1. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi dan potongan suatu paragraf
Soal :
Bacalah paragraf berikut!
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah niscaya populasi kedua binatang dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling di tempat suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.
Gagasan utama paragraf tersebut yaitu ….
A. tujuan survei satwa endemik Sulawesi
B. survei satwa endemik Sulawesi
C. metode survei satwa endemik
D. tempat survei satwa endemik
Kunci : B
Pembahasan :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo.(menyurvei dua satwa Sulawesi). Kata yang merujuknya: Aktivitas itu .... (kalimat kedua); Survei menggunakan …. (kalimat ketiga)
2. Indikator SKL : Menentukan persamaan isi informasi
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi informasi tersebut
Soal :
Bacalah kutipan berita berikut kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks informasi I Sekitar 7.000 hektar hutan mangrove hancur di tempat Laguna Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Kasus itu terjadi semenjak tahun 1984 sehingga menghancurkan aneka macam biota bahari dan tempat pemijahan puluhan jenis ikan. Bahkan, kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove. |
Teks informasi II Warga pendatang dari Ciamis, Jawa Barat, membabati mangrove. Bahkan mereka menggarap tanah timbul menjadi areal pertanian. Penebangan liar juga dilakukan guna memanfaatkan kayu mangrove sebagai material materi bangunan. Hal itu menimbulkan hutan mangrove semakin terancam kepunahan. |
Kesamaan informasi teks informasi tersebut yaitu ….
A. upaya evakuasi hutan mangrove
B. pemanfaatan biota di hutan mangrove
C. terancam punahnya hutan mangrove
D. penanaman kembali hutan mangrove
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi yaitu keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus memilih informasi pokok dari setiap teks informasi tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
Teks II: Hal itu menimbulkan hutan mangrove semakin terancam kepunahan.
3. Indikator SKL : Menentukan perbedaan penyajian berita
Indikator Soal : menentukan perbedaan penyajian informasi tersebut
Soal :
Perbedaan penyajian kedua kutipan informasi tersebut yaitu …
A. Teks informasi I diawali dengan apa, sedangkan informasi II diawali dengan di mana
B. Teks informasi I diawali dengan apa, sedangkan informasi II diawali dengan siapa
C. Teks informasi I diawali dengan kapan, sedangkan informasi II diawali dengan siapa
D. Teks informasi I diawali dengan kapan, sedangkan informasi II diawali dengan apa
Kunci : B
Pembahasan :
Unsur-unsur informasi biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan informasi harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis informasi sanggup memvariasikannya. Bahkan kadang kala unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks informasi I: Peristiwa apa? Sekitar 7.000 hutan mangrove hancur
Teks informasi II: Siapa yang terlibat dalam kejadian tersebut? Warga pendatang dari Ciamis
4. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa sanggup memilih keistimewaan tokoh
Soal :
Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menuntaskan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut yaitu ….
A. Lulus dokter sebelum usia 18 tahun
B. Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
C. Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
D. Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda
Kunci : A
Pembahasan :
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Riana Helmi lulus menjadi dokter sebelum usia 18 tahun.
5. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang sanggup diteladani
Soal :
Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut yaitu ….
A. tinggi hati dan ramah
B. rendah hati dan ramah
C. sombong dan rendah hati
D. tinggi hati dan sombong
Kunci : B
Pembahasan :
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.
Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.
6. Indikator SKL : Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator Soal : Disajikan sebuah iklan, siswa sanggup memilih kalimat fakta/opini
Soal :
Perhatikan iklan berikut!
1) Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2) Hanya 500 ribu hingga bisa
3) Tersedia tiga level
4) Untuk semua level, gratis pengulangan
5) Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang
Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
Kunci : A
Pembahasan :
Pendapat=opini yaitu pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain sanggup berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya. Data pendukung kata mudah dan murah pada kalimat Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH dan kata hanya pada kalimat Hanya 500 ribu hingga bisa.
7. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan sebuah iklan siswa sanggup memilih maksud salah satu kalimat dalam iklan tersebut.
Soal :
Hati-hati berkendaraan. Patuhi hukum nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan semua. Begitulah cita-cita warga kota.
Maksud kalimat kedua pada iklan tersebut yaitu …
A. Seharusnya kita sadar akan hukum kemudian lintas sehingga cita-cita warga terpenuhi.
B. Kalau kita menaati hukum kemudian lintas, akan selamatlah warga kota.
C. Seharusnya semua orang menaati hukum kemudian lintas biar selamat.
D. Kalau kita mematuhi hukum kemudian lintas, di jalan akan nyaman.
Kunci : D
Pembahasan :
Penjelasan teks iklan tersebut sanggup diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut yaitu D.
8. Indikator SKL : Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa sanggup memilih simpulan isi paragraf tersebut
Soal :
Sepeda mempunyai magnet bagi banyak orang. Bukan hanya belum dewasa yang menggemari sepeda, para remaja, orang remaja usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak bau tanah senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi potongan dari gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraf tersebut yaitu …
A. Sepeda sanggup dijumpai di mana pun.
B. Sepeda sebagai alat transportasi modern.
C. Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
D. Sepeda digemari oleh aneka macam lapisan masyarakat.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat final dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Sepeda mempunyai magnet bagi banyak orang. (kalimat pertama); … belum dewasa .., para remaja, orang remaja … orang-orang yang beranjak bau tanah senang bersepeda (kalimat kedua); sepeda menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan (kalimat ketiga)
9. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah tabel, siswa sanggup memilih simpulan isi tabel tersebut
Soal :
Perhatikan tabel berikut!
