ketiaksukaan, pemilu, kampanye dan lainnya merupakan potongan dari budaya politik di Indonesia. Kegiatan politik dikala ini juga sudah memasuki dunia keagamaan, acara ekonomi dan sosial serta kehidupan langsung dan sosial secara luas. Dari segi realitas budaya politik yang berkembang di masyarakat, Gabriel Almond mengklasifikasikan budaya politik sebagai berikut:
Budaya politik merupakan sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat √ Budaya Politik Parokial, Subjek dan Partisipan
Demonstrasi yakni wujud budaya politik partisipan

1. Budaya politk parokial, merupakan tingkat partisipasi politik yang sangat rendah yang disebabkan oleh faktor kognitif atau tingkat pendidikan yang rendah. Budaya politik parokial lebih mengidentifikasikan dirinya pada perasaan lokalitas. Tidak terdapat kebanggan terhadap sistem politik tersebut. Masyarakat tidak mempunyai perhatian terhadap apa yang terjadi di dalam sistem politik, pengetahuannya sedikit mengenai sistem politik dan jarang membicarakan dilema politik alias apatis.

Budaya politik ini tidak mengindikasikan masyarakatnya mempunyai minat atau kemauan dalam berpolitik. Budaya politik ini sanggup ditemukan dalam masyarakat suku-suku di negara yang belum maju menyerupai Afrika, Asia dan Amerika Latin.

2. Budaya politik subjek, merupakan tipe budaya dimana masyarakatnya mempunyai pemahaman dan perhatian terhadap sistem politik tapi keterlibatan mereka terwujud dalam cara yang lebih pasif. Mereka tetap mengikuti gosip politik, tapi tidak gembira terhadap sistem politik negaranya dan perasaan akad emosionalnya kecil terhadap negara. Mereka merasa tidak nyaman kalau membicarakan dilema politik di sekitarnya.

Demokrasi sulit berkembang dalam masyarakat dengan budaya politik subjek, lantaran masing-masing warga negaranya tidak aktif. Perasaan besar lengan berkuasa terhadap proses politik muncul biila mereka telah melaksanakan kontak politik dengan pejabat lokal. 

3. Budaya  politk partisipan, merupakan masyarakat yang punya perhatian besar terhadap sistem politik. Mereka punya pujian terhadap sistem politik dan sangat aktif mendiskusikan kondisi politik. Mereka mempunyai keyakinan bahwa mereka sanggup menghipnotis pengambilan kebijakan publik dalam beberapa tingkatan dan mempunyai kemauan untuk mengorganisasikan diri dalam kelompok-kelompok protes kalau terdapat praktik-praktik pemerintahan yang tidak fair. Salah satu wujud dari partisipasi politik ini yakni demonstrasi.
Gambar: disini

Sumber http://www.gurugeografi.id

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...