Tuesday, December 26, 2017

√ Soal Latihan Dan Pembahasan Us Dan Un Smp Bahasa Indonesia Tahun 2017

Berikut Ini pola Soal Latihan Dan Pembahasan US dan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia Tahun 2017 2018 2019 2020 2021

1.     Indikator SKL   : Mengidentifikasi isi dan potongan suatu paragraf
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah paragraf, siswa sanggup memilih gagasan utama paragraf tersebut




Soal  :
Bacalah paragraf berikut!

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah niscaya populasi kedua binatang dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling di daerah suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.

Gagasan utama paragraf tersebut ialah ….
A.      tujuan survei satwa endemik Sulawesi
B.       survei satwa endemik Sulawesi
C.       metode survei satwa endemik
D.      tempat survei satwa endemik

Kunci              : B
Pembahasan  :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.

Kata kunci: Di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo.(menyurvei dua satwa Sulawesi). Kata yang merujuknya: Aktivitas itu .... (kalimat kedua);  Survei menggunakan …. (kalimat ketiga)

2.                     Indikator SKL : Menentukan persamaan isi isu
Indikator Soal    :  Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi isu tersebut

Soal  :
Bacalah kutipan berita berikut kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!


Teks isu I
Sekitar 7.000 hektar hutan mangrove hancur di daerah Laguna Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Kasus itu terjadi semenjak tahun 1984 sehingga menghancurkan banyak sekali biota maritim dan tempat pemijahan puluhan jenis ikan. Bahkan, kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
Teks isu II
Warga pendatang dari Ciamis, Jawa Barat, membabati mangrove. Bahkan mereka menggarap tanah timbul menjadi areal pertanian. Penebangan liar juga dilakukan guna memanfaatkan kayu mangrove sebagai material materi bangunan. Hal itu mengakibatkan hutan  mangrove semakin terancam kepunahan.
Kesamaan informasi teks isu tersebut ialah ….
A.      upaya evakuasi hutan mangrove
B.       pemanfaatan biota di hutan mangrove
C.       terancam punahnya hutan mangrove
D.      penanaman kembali hutan mangrove

Kunci              : C
Pembahasan  :
Informasi ialah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus memilih informasi pokok dari setiap teks isu tersebut.

Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
Teks II: Hal itu mengakibatkan hutan  mangrove semakin terancam kepunahan.

3.     Indikator SKL   : Menentukan perbedaan penyajian berita
Indikator Soal    : menentukan perbedaan penyajian isu tersebut

Soal  :
Perbedaan penyajian kedua kutipan isu tersebut ialah …
A.      Teks isu I diawali dengan apa, sedangkan isu II diawali dengan di mana
B.       Teks isu I diawali dengan apa, sedangkan isu II diawali dengan siapa
C.       Teks isu I diawali dengan kapan, sedangkan isu II diawali dengan siapa
D.      Teks isu I diawali dengan kapan, sedangkan isu II diawali dengan apa

Kunci              : B
Pembahasan  :
Unsur-unsur isu biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan isu harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis isu sanggup memvariasikannya. Bahkan adakala unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.

Teks isu I: Peristiwa apa? Sekitar 7.000 hutan mangrove hancur
Teks isu II: Siapa yang terlibat dalam insiden tersebut? Warga pendatang dari Ciamis

4.                                           Indikator SKL       : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa sanggup memilih keistimewaan tokoh

Soal  :
Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!

Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menuntaskan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan  mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi  biografi tersebut ialah ….
A.      Lulus dokter sebelum usia 18 tahun
B.       Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
C.       Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
D.      Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda

Kunci              : A
Pembahasan  :
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan  tidak semua orang memilikinya.  Dalam hal ini, Riana Helmi lulus menjadi dokter sebelum usia 18 tahun.

5.                                           Indikator SKL       : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang sanggup diteladani

Soal  :
Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut ialah ….
A.      tinggi hati dan ramah
B.       rendah hati dan ramah
C.       sombong dan rendah hati
D.      tinggi hati dan sombong

Kunci              : B
Pembahasan  :
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.
Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.


6.                                           Indikator SKL       : Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah iklan, siswa sanggup memilih kalimat                          fakta/opini

Soal  :
Perhatikan iklan berikut!

1)      Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2)      Hanya 500 ribu hingga bisa
3)      Tersedia tiga level
4)      Untuk semua level, gratis pengulangan
5)      Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang

Kalimat opini  pada iklan tersebut ditandai nomor ….
A.      1 dan 2
B.       2 dan 4
C.       3 dan 4
D.      3 dan 5

Kunci              : A
Pembahasan  :
Pendapat=opini ialah pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain sanggup berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya. Data pendukung kata mudah dan murah pada kalimat  Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH dan kata hanya pada kalimat Hanya 500 ribu hingga bisa.