Jumlah buku di Perpustakaan Gemar
No. | Jenis | Judul | Eksemplar |
1 | Cerita anak-anak | 42 | 134 |
2 | Novel remaja | 38 | 80 |
3 | Roman | 19 | 42 |
4 | Dongeng | 64 | 70 |
Jumlah | 163 | 326 |
Simpulan isi tabel tersebut yaitu …
A. Buku kisah belum dewasa terbanyak judulnya.
B. Novel remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
C. Jumlah terbanyak yaitu buku kisah anak-anak.
D. Jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut bahwa jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya. Pilihan A dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku kisah anak), sedangkan pilihan D bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.
10. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat :
- memilih tema puisi tersebut.
Soal :
Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal nomor 13 dan 14!
Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
Gempa bumi
Bila tiba harus waspada
Bila ada harus siaga
Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak sanggup dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar engkau dilindungi
Tema kutipan puisi tersebut yaitu ….
A. korban tragedi alam
B. lokasi tragedi alam
C. waspada gempa bumi
D. pertanda tiba bencana
Kunci : C
Pembahasan :
Data pendukung: bila tiba harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar
11. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : menentukan larik bermajas pada puisi tersebut
Soal :
Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat pada larik ….
A. pertama bait pertama
B. kedua bait pertama
C. keempat bait kedua
D. ketiga bait ketiga
Kunci : A
Pembahasan :
Data pendukung: bumi bergoyang tanah bergetar. Larik ini menggunakan majas personifikasi.
12. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan puisi siswa sanggup memilih perbedaan
pesan kedua puisi tersebut.
Soal :
Bacalah kedua kutipan puisi berikut!
Puisi 1 | Puisi 2 |
Terima kasih Tuhan untuk burung yang berkicauan di pohon memuji kebesaran-Mu untuk bunga yang merekah dan untuk embun yang bersinar di atasnya untuk matahari yang cerah udara yang sejuk untuk semua karunia-Mu terlalu indah bagi umat-Mu Terima kasih Tuhan untuk kehidupan ini | Jangankan biarkan limbah mengalir ke sungaiku yang jernih ke pantaiku yang hening ke lautku yang riang di sana ada dermaga dan angin tempat nelayan menggenggam cita-cita tempat camar sebelum pulang jangan biarkan limbah merusak semuanya |
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut yaitu ….
Puisi 1 | Puisi 2 | |
A | Mari, kita tingkatkan kepedulian! | Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME |
B | Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME | Harapan menjaga kelestarian lingkungan |
C | Harapan menjaga kelestarian alam | Mari, kita tingkatkan kepedulian kepada sesama! |
D | Jangan menyia-nyiakan kesempatan! | Isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat! |
Kunci : B
Pembahasan :
Data pendukung: dicantumkannya alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah merusak semuanya.
13. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik kisah pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat:
· menentukan latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut.
Soal :
(1)“Aku tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu saya lumpuh.”
(2)“Mana mungkin saya begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi menyerupai itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan saya akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(3)“Sudahlah,” Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
(4)Airin mendorong bangku Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan badan emasnya ke bahari yang tampak kecoklatan lantaran langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar menyerupai rambut Dayu.
Latar pada kutipan cerpen tersebut yaitu ….
A. di tengah laut
B. di pantai
C. di rumah Dayu
D. di jalan
Kunci : B
Pembahasan :
Latar dalam kisah tersebut yaitu di pantai. Hal ini didukung oleh potongan (4) kisah tersebut, yaitu … berjalan di atas pasir putih ... Matahari hampir mencelupkan badan emasnya ke bahari …
14. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik kisah pendek/cerita anak
Indikator Soal : bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
Soal :
Bukti tokoh Airin penyayang terdapat pada potongan ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Kunci : B
Pembahasan :
Bukti bahwa Airin mempunyai tabiat penyayang yaitu pada pernyataan “Mana mungkin saya begitu...!” … “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan saya akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
15. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik kisah pendek/cerita anak
Indikator Soal : Cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh dalam cerpen tersebut
Soal :
Pengarang menggambarkan tabiat tokoh dengan cara ….
A. Percakapan tokoh lain
B. Ucapan tokoh itu sendiri
C. Langsung oleh pengarang
D. Reaksi tokoh terhadap masalah
Kunci : B
Pembahasan :
Penggambaran tabiat tokoh diberikan melalui ucapan pribadi dan sikap tokoh. (Seperti yang ditunjukkan pada potongan (2) dalam kisah tersebut).
16. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik kisah pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan kisah anak, siswa sanggup memilih amanat kutipan kisah tersebut.
Soal :
Cermatilah kutipan kisah anak berikut!
“Apa?! Pengemis? Tak ada sedekah yang kuberikan .... Usir dia! ” teriak Nyi Endit. Tapi ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan itu. “Nyi Endit, kau memang benar-benar insan kejam!” kata pengemis bau tanah itu. “Mau apa kau pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit membentak.
