Teori Level Berpikir Van Hiele. Penguasaan teori berguru merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengajaran matematika di sekolah dasar. Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang juga diajarkan di Sekolah Dasar. Dengan mempelajari Geometri sanggup menumbuhkan kemampuan berfikir logis, berbagi kemampuan memecahkan dilema dan sumbangan alasan serta sanggup mendukung banyak topik lain dalam matematika (Kennedy, 1994). Teori Level van Hiele sangat penting dan dipakai untuk menjelaskan mengapa banyak siswa kesulitan dalam proses kognitif tingkat tinggi. Van Hiele merupakan tokoh aliran psikologi kognitif dan merupakan hebat pendidikan, khusus dalam bidang geometri, yaitu teori yang dikenal dengan Level Van Hiele
Gambar: Piere Van Hiele
Sumber: http://vilcabillasvanhile.blogspot.co.id
Van Hiele ialah seorang guru matematika bangsa Belanda yang mengadakan penelitian dalam pengajaran geometri.Teori Level van Hiele dikembangkan oleh dua orang suami istri asal Belanda pada tahun 1950-an. Dina van Hiele-Geldof dan suaminya Pierre Marie van Hiele di dalam disertasi mereka yang berbeda yang ditulis dikala berguru di Universitas Utrecht pada tahun 1957. Dina meninggal dunia tidak usang sehabis menuntaskan disertasinya, kemudian suaminya Pierre yang kemudian menjelaskan secara lengkap perihal teori tersebut. Pembimbing dari Piere Hans Freudenthal mempublikasikan teori tersebut di dalam bukunya yang populer Mathematics as an Educational Task pada tahun 1973. Melalui Freundenthal dan akademisi Soviet, teori van Hiele kemudian menarik perhatian Wirszup, yang merupakan orang pertama yang berbicara di depan publik perihal teori tersebut di tempat Atlantik pada tahun 1974 dan kemudian mempublikasikannya pada tahun 1976.
Menurut Van Hiele, ada tiga unsur utama dalam pengajaran geometri, yaitu waktu, bahan pengajaran, dan metode pengajaran yang diterapkan. Jika ketiga unsur ditata secara terpadu, akan sanggup meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada tahapan berfikir yang lebih tinggi. Dipilihnya teori Van Hiele sebagai dasar dalam pembelajaran pengembangan pemahaman Geometris siswa,dengan alasan: (1) Teori Van Hiele dikususkan pada berguru geometri; (2) Teori Van Hiele mempunyai tingkatan hierarkis pemahaman dalam berguru geometri dimana setiap tingkat memperlihatkan proses berpikir yang dipakai seseorang dalam berguru konsep geometri. (3) Setiap tingkatan mempunyai simbol dan bahasa tersendiri. (4) Teori Van Hiele menyediakan deskriptor umum pada setiap tingkatan yang sanggup dijabarkan ke dalam deskriptor yang lebih operasional dan setiap setiap tingkatan sanggup dikembangkan tahap-tahap pembelajarannya. (5) Teori Van Hiele mempunyai keakuratan dalam mendeskripsikan berpikir siswa dalam geometri. Van Hiele menyatakan bahwa terdapat 5 tahap berguru anak dalam berguru geometri, yaitu : tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi dan tahap akurasi.
Ansari (2009) mengemukakan bahwa teori yang diterapkan Van Hiele lebih kecil ruanng lingkupnya dibandingkan dengan teori berguru yang lainnya alasannya ialah Van Hiele hanya mengkhususkan pada pembelajaran geometri. Namun demikian terdapat beberapa hal yang sanggup diambil manfaat teori berguru Van Hiele yaitu : (1) Guru sanggup mengambil manfaat dari tahap-tahap perkebangan kognitif siswa di SD, dalam hal ini guru sanggup mengetahui mengapa seorang siswa tidak memahami bahwa persegi itu merupakan persegipanjang alasannya ialah siswa tersebut tahap berpikirnya masih berada pada tahap analisis kebawah dan belum hingga pada tahap pengurutan;(2) Agar siswa sanggup memahami geometri maka pengajarannya harus diadaptasi dengan tahap berpikir siswa, sehingga jangan sekali-kali menawarkan pelajaran yang berada diatas tahap berpikirnya; dan (3) Agar topik pelajaran pada bahan geometri sanggup dipahami siswa dengan baik, maka topik pelajaran tersebut sanggup dipelajari menurut urutan tingkat kesukarannya dan dimulai dari tingkat yang paling gampang hingga dengan tingkat yang paling rumit dan kompleks.
Selengkapnya mengenai Teori Belajar Van Hiele sanggup dibaca pada sumber sumber berikut ini:
Sumber:
http://vilcabillasvanhile.blogspot.co.id/
http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/SAUNG_GURU/VOL._1_NO._2/Hj._Epon_Nur'aeni-PENGEMBANGAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_GEOMETRIS_SISWA_SEKOLAH_DASAR_MELALUI_PEMBELAJARAN_BERBASIS_TEORI_VAN_HIELE.pdf
https://bustangbuhari.wordpress.com/
Suwangsih, E. Teori Belajar Matematika. http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/MODEL_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/BBM3_(Dra._Erna_Suwangsih%2C_M.Pd..pdf
No comments:
Post a Comment