A. Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah : Desain Pembelajaran Matematika SD 1
Kode Mata Kuliah : MUTPGSD 5330
Rumpun Mata Kuliah : Keahlian
Bobot SKS : 3
Semester : V
Mata Kuliah Syarat : Konsep Dasar Matematika
B. Capaian Pembelajaran (CP) :
Sikap
S 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bisa mengatakan perilaku religius;
S 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban menurut Pancasila;
Keterampilan
KK1 : Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab.
KK2 : Mampu menerapkan konsep wacana karakteristik perkembangan penerima didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
KK3 : Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
Kk4 : Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, materi ajar, media dan sumber mencar ilmu yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
KK5 : Mampu merancang dan melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.
Penguasaan Pengetahuan
PP3: Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK.
PP 4: Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, materi ajar, media dan sumber mencar ilmu yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
.
1. Mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar dan teori pendidikan matematika di SD
2. Memahami prinsip, konsep, dan teori pendidikan matematika secara ilmiah
3. Mampu melaksanakan penelitian dalam pembelajaran matematika
4. Memahami prinsip, konsep bidang-bidang keilmuan yang menyangkut bidang matematika di sekolah dasar
5. Memahami banyak sekali komponen-komponen dalam bidang pendidikan terutama dalam hubungannya dengan pembelajaran matematika sekolah dasar.
6. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan hakikat, teori dan konsep kurikulum, metode dan taktik pengajaran, serta bisa menciptakan media dan melaksanakan assesment
7. Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut
8. Menjunjung tinggi etika dan bertanggung jawab atas kesejahteraan bangsa dan tanah air,
C. Deskripsi Mata Kuliah (M.K)
Mata kuliah Pembelajaran Matematika SD 1 ini memfasilitasi mahasiswa jadwal S1 PGSD untuk menguasai kemampuan menjelaskan materi dan menganalisis permasalahan dan miskonsepsi baik yang terjadi pada guru maupun penerima didik pada beberapa materi matematika, serta menuntaskan dilema yang berkaitan. Untuk menguasai kemampuan tersebut, mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam kelompok yang ditentukan dan mempresentasikannya dalam perkuliahan, mengerjakan kiprah yang diberikan, dan melaksanakan diskusi dengan rekan lain. Topik yang dibahas pada mata kuliah ini mencakup:
1. Hakikat anak didik dalam pembelajaran matematika di SD.
2. Teori-teori mencar ilmu matematika dalam pembelajaran matematika di SD.
3. Hierarki pembelajaran matematika di SD.
4. Hakikat matematika SD
5. Model-model pembelajaran matematika di SD.
6. Bilangan cacah, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
7. Bilangan bulat, bilangan prima, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
8. Bilangan romawi, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
9. FPB daan KPK, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
10. Pecahan biasa, desimal, persen dan perbandingan, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
11. Bangun datar, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
12. Bangun ruang, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
13. Pengukuran dan pengolahan data, kesalahan konsep yang sering di temukan, serta pembelajarannya di SD.
· LCD dan Infocus (Tersedia di Kelas)
· Alat peraga dan teladan rpp yang bersesuaian dengan materi presentasi
· Laptop
E. Metode dan Model Pembelajaran :
Metode : Presentasi kelompok dan Diskusi kelas
Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif dan aktive learning
F. Kegiatan Perkuliahan :
Setiap pertemuan akan dimulai dengan presentasi kelompok sesuai jadwal yang disepakati dan diskusi tentang materi yang dipresentasikan diakhiri dengan pemanis dan penguatan oleh dosen.
G. Pustaka:
- Bito, GS, Rahmawati, R,D. 2015. Matematika SD: Ringkasan Materi, Latihan Soal dan Pembahasan. Ende:Program Studi PGSD Uniflor.
- Sumber-Sumber dari Internet berupa file PDF dari e journal, e learning dll.
- Ringkasan Materi melalui gsbitorme.blogspot.com label Desain Pembelajaran Matematika I
No comments:
Post a Comment