Namun pengemis itu tetap membisu tak beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memperlihatkan sedekah pada insan bangkrut macam aku? Hm ... sungguh terkutuk hidupmu Nyi Endit! Kau tega berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat lantaran darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat!”
Amanat kisah tersebut yaitu …
A. Berusahalah untuk saling memahami keadaan orang lain.
B. Berikanlah sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
C. Janganlah menjadi orang yang hanya pintar meminta sesuatu.
D. Berbuat oke kepada orang lain meskipun orang itu menyakiti kita.
Kunci : B
Pembahasan :
Amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang memberikan pesan secara implisit melalui percakapan tokoh biar orang yang bisa mau memperlihatkan sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
17. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik kisah pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan kisah anak, siswa sanggup memilih konflik kutipan kisah tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan kisah berikut!
Tapi juga siang itu, Luki tidak datang.Cemas betul hati Budi dan Iwan. Semula Budi sudah siap hendak melontarkan caci makinya begitu Luki melompat masuk. Akan disikatnya habis-habisan sahabatnya itu lantaran melalaikan janjinya seenaknya.
Tapi sekarang, segala kata-kata itu lenyap musnah dari benaknya. Tidak tahu ia ke mana perginya. Tidak pula akan sanggup dikumpulkannya kembali. Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa ia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
Konflik dalam kutipan kisah tersebut yaitu …
A. Sampai siang Luki belum juga datang.
B. Budi melontarkan caci maki kepada Luki.
C. Luki tidak menepati janjinya kepada Budi.
D. Saat tokoh mulai mencemaskan sahabatnya.
Kunci : D
Pembahasan :
Konflik dalam sebuah kisah merupakan potongan yang memperlihatkan adanya kontradiksi dalam kisah tersebut. Biasanya konflik terjadi lantaran adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh lain. Awalnya tokoh Budi dan Iwan kesal dengan Luki yang ingkar janji, tetapi setelah berpikir usang karenanya tokoh mencemaskan keadaan Luki. Hal ini bahkan menjadi konflik dalam diri Budi dan Iwan.
Kata yang dirujuk: Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa ia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
18. Indikator SKL : Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa sanggup memilih perbedaan karakteristik novel tersebut.
Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel 1 | Novel 2 |
Perkakas rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah ke rumah gadai. Apabila Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang, terasalah olehnya kemiskinan yang dideritanya itu. Ia pun menyesal dan menyalahkan Si Inem seorang wanita yang pembantah. | Pangeran Purbaya bersama dua istri dan seorang anaknya telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya. Dengan sangat sedih citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani kecil. Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi cahaya yang samar-samar. |
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah….
Pilihan | Novel 1 | Novel 2 |
A | Latar tempat tidak jelas | Latar tempat jelas |
B | Penggambaran tabiat tokoh pribadi digambarkan oleh pengarangnya | Penggambaran tabiat tokoh menurut pembicaraan tokoh lain |
C | Menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama | Menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat |
D | Terdapat tiga tokoh utama | Terdapat empat tokoh utama |
Kunci : A
Pembahasan :
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas
19. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama, siswa dapat:
-menentukan suasana kutipan drama tersebut.
Soal :
Ibu : Maaf, saya menggangu. Apa ada yang melihat Samsudin?
Hani : Samsudin?
Ibu : Anak saya.
Hani : Oh, si Sam. Ada apa?
Ibu : Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan kini sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.
Hani : Apa tadi habis dimarahi?
Didi : Tadi ia bermain di lapangan, Bu!
Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut yaitu ….
A. mencemaskan
B. menyedihkan
C. mencekam
D. menakutkan
Kunci : A
Pembahasan :
Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari tokoh Ibu yang mencemaskan anaknya yang belum pulang, padahal hari sudah malam.
20. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal : - memilih latar (waktu, tempat) drama tersebut
Soal :
Latar waktu dalam drama tersebut yaitu ….
A. pagi
B. siang
C. sore
D. malam
Kunci : D
Pembahasan :
Latar waktu tersirat dalam kalimat Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan kini sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga. Ini mengindikasikan waktu malam hari.
21. Indikator SKL : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan gambaran pengalaman pribadi, siswa sanggup memilih kalimat dalam buku harian sesuai gambaran tersebut
Soal :
Perhatikan gambaran berikut!
Pada hari ini 17 Agustus 2012, Dea berbahagia lantaran mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur. Ia menang lomba baca puisi sebagai juara I tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Jakarta.
Kalimat catatan harian yang sempurna sesuai gambaran tersebut yaitu …
A. Aduh betapa malunya saya mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur. Aku juara I lomba baca puisi antarsiswa.
B. Aku mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur lantaran memenangkan lomba baca puisi se-Jakarta. Aku sangat senang mendapatkan ini semua.
C. Aku memenangkan lomba baca puisi sebagai juara I tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Jakarta. Aku mendapatkan hadiah dan piala.
D. Tanggal 17 Agustus 2012, saya mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur lantaran memenangkan lomba baca puisi. Aku juara I tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Jakarta. Betapa bahagianya aku.
Kunci : D
Pembahasan :
Pelaku: Dea: peristiwa: Dea mengikuti lomba baca puisi, menjadi juara I, ia mendapat hadiah dan piala dari gubernur.
Bahasa ekspresi: menggunakan kata ganti aku dan sesuai data tersebut.
22. Indikator SKL : Menulis isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan gambaran kegiatan sekolah, siswa sanggup memilih isi pesan singkat sesuai gambaran tersebut
Soal :
Perhatikan gambaran berikut!
Kepala sekolah memperlihatkan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan singkat yang sempurna menurut gambaran tersebut yaitu …
A. Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
B. Wali kelas harap menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
C. Kepala sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci bulan pahala dengan mengadakan bakti sosial.
D. Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.
Kunci : B
Pembahasan :
Pesan singkat paling sesuai dengan gambaran yang diberikan terdapat pada pilihan (B).
23. Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan 5 – 6 kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa sanggup menyusunnya menjadi paragraf laporan yang padu.
Soal :
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam.
(2) Pulau-pulau itu menyerupai Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3) Teluk Dalam yaitu ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4) Pelabuhan ini menghubungkan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
(5) Untuk menuju ke sana, bisa naik kendaraan beroda empat dari Gunungsitoli.
(6) Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A. (3),(5),(1),(6),(4),(2)
B. (3),(6),(4),(5),(2),(1)
C. (1),(5),(6),(4),(2),(3)
D. (1),(6),(4),(2),(3),(5)
Kunci : A
Pembahasan :
(7) Kata yang dirujuk sebagai penanda keterpaduan antarkalimat (3) Teluk Dalam yaitu …; (5) Untuk menuju ke sana …; (1) Perjalanan akan memakan …; (6) … mempunyai pelabuhan kecil; (4) Pelabuhan ini ….; (2) Pulau-pulau itu menyerupai Pulau Asu dan Pulau Batu.
24. Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan gambaran kegiatan di sekolah, siswa sanggup menulis pengumuman yang tepat.
Soal :
Perhatikan gambaran kegiatan berikut!
SMP Pinang Ranti akan mengadakan peringatan Hari Ibu, 22 Desember 2010. Peringatan tersebut akan diisi dengan upacara dilanjutkan aneka macam lomba. Sebagai ketua panitia yaitu Ibu Dra. Dinda S.S. Agar informasi ini hingga kepada seluruh warga sekolah, ketua panitia menciptakan pengumuman untuk dipasang di tempat papan pengumuman.
Pengumuman yang sempurna sesuai gambaran tersebut yaitu ....
A. Diumumkan kepada para siswa, guru, dan karyawan bahwa pada tanggal 22 Desember 2010 diadakan peringatan Hari Ibu.
Oleh lantaran itu, kita harus mengadakan upacara dan aneka macam lomba.
Tolong, semua panitia untuk menyiapkan segala sesuatunya. Terima kasih.
B. Dalam rangka peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2010, Sekolah Menengah Pertama Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan aneka macam lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada warga sekolah untuk menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian semuanya, kami sampaikan terima kasih.
C. Dalam rangka peringatan Hari Ibu, Sekolah Menengah Pertama Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan aneka macam lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mohon kepada seluruh panitia untuk berpartisipasi demi kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.
D. Dengan ini kami umumkan bahwa dalam rangka peringatan Hari Ibu, Sekolah Menengah Pertama Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan aneka macam lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada seluruhnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.
Kunci : B
Pembahasan :
Pengumuman harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling sempurna terdapat pada pilihan (B).
25. Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan buku, siswa sanggup menulis paragraf resensi yang tepat.
Soal :
Perhatikan data buku berikut!
Judul : Budidaya Ikan Nila
Penulis: Sahar Erizal
Penerbit: PT Swadaya
Keunggulan:
- Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
- Berdasarkan pengalaman pribadi
- Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan:
- Ilustrasi gambarnya kurang
Paragraf resensi yang sempurna menurut data buku tersebut yaitu …
A. Tujuan penulis buku ini ingin menciptakan pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi lantaran buku ini juga dilengkapi gambaran gambar. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini lantaran dukungan gambar dengan gambaran jelas.
B. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi dengan gambaran gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laku di pasaran lantaran banyak yang memerlukan.
C. Buku yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis menurut pengalaman pribadi. Meskipun gambaran gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas. Oleh lantaran itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.
D. Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi gambaran gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh lantaran itu, buku ini layak dibaca.
Kunci : C
Pembahasan :
Keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi. Kelemahan dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan. Meskipun gambaran gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas.
26. Indikator SKL : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat pribadi yang potongan pembuka, isi, atau penutupnya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya dengan tepat
Soal :
Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Kak Desis yang kurindukan,
[ ....]
Kak Desis, saya ingin memberikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Sudah empat bulan Kakak tidak pulang kampung. Aku tahu kalau Kakak dikala ini sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika tidak ada kesibukan lagi, orang bau tanah kita mengharapkan Kakak bisa tiba ke Bandung. Ibu sangat kangen pada Kakak, begitu juga saya dan adik.
Cukup sekian surat dariku, jawaban surat dari Kakak sangat saya nantikan.
Nuning
Kalimat pembuka surat yang sempurna adalah ...
A. Dengan datangnya surat ini, saya memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga di rumah kangen sama Kakak. Kapan Kakak pulang kampung?
B. Halo Kak Desis, apa kabar? Mengapa Kak Desis jarang pulang kampung? Apa Kakak masih punya kesibukan? Bagaimana kabar Kakak di Jakarta?
C. Melalui surat ini, saya berharap keadaan Kakak di Jakarta sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa pulang ke Bandung. Kabar Kakak saya tunggu.
D. Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.
Kunci : D
Pembahasan :
Kalimat kedua setelah pembuka sanggup menjadi tumpuan untuk kalimat pembuka, yakni Kak Desis, saya ingin memberikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.
27. Indikator SKL : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat dinas yang potongan penutupnya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya
Soal :
Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Setia Hati
di Brebes
Dengan hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, kami mengharap kehadiran Saudara pada
hari,tanggal : Selasa , 17 Juli 2012
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Bakti Sosial
[... ]
Bagian epilog surat tersebut yang sempurna yaitu …
A. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan semoga sanggup dikabulkan.
B. Besar cita-cita kami, permohonan ini ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.
C. Mengingat pentingnya jadwal tersebut, harap hadir sempurna waktu.
D. Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan.
Kunci : C
Pembahasan :
Penutup surat diubahsuaikan dengan pernyataan sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.
28. Indikator SKL : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan surat pembaca yang dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya.
Soal :
Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak usang menumpuk kembali.
[…]
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah…
A. Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada jalinan kolaborasi yang jelas.
B. Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu. Terima kasih.
C. Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
D. Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait biar peduli pada keluhan kami. Terima kasih.
Kunci : C
Pembahasan : Melengkapi kalimat rumpang pada surat pembaca diubahsuaikan pada kalimat sebelum.
29. Indikator SKL : Menulis rangkuman
Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat memilih rangkuman bacaan tersebut.
Soal :
Pemerintah perlu melaksanakan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN dihentikan monopoli penyediaan listrik. Seruan itu tiba dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul dengan krisis listrik.
Pihak swasta yang hendak mempunyai pembangkit listrik sendiri hendaknya diberikan fasilitas perizinan. Jika hal itu dilakukan maka krisis listrik yang merugikan konsumen sanggup teratasi.
Rangkuman bacaan tersebut yang sempurna yaitu …
A. Krisis listrik sangat merugikan para pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
B. Pemerintah perlu mereformasi PLN dan memberi pihak swasta fasilitas perizinan.
C. Pemerintah hendaknya mempermudah perizinan supaya kerugian konsumen sanggup teratasi.
D. Pengusaha menyerukan biar pemerintah melaksanakan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.
Kunci : B
Pembahasan :
Rangkuman sanggup dilakukan dengan menggabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf yang ada pada bacaan tersebut.
Gagasan utama paragraf pertama: perlunya reformasi di PLN.
Gagasan utama paragraf kedua: pemberian fasilitas perizinan pihak swasta
30. Indikator SKL : Menulis teks informasi sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan sebuah gambaran kejadian tertentu, siswa sanggup menentukan teks berita yang tepat.
Soal :
Perhatikan gambaran kejadian berikut!
Hari Senin, 19 Maret 2012 di jalan poros Makassar – Jeneponto di Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai puting beliung. Tiang listrik ambruk disertai keluar bunga api. Diiperkirakan puting beliung ini hingga bulan April.
Teks berita yang sesuai dengan gambaran tersebut yaitu …
A. Hujan deras disertai topan menimbulkan tiang listrik ambruk di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada hari Senin yang lalu. Puting beliung akan melanda kembali di wilayah Sulawesi Selatan pada April mendatang.
B. Puting beliung terjadi di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3) dan menimbulkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api. Peristiwa ini diperkirakan masih akan melanda seluruh wilayah Sulawesi hingga April mendatang.
C. Di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai angin kencang. Peristiwa ini menimbulkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api hingga April mendatang.
D. Hujan deras disertai topan menimbulkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3). Puting beliung diperkirakan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan hingga April mendatang.
Kunci : D
Pembahasan :
Tubuh informasi disusun dengan bahasa singkat, jelas, dan padat. Informasi yang sesuai fakta dalam ilustrasi, yaitu hujan deras disertai puting beliung.
31. Indikator SKL : Menulis slogan sesuai konteks
Indikator Soal : Dilustrasi kegiatan sekolah, siswa sanggup memilih slogan yang sesuai gambaran tersebut
Soal :
Bacalah gambaran berikut!
OSIS Sekolah Menengah Pertama Tunas Bangsa memperingati Hari Bumi dengan cara yang berbeda. Pada tanggal 22 April 2011 setiap siswa wajib menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Tujuan menanam tersebut biar lingkungan sekolah nyaman dan bebas polusi udara.
Slogan yang sesuai dengan gambaran tersebut yaitu …
A. Hari ini menanam besok merawat.
B. Sepotong tumbuhan untuk masa depan.
C. Tanam pohon kini segar udara kemudian.
D. Segera rawat pohon lingkungan akan nyaman.
Kunci : C
Pembahasan :
Isi sesuai dengan ilustrasi. Tujuannya meningkatkan kepedulian terhadap sesama, bahasa berciri slogan.
32. Indikator SKL : Menulis iklan sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi, siswa sanggup memilih penulisan iklan baris yang sesuai gambaran tersebut.
Soal :
Perhatikan gambaran berikut!
Mobil akan dijual dengan spesifikasi sebagai berikut.
· Mobil BMW 318 tahun 2011
· Warna kendaraan beroda empat hitam
· Dari tangan pertama
· Aksesorisnya lengkap
· Harga boleh ditawar
· Yang berminat hubungi nomor 012-8883508
Kalimat iklan baris yang sesuai dengan gambaran tersebut yaitu ...
A. BU. Mbl BMW 318’ 11. htm mls. tgn I. full aks. nego. hub 012-8883508.
B. Mobil dijual. BMW 318 ’11. hitam mulus. full aks. nego. hubungi 012-8883508.
C. BU. Akan dijual kendaraan beroda empat BMW 318 ’11. hitam mulus. tgn I. hub 012-8883508.
D. BMW 318 ’11 dijual lantaran butuh uang. full aks. nego. hubungi 012-8883508.
Kunci : A
Pembahasan : Data sesuai ilustrasi, berciri iklan baris.
33. Indikator SKL : Menyusun petunjuk melaksanakan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melaksanakan sesuatu yang disusun secara acak, siswa sanggup memilih susunan yang tepat.
Soal :
Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Petunjuk menanam pohon pisang
(1) Lubang diamkan selama 2 hari.
(2) Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.
(3) Timbunlah pohon pisang dengan tanah kemudian disiram.
(4) Setelah itu masukkan bibit pohon pisang ke dalam lubang.
(5) Lubang yang sudah siap, isilah dengan pupuk kompos.
Susunan petunjuk yang sempurna menurut kalimat-kalimat tersebut adalah…
A. (2), (4), (5), (1), (3)
B. (2), (5), (1), (4), (3)
C. (5), (1), (4), (3), (2)
D. (5), (3), (4), (1), (2)
Kunci : B
Pembahasan :
Petunjuk disusun secara runtut dengan menganut kelogisan berpikir yang antara lain ditandai dengan penanda kohesi. Kata kunci: Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.
34. Indikator SKL : Menyusun petunjuk melaksanakan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan petunjuk melaksanakan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk menciptakan tape singkong
(1) Kupaslah singkong kemudian dicuci.
(2) […]
(3) Cuci kembali kemudian tiriskan.
(4) Rebuslah singkong hingga setengah matang.
(5) Rebusan singkong taburi dengan ragi sebagai materi fermentasi.
(6) […]
(7) Tape singkong siap untuk dinikmati.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi petunjuk tersebut yaitu …
A. (2) Potong singkong dengan ukuran kecil.
(6) Bungkus dengan plastik atau daun dalam suhu 200C.
B. (2) Keriklah singkong yang sudah dicuci untuk menghilangkan lendirnya.
(6) Tutup rebusan singkong hingga rapat dan diamkan selama 48 jam.
C. (2) Jemur singkong hingga kering.
(6) Ratakan ragi yang ada pada singkong hingga ke dalam-dalamnya.
D. (2) Potong singkong dengan ukuran kecil.
(6) Tutup rebusan singkong hingga rapat dan diamkan selama 48 jam.
Kunci : B
Pembahasan :
Melengkapi petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan setelah kalimat petunjuk yang dirumpangkan atau dikosongkan. Cari kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan setelah dirumpangkan.
35. Indikator SKL : Menulis teks pidato
Indikator Soal : Disajikan teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak tepat, Siswa sanggup memperbaikinya.
Soal :
Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Anak-anakku semua yang berbahagia,
Anda-anda sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
Perbaikan kata sapaan yang sempurna pada kutipan naskah pidato tersebut yaitu …
A. Anak semua yang berbahagia,
Anda-anda sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
B. Anak-anakku yang berbahagia,
Kalian sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
C. Semua yang berbahagia,
Anak-anak sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
D. Anak yang berbahagia,
Kalian sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
Kunci : B
Pembahasan :
Kata sapaan anak-anak sudah memperlihatkan jamak, maka tidak perlu lagi diikuti kata semua. Kata Anda kurang sempurna penggunaannya.
36. Indikator SKL : Menulis teks pidato
Indikator Soal : Disajikan sebuah gambaran suatu kegiatan, siswa sanggup menentukan paragraf potongan pembuka, isi, atau epilog teks pidato yang tepat.
Soal :
Bacalah gambaran berikut!
SMP Harapan melaksanakan peresmian Ketua OSIS yang gres terpilih. Erwan sebagai Ketua OSIS Sekolah Menengah Pertama Harapan yang gres terpilih memperlihatkan pidato sambutan.
Bagian pembuka pidato yang sempurna menurut llustrasi tersebut yaitu …
A. Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME lantaran kita masih dilimpahi kesehatan sehingga kita sanggup melaksanakan jadwal peresmian Ketua OSIS Sekolah Menengah Pertama Harapan.
B. Saya berharap dalam kepemimpinan saya ke depan, saya tetap mohon dukungan dari semua pihak. Dengan demikian, akan tercipta situasi yang aman dan semua jadwal yang telah direncanakan sanggup terlaksana.
C. Demikian sambutan saya pada awal saya terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru. Saya memberikan ribuan kata maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman.
D. Bapak dan Ibu yang kami hormati, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan lantaran kita dipertemukan dalam situasi yang berbahagia ini. Tujuan kami tiba yaitu ingin memberikan bingkisan.
Kunci : A
Pembahasan :
Pembuka pidato berisi ucapan puji syukur yang sesuai ilustrasi, yaitu tentang pelantikan Ketua OSIS. Jawaban yang sempurna A.
37. Indikator SKL : Menulis rumusan duduk masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah /daftar pustaka
Indikator Soal : Disajikan tema karya ilmiah, siswa sanggup memilih rumusan duduk masalah karya ilmiah yang sempurna menurut tema.
Soal :
Tema karya ilmiah:
Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah.
Rumusan duduk masalah karya ilmiah yang sempurna menurut tema tersebut yaitu …
A. Kapan cahaya matahari kuat terhadap pertumbuhan tanaman?
B. Bagaimana efek cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah?
C. Adakah tumbuhan yang dalam pertumbuhannya tidak memerlukan cahaya matahari?
D. Mengapa cahaya matahari sangat kuat terhadap pertumbuhan tanaman?
Kunci : B
Pembahasan : Rumusan duduk masalah berisi pertanyaan. Rumusan duduk masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah serta dikemukakan secara ilmiah. Rumusan duduk masalah dihentikan keluar dari topik yang diteliti atau dibahas. Rumusan duduk masalah menggunakan kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban panjang dan mendetail (bagaimana, mengapa, apakah, ...)
38. Indikator SKL : Menulis rumusan duduk masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka
Indikator Soal : Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa sanggup memilih saran Berdasarkan simpulan karya ilmiah.
Soal :
Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah menjadikan siswa menyayangi lingkungan sekolahnya. Dengan demikian prestasi berguru sanggup ditingkatkan. Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak pribadi berkontribusi bagi peningkatan gairah berguru siswa.
Saran yang sempurna menurut simpulan karya ilmiah tersebut yaitu …
A. Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah harus terus dipertahankan.
B. Lingkungan sekolah tidak perlu dipelihara oleh siswa serta seluruh warga sekolah.
C. Sudah seharusnya siswa menjaga lingkungan sekolah. Kalau bukan siswa siapa lagi?
D. Lingkungan sekolah yang nyaman sanggup menjaga siswa berbuat yang tidak diinginkan.
Kunci : A
Pembahasan : Saran dalam karya tulis yaitu pendapat atau usulan yang disampaikan, merujuk pada hasil penelitian. Kata kunci: ... Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak pribadi berkontribusi bagi peningkatan gairah berguru siswa.
39. Indikator SKL : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat.
Soal :
Cermatilah kalimat berikut!
Kepada para siswa siswi yang akan mengikuti lomba futsal mohon berkumpul di lapangan.
Kalimat tersebut akan efektif bila dihilangkan kata ….
A. siswa siswi
B. kepada dan para
C. kepada dan yang
D. para dan yang
Kunci : B
Pembahasan :
Penggunaan kata kepada dan para tidaklah tepat. Kata para menyatakan jamak. Kedua kata ini seharusnya dihilangkan dari konteks paragraf tersebut.
40. Indikator SKL : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan beberapa penggunaan aksara kapital salah dalam kalimat, siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat.
Soal :
Perhatikan kalimat berikut!
Mantan atlet badminton yang kini menjadi ketua harian klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan bintang jasa utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Perbaikan penulisan aksara kapital pada kalimat tersebut yang sempurna yaitu ...
A. Mantan atlet badminton yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
B. Mantan atlet badminton yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang Jasa Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
C. Mantan atlet badminton yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
D. Mantan atlet badminton yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang Jasa Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Kunci : C
Pembahasan :
Sesuai kaidah EYD, aksara kapital digunakan untuk nama jabatan dalam organisasi yang yang diikuti nama orang dan nama penghargaan.
41. Indikator SKL : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan beberapa penggunaan tanda baca salah dalam paragraf, siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat
Soal :
Perhatikan paragraf berikut!
Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk aneka macam jenis, seperti: tahu, tempe, susu dan lain-lain. Makanan dari materi dasar kedelai banyak disukai orang, lantaran tidak mengandung kolesterol.
Perbaikan penulisan tanda baca yang sempurna terdapat dalam paragraf ...
A. Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk aneka macam jenis seperti: tahu, tempe, susu, dan lain-lain. Makanan dari materi dasar kedelai banyak disukai orang lantaran tidak mengandung kolesterol.
B. Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk aneka macam jenis, menyerupai tahu, tempe, susu dan lain-lain. Makanan dari materi dasar kedelai banyak disukai orang, lantaran tidak mengandung kolesterol.
C. Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk aneka macam jenis, menyerupai tahu, tempe, susu, dan lain-lain. Makanan dari materi dasar kedelai banyak disukai orang, lantaran tidak mengandung kolesterol.
D. Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk aneka macam jenis, menyerupai tahu, tempe, susu, dan lain-lain. Makanan dari materi dasar kedelai banyak disukai orang lantaran tidak mengandung kolesterol.
Kunci : D
Pembahasan :
Sesuai dengan kaidah EYD. Penggunaan tanda baca (.) dan penggunaaan tanda baca (,).
42. Indikator SKL : Melengkapi pantun
Indikator Soal : Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya dengan tepat
Soal :
Perhatikan kutipan pantun berikut!
Memakai cincin dari batu
Semangka di sawah dibelah dua
[…](1)
[…](2)
Larik yang sempurna untuk melengkapi pantun tersebut yaitu ….
A. (1) Hidup ini harus saling membantu
(8) Supaya hidup lebih bermutu
B. (1) Datang ke ladang membawa pedang
(2) Melihat rusa belang di dada
C. (1) Jika tak pintar menggunakan waktu
(2) Maka sia-sialah hidupnya
D. (1) Tiga ditambah empat tujuh
(2) Tujuh bilangan ganjil
Kunci : C
Pembahasan :
Sesuai syarat pantun dan data pada ilustrasi. Syarat pantun bersajak abab; baris pertama dan kedua sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.
43. Indikator SKL : Melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat
Soal :
Perhatikan kutipan puisi berikut!
Ibu,
Dengan apa kubalas […](1)
Dengan uang beribu-ribu
Ah,
Itu sesuatu yang tabu
Apakah saya harus […](2)
Di atas pangkuanmu
Ya, ini mungkin lebih seru
Kata yang sempurna untuk melengkapi kutipan puisi tersebut yaitu …
A. (1) semua
(9) menuntut
B. (1) kasihmu
(2) berdoa
C. (1) jasamu
(2) bersimpuh
D. (1) air matamu
(2) restu
Kunci : C
Pembahasan : Diksi (pilihan kata) membulatkan makna puisi. Sesuai data pada kutipan puisi, pilihan jawaban yang sempurna C.
44. Indikator SKL : Melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapi puisi dengan larik bermajas.
Soal :
Bacalah puisi berikut!
Buku.
Katanya kau gudangnya ilmu
Aku tak tahu
[…]
Dengan wajah berbalut debu
Kau sendiri gudang dalam gudang
Larik bermajas yang sempurna untuk melengkapi puisi tersebut yaitu …
A. Di lemari bertumpuk-tumpuk
B. Ilmu apa yang tersembunyi
C. Kau termenung di sudut lemariku
D. Buku mana yang akan kubaca
Kunci : C
Pembahasan :
Kita sanggup melengkapi puisi rumpang dengan memperhatikan larik sebelum dan setelah potongan yang dirumpangkan. Kau termenung di sudut lemariku sesuai dengan larik di atasnya dan larik bawahnya Dengan wajah berbalut debu.
45. Indikator SKL : Melengkapi naskah drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat, siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat.
Soal :
Cermatilah kutipan naskah drama berikut!
Putri : Kenapa harus pink, sih? (sedih menahan isak) (1)
Vince : Mungkin lantaran cerah, Put?
Harap : Menurut gue sih dipilih pink lantaran warna merah dan biru sudah diambil Superman!
Putri : Dan hitam sudah digunakan sama Batman, gitu kan? (sambil mencubit Harap, kakak keduanya itu)
Perbaikan petunjuk lakuan yang sempurna untuk Putri pada obrolan (1) yaitu ….
A. (tertawa)
B. (melamun)
C. (tersenyum)
D. (penasaran)
Kunci : D
Pembahasan : Petunjuk lakuan diubahsuaikan dengan isi kalimat obrolan pelaku.
46. Indikator SKL : Melengkapi naskah drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Suasana pos ronda masih sepi. Lampu 15 watt yang berada di tengahnya sudah menyala semenjak pukul 18.00. Sisa hujan yang gres beberapa dikala berhenti masih menetes di daun pisang. Suaranya mendominasi keadaan.
Madi : (Datang menjinjing kentongan dan senter) Tumben amat gini hari masih sepi.
Wahab : […] Di, kau sudah datang?
Madi : udah, Mas. Sepi sekali, ya?
Wahab : Maklum habis hujan.
Madi : iya, hujan hari ini benar-benar seharian.
Petunjuk lakuan yang sempurna untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut yaitu ….
A. Keluar dari rumahnya
B. Keluar dari dalam pos ronda
C. Muncul dari balik pagar bambu
D. Sambil pergi meninggalkan pos
Kunci : C
Pembahasan :
Dalam konteks drama tersebut, digambarkan Wahab baru hingga di pos ronda. Petunjuk lakuan yang paling sempurna yaitu muncul dari balik pagar bambu.
47. Indikator SKL : Melengkapi naskah drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa
dapat melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Satilawati : Tidak ada alasannya yang lain?
Ishak : (malu-malu) Tentu ada. Engkau cantik.
Satilawati : [...](1)
Ishak : Itu yang akan kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati : Bahaya apa?
Ishak : Aku mungkin dipandang pengkhianat oleh rakyat.
Satilawati : Karena apa/
Ishak : [...](2)
Satilawati : Romanmu itu, maksudmu?
Ishak : Ya, Hari Ketiga Nippon di Indonesia.
Satilawati : Mengapa? Sudah diterbitkan, bukan?
Ishak : Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk menerbitkan buku ini. Rugi semata.
Dialog yang sempurna untuk melengkapi naskah drama tersebut yaitu ...
A. (1) Akan ke mana engkau pergi?
(10) Karena saya mengarang.
B. (1) Tetapi mengapa?
(2) Karena wajahku.
C. (1) Tapi mengapa engkau pergi?
(2) Karena karanganku.
D. (1) Engkau akan ke mana?
(2) Aku mengarang.
Kunci : C
Pembahasan :
Melengkapi obrolan dalam naskah drama harus memperhatikan obrolan sebelum dan sesudahnya. Hal ini dimaksudkan biar obrolan yang dimasukkan pada potongan yang rumpang menjadi padu.
No comments:
Post a Comment