Ingat untuk niatkan diri berguru selain untuk mendapat nilai supaya kita jadi guru yang cendekia dan kompeten. Share blog ini ke teman-teman lain ya di grup untuk menambah kebermanfaatan dan menjalin silaturahim kedepannya.
Kunci sumatif modul 5 |
1. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lengkap sesuai Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah
Identitas, mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran sumber belajar, evaluasi hasil berguru dan bobot evaluasi hasil belajar
2. Kurikulum 2013 memberi pementingan pada pendekatan student center learning. Definisi media berikut yag sesuai untuk mengimplemetasikan adalah
Segala sesuatu yang sanggup menyalurkan pesan dari komunikator ke komunikan, sehingga bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
3. Modul merupakan materi bimbing yang khas mempunyai struktur
Sistematis dan utuh
4. Karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang relevan dengan implementasi kurikulum 2013 adalah
Pengembangan ketiga ranah secara utuh dan pendekatan student centered learning
5. "Dengan rumus aturan Pascal siswa bisa menghitung tekanan (P)", merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan
Menerapkan
6. Pada sintak model Problem Based Learning (PBL) langkah membuatkan dan menyajikan hasil karya meurpakan langkah atau tahap ke
Keempat
7. Peserta didik sanggup berguru lebih baik pada saat: kata-kata gambar dan video yang relevan disajikan secara simultan (bebarengan). Desain tampilan multimedia tersebut merupakan penerapan prinsip
Prinsip kesinambungan waktu
8. Ibu Novi, guru mata pelajaran kimia akan memeragakan proses kimia Sel Volta. Menurut saudara, metode pembelajaran paling cocok dipilih adalah
Metode demonstrasi
9. Brown dkk, menyatakan bahwa dalam menentukan media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut
Tujuan Pembelajaran
10. Dalam pembelajaran keterampilan tipe prosedur, media pembelajaran berikut yang mempunyai relevan tinggi diimplementasikan adalah
Program video instruksional
11. Salah satu tahap (syntak) dalam model pembelajaran Simulasi (JoyceWeil dan Calhoun 2009) yaitu Latihan Partisipasi. Kegiatan yang termasuk dalam tahap Latihan Partisipasi tersebut adalah
Membuat skenario dan tujuan
12. Langkah-langkah (sintaks) model scientific yang baku meliputi
mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar dan mengomunikasikan
13. Dalam pembelajaran yang berbasis Student Center Learning, berikut ini yang termasuk empat jenis sumber berguru adalah
Guru, media wallchart, buku, lingkungan belajar
14. Dengan disediakan penggaris bujur sangkar, siswa kelas V SD membagi sudut 60 derajat menjadi empat sudut yang sama. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut kurang komponen
Degree
15. Strategi pembelajaran "Tutorial" di unit pendidikan tingkat menengah memerlukan media yang mendukung. Menurut saudara media pembelajaran yang relevan adalah
Multimedia tutorial
16. Terdapat banyak model pembelajaran kooperatif lebih dari 50 tipe. Namun gres beberapa yang biasa diterapkan di satuan pendidikan formal. Model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan cocok untuk guru pemula adalah
STAD
17. Prinsip-prinsip pembelajaran yang merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah
Partisipasi aktif penerima didik dan berpusat pada penerima didik
18. Kemp dan Dayton (1985) menjelaskan ada tiga fungsi utama media pembelajaran yaitu
Memotivasi, menyajikan materi bimbing dan memperlihatkan isyarat pembelajaran
19. Guru sanggup membuat hand-out sebagai materi bimbing untuk para siswanya sebab materi bimbing hand-out mempunyai manfaat yang besar yaitu
Melengkapi kekurangan materi yang disampaikan
20. Implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan model pembelajaran yang layak dirujuk dalam RPP adalah
Problem Based Learning Model
21. Di kala informasi ini tugas materi bagi siswa juga luar biasa. Peran materi bimbing tersebut bagi para siswa antara lain adalah
Siswa menjadi lebih terarah dalam berguru siswa
22. Salah satu dampak instruksional pada model pembelajaran simulasi yaitu
kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
23. Bahan bimbing yang baik harus disusun secara sistematis. Bahan bimbing yang sistematis artinya materi bimbing tersebut dikembangkan
secara runut dan memuat komponen ajar
24. Peran multimedia pembelajaran berdasarkan Gayestik (1996) adalah
Sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang bisa menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kemblai informasi berupa teks grafik, suara, video atau animasi
25. Bahan bimbing yang berkualitas harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat, mutakhir dengan komponen yang komperhensif artinya materi bimbing telah memenuhi kriteria
Konten
26. Pengalaman berguru eksklusif (learning by doing) merupakan proses berguru empirik yang akan siswa ingat secara kuat. Bapak Agus menentukan metode pembelajaran yang relevan yaitu
Metode eksperimen
27. Bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang dipakai oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dikenal sebagai
Bahan ajar
28. Sebagai satu kesatuan kemampuan yang utuh, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk
Satu kompetensi dasar
29. Pendekatan saintifik merupakan penggalan dari pendekatan pedagogis dalam aktivitas pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah. Pembelajaran secara umum dilaksanakan melalui aktivitas pendahuluan inti dan penutup. Pada pendekatan saintifik aktivitas pendahuluan diarahkan untuk
Memantapkan pemahaman penerima didik wacana tujuan dan pentingnya materi yang akan disampaikan
30. Ragam bahasa yang dipakai dalam materi bimbing yang efektif adalah
Ragam komunikatif atau semi-formal
Lanjut>>>>Formatif 6 KB1
Sumber http://www.gurugeografi.id
No comments:
Post a Comment