7.                                           Indikator SKL       : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah iklan siswa sanggup memilih maksud salah satu kalimat dalam iklan tersebut.

Soal  :

Hati-hati berkendaraan. Patuhi hukum nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan semua. Begitulah cita-cita warga kota.
Maksud kalimat kedua pada iklan tersebut ialah …
A.      Seharusnya kita sadar akan hukum kemudian lintas sehingga cita-cita warga terpenuhi.
B.       Kalau kita menaati hukum kemudian lintas, akan selamatlah warga kota.
C.       Seharusnya semua orang menaati hukum kemudian lintas biar selamat.
D.      Kalau kita mematuhi hukum kemudian lintas, di jalan akan nyaman.

Kunci              : D
Pembahasan  :
Penjelasan teks iklan tersebut sanggup diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut ialah D.
8.                                           Indikator SKL       : Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah paragraf, siswa sanggup memilih simpulan isi paragraf tersebut

Soal  :

Sepeda mempunyai magnet bagi banyak orang. Bukan hanya belum dewasa yang menggemari sepeda, para remaja, orang remaja usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak bau tanah senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi potongan dari gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraf tersebut ialah …
A.      Sepeda sanggup dijumpai di mana pun.
B.       Sepeda sebagai alat transportasi modern.
C.       Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
D.      Sepeda digemari oleh banyak sekali lapisan masyarakat.

Kunci              : D
Pembahasan  :
Simpulan merupakan pendapat final dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Sepeda mempunyai magnet bagi banyak orang. (kalimat pertama); belum dewasa .., para remaja, orang remaja orang-orang yang beranjak bau tanah senang bersepeda (kalimat kedua); sepeda menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan (kalimat ketiga)



Berikut Ini pola Soal Latihan Dan Pembahasan US dan UN Bahasa Indonesia Tahun 2017 2018 2019 2020 2021

9.                                           Indikator SKL       : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah tabel, siswa sanggup memilih simpulan isi             tabel tersebut

Soal  :
Perhatikan tabel berikut!
Jumlah buku di Perpustakaan Gemar

No.
Jenis
Judul
Eksemplar
1
Cerita anak-anak
42
134
2
Novel remaja
38
  80
3
Roman
19
  42
4
Dongeng
64
  70
Jumlah
     163
326

Simpulan isi tabel tersebut ialah …
A.      Buku dongeng belum dewasa terbanyak judulnya.
B.       Novel remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
C.       Jumlah terbanyak ialah buku dongeng anak-anak.
D.      Jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.

Kunci              : D
Pembahasan  :
Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut bahwa jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya. Pilihan A dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku dongeng anak), sedangkan pilihan D bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.


10.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah puisi, siswa dapat :
- memilih tema puisi tersebut.       
Soal  :
Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal nomor 13 dan 14!

Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
                  Gempa bumi
                  Bila tiba harus waspada
                  Bila ada harus siaga
                  Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak sanggup dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar  engkau dilindungi
Tema kutipan puisi tersebut ialah ….
A.      korban peristiwa alam
B.       lokasi peristiwa alam
C.       waspada gempa bumi
D.      pertanda tiba bencana

Kunci              : C
Pembahasan  :
Data pendukung:  bila tiba harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar

11.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal    : menentukan larik bermajas pada puisi tersebut
                         
Soal  :
Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat pada larik ….
A.      pertama bait pertama
B.       kedua bait pertama
C.       keempat bait kedua
D.      ketiga bait ketiga

Kunci              : A
Pembahasan  :
Data pendukung: bumi bergoyang tanah bergetar. Larik ini menggunakan majas personifikasi.


12.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal    :  Disajikan dua kutipan puisi siswa sanggup memilih perbedaan
                               pesan kedua puisi tersebut.

Soal  :
Bacalah kedua kutipan puisi berikut!

Puisi 1
Puisi 2
Terima kasih Tuhan
untuk burung yang berkicauan di pohon
memuji kebesaran-Mu
untuk bunga yang merekah
dan  untuk embun yang bersinar di atasnya untuk matahari yang cerah
udara yang sejuk
untuk semua karunia-Mu
terlalu indah bagi umat-Mu
Terima kasih Tuhan untuk kehidupan ini
Jangankan biarkan limbah mengalir
ke sungaiku yang jernih
ke pantaiku yang damai
ke lautku yang riang
di sana ada dermaga dan angin
tempat nelayan menggenggam cita-cita
tempat camar sebelum pulang
 jangan biarkan limbah merusak semuanya

Perbedaan pesan kedua puisi tersebut ialah ….


Puisi 1
Puisi 2
A
Mari, kita tingkatkan kepedulian!
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
B
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
Harapan menjaga kelestarian lingkungan
C
Harapan menjaga kelestarian alam
Mari, kita tingkatkan kepedulian kepada sesama!
D
Jangan menyia-nyiakan kesempatan!
Isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat!

Kunci              : B
Pembahasan  :
Data pendukung: dicantumkannya alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah merusak semuanya.

13.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik dongeng pendek/cerita anak
Indikator Soal    : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat:
·      menentukan latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut.
                                          
Soal  :

(1)“Aku tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu saya lumpuh.”
(2)“Mana mungkin saya begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi ibarat itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan saya akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(3)“Sudahlah,” Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
(4)Airin mendorong dingklik Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan badan emasnya ke maritim yang tampak kecoklatan lantaran langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar ibarat rambut Dayu.
Latar pada kutipan cerpen tersebut ialah ….
A.      di tengah laut                              
B.       di pantai
C.       di rumah Dayu
D.      di jalan

Kunci              : B
Pembahasan  :
Latar dalam dongeng tersebut ialah di pantai. Hal ini didukung oleh potongan (4) dongeng tersebut, yaitu … berjalan di atas pasir putih ... Matahari hampir mencelupkan badan emasnya ke maritim …

14.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik dongeng pendek/cerita anak
Indikator Soal    : bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut

Soal  :
Bukti tokoh Airin penyayang terdapat pada potongan ….
A.      (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.      (4)

Kunci              : B
Pembahasan  :
Bukti bahwa Airin mempunyai tabiat penyayang ialah pada pernyataan “Mana mungkin saya begitu...!” … “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan saya akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”

15.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik dongeng pendek/cerita anak
Indikator Soal    :  Cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh dalam cerpen tersebut  
                   
Soal  :
Pengarang menggambarkan tabiat tokoh dengan cara ….
A.      Percakapan tokoh lain
B.       Ucapan tokoh itu sendiri
C.       Langsung oleh pengarang
D.      Reaksi tokoh terhadap masalah

Kunci              : B
Pembahasan  :
Penggambaran tabiat tokoh diberikan melalui ucapan pribadi dan sikap tokoh. (Seperti yang ditunjukkan pada potongan (2) dalam dongeng tersebut).

16.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik dongeng pendek/cerita anak
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan dongeng anak, siswa sanggup memilih amanat kutipan dongeng tersebut.

Soal  :
Cermatilah kutipan dongeng anak berikut!
“Apa?! Pengemis? Tak ada sedekah yang kuberikan .... Usir dia! ” teriak Nyi Endit. Tapi ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan itu.              “Nyi Endit, kau memang benar-benar insan kejam!” kata pengemis bau tanah itu.                  “Mau apa kau pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit membentak.
Namun pengemis itu tetap membisu tak beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memperlihatkan sedekah pada insan gulung tikar macam aku? Hm ... sungguh terkutuk hidupmu Nyi Endit! Kau tega berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat lantaran darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat!”
Amanat dongeng tersebut ialah …
A.      Berusahalah untuk saling memahami keadaan orang lain.
B.       Berikanlah sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
C.       Janganlah menjadi orang yang hanya pintar meminta sesuatu.
D.      Berbuat oke kepada orang lain meskipun orang itu menyakiti kita.

Kunci              : B
Pembahasan  :
Amanat ialah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang memberikan pesan secara implisit melalui percakapan tokoh biar orang yang bisa mau memperlihatkan sedekah kepada orang yang layak menerimanya.

17.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik dongeng pendek/cerita anak
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan dongeng anak, siswa sanggup memilih konflik kutipan dongeng tersebut.

Soal  :
Bacalah kutipan dongeng berikut!

Tapi juga siang itu, Luki tidak datang.Cemas betul hati Budi dan Iwan. Semula Budi sudah siap hendak melontarkan caci makinya begitu Luki melompat masuk. Akan disikatnya habis-habisan sahabatnya itu lantaran melalaikan janjinya seenaknya.
Tapi sekarang, segala kata-kata itu lenyap musnah dari benaknya. Tidak tahu ia ke mana perginya. Tidak pula akan sanggup dikumpulkannya kembali. Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa ia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
Konflik dalam kutipan dongeng tersebut ialah …
A.      Sampai siang Luki belum juga datang.
B.       Budi melontarkan caci maki kepada Luki.
C.       Luki tidak menepati janjinya kepada Budi.
D.      Saat tokoh mulai mencemaskan sahabatnya.
Kunci              : D
Pembahasan  :
Konflik dalam sebuah dongeng merupakan potongan yang memperlihatkan adanya kontradiksi dalam dongeng tersebut. Biasanya konflik terjadi lantaran adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh lain. Awalnya tokoh Budi dan Iwan kesal dengan Luki yang ingkar janji, tetapi setelah berpikir usang karenanya tokoh mencemaskan keadaan Luki. Hal ini bahkan menjadi konflik dalam diri Budi dan Iwan.
Kata yang dirujuk: Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa ia tidak datang? Mengapa? Mengapa?


Berikut Ini pola Soal Latihan Dan Pembahasan US dan UN Bahasa Indonesia Tahun 2017 2018 2019 2020 2021
18.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi  perbedaan karakteristik  dua novel
Indikator Soal    :  Disajikan dua kutipan novel, siswa sanggup memilih perbedaan karakteristik novel tersebut.

Soal  :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!

Novel 1
Novel 2
     Perkakas rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah ke rumah gadai.
     Apabila Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang, terasalah olehnya kemiskinan yang dideritanya itu. Ia pun menyesal dan menyalahkan Si Inem seorang wanita yang pembantah.
Pangeran Purbaya bersama dua istri dan  seorang anaknya telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya. Dengan sangat sedih citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani kecil. Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi cahaya yang samar-samar.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah….

Pilihan
Novel 1
Novel 2
A
Latar tempat tidak jelas
Latar tempat jelas
B
Penggambaran tabiat tokoh pribadi digambarkan oleh pengarangnya
Penggambaran tabiat tokoh menurut pembicaraan tokoh lain
C
Menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
Menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D
Terdapat tiga tokoh utama
Terdapat empat tokoh utama

Kunci              : A
Pembahasan  :
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas



19.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal    : Disajikan kutipan drama, siswa dapat:
-menentukan suasana kutipan drama tersebut. 
                    
Soal  :
Ibu       : Maaf, saya menggangu. Apa ada yang melihat Samsudin?
Hani     : Samsudin?
Ibu       : Anak saya.
Hani     : Oh, si Sam. Ada apa?
Ibu       : Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan kini sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.
Hani     : Apa tadi habis dimarahi?
Didi      : Tadi ia bermain di lapangan, Bu!   

Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut ialah ….
A.      mencemaskan
B.       menyedihkan
C.       mencekam
D.      menakutkan

Kunci              : A
Pembahasan  :
Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari tokoh Ibu yang mencemaskan anaknya yang belum pulang, padahal hari sudah malam.

20.                                        Indikator SKL       : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal    : - memilih latar (waktu, tempat) drama tersebut

Soal  :
Latar waktu dalam drama tersebut ialah ….
A.      pagi
B.       siang
C.       sore
D.      malam

Kunci              : D
Pembahasan  :
Latar waktu tersirat dalam kalimat Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan kini sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga. Ini mengindikasikan waktu malam hari.

21.                                        Indikator SKL       : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal    :  Disajikan gambaran pengalaman pribadi, siswa sanggup memilih kalimat dalam buku harian sesuai gambaran tersebut



Soal  :
Perhatikan gambaran berikut!

Pada hari ini 17 Agustus 2012, Dea berbahagia lantaran mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur. Ia  menang lomba baca puisi sebagai juara I tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Jakarta.
Kalimat catatan harian yang sempurna sesuai gambaran tersebut ialah …
A.      Aduh betapa malunya saya mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur. Aku juara I lomba baca puisi antarsiswa.
B.       Aku mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur lantaran memenangkan lomba baca puisi se-Jakarta. Aku sangat senang mendapatkan ini semua.
C.       Aku memenangkan lomba baca puisi sebagai juara I tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Jakarta. Aku mendapatkan hadiah dan piala.
D.      Tanggal 17 Agustus 2012, saya mendapatkan hadiah dan piala dari gubernur lantaran memenangkan lomba baca puisi. Aku juara I tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Jakarta. Betapa bahagianya aku.

Kunci              : D
Pembahasan  :
Pelaku: Dea: peristiwa: Dea mengikuti lomba baca puisi, menjadi juara I, ia mendapat hadiah dan piala dari gubernur.
Bahasa ekspresi: menggunakan kata ganti aku dan sesuai data tersebut.

22.                                        Indikator SKL       : Menulis isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator Soal    :  Disajikan gambaran kegiatan sekolah, siswa sanggup memilih isi pesan singkat sesuai gambaran tersebut

Soal                 :
Perhatikan gambaran berikut!
Kepala sekolah memperlihatkan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan singkat yang sempurna menurut gambaran tersebut ialah …
A.      Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
B.       Wali kelas harap menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
C.       Kepala sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci bulan ampunan dengan mengadakan bakti sosial.
D.      Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.


Kunci              : B
Pembahasan  :
Pesan singkat paling sesuai dengan gambaran yang diberikan terdapat pada pilihan (B).

23.                                        Indikator SKL       : Menulis  laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal    :  Disajikan 5 – 6 kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa sanggup menyusunnya menjadi paragraf laporan yang padu.

Soal  :
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)     Perjalanan akan memakan waktu sekitar 23  jam.
(2)     Pulau-pulau itu ibarat Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3)     Teluk Dalam ialah ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4)     Pelabuhan ini  menghubungkan  pulau-pulau kecil di sekitarnya.
(5)     Untuk menuju ke sana, bisa naik kendaraan beroda empat dari Gunungsitoli.
(6)     Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A.      (3),(5),(1),(6),(4),(2)
B.       (3),(6),(4),(5),(2),(1)
C.       (1),(5),(6),(4),(2),(3)
D.      (1),(6),(4),(2),(3),(5)

Kunci              : A
Pembahasan  :
(7)     Kata yang dirujuk sebagai penanda keterpaduan antarkalimat (3) Teluk Dalam ialah …; (5) Untuk menuju ke sana …; (1) Perjalanan akan memakan …; (6) … mempunyai pelabuhan kecil; (4) Pelabuhan ini  ….; (2) Pulau-pulau itu ibarat Pulau Asu dan Pulau Batu.

24.                                        Indikator SKL       : Menulis  laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal    :  Disajikan gambaran kegiatan di sekolah, siswa sanggup menulis                           pengumuman yang tepat.

Soal  :
Perhatikan gambaran kegiatan berikut!

SMP Pinang Ranti akan mengadakan peringatan Hari Ibu,  22 Desember 2010. Peringatan tersebut akan diisi dengan upacara dilanjutkan banyak sekali lomba. Sebagai ketua panitia ialah Ibu Dra. Dinda S.S. Agar informasi ini hingga kepada seluruh warga sekolah, ketua panitia menciptakan pengumuman untuk dipasang di tempat papan pengumuman.
Pengumuman yang sempurna sesuai gambaran tersebut ialah ....

A.      Diumumkan kepada para siswa, guru, dan karyawan bahwa pada tanggal 22 Desember 2010 diadakan peringatan Hari Ibu.
Oleh lantaran itu, kita harus mengadakan upacara dan banyak sekali lomba.
Tolong, semua panitia untuk menyiapkan segala sesuatunya. Terima kasih.

B.       Dalam rangka peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2010, Sekolah Menengah Pertama Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan banyak sekali lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada warga sekolah untuk menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian semuanya, kami sampaikan terima kasih.

C.       Dalam rangka peringatan Hari Ibu, Sekolah Menengah Pertama Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan banyak sekali lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mohon kepada seluruh panitia untuk berpartisipasi demi kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.        
     
D.      Dengan ini kami umumkan bahwa dalam rangka peringatan Hari Ibu, Sekolah Menengah Pertama Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan banyak sekali lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada seluruhnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Kunci              : B
Pembahasan  :
Pengumuman harus sesuai dengan keadaan  sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling sempurna terdapat pada pilihan (B).


Berikut Ini pola Soal Latihan Dan Pembahasan US dan UN Bahasa Indonesia Tahun 2017 2018 2019 2020 2021
25.                                        Indikator SKL       : Menulis  laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal    :  Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan                          buku, siswa sanggup menulis paragraf resensi yang tepat.

Soal  :
Perhatikan data buku berikut!

Judul   : Budidaya Ikan Nila
Penulis: Sahar Erizal
Penerbit: PT Swadaya
Keunggulan:
  • Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
  • Berdasarkan pengalaman pribadi
  • Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan:
  • Ilustrasi gambarnya kurang
Paragraf resensi yang sempurna menurut data buku tersebut ialah …
A.      Tujuan penulis buku ini ingin  menciptakan pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi lantaran buku ini juga dilengkapi gambaran gambar. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini lantaran dukungan gambar dengan gambaran jelas.

B.       Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi dengan gambaran gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laku di pasaran lantaran banyak yang memerlukan.

C.       Buku yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis menurut pengalaman pribadi. Meskipun gambaran gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas. Oleh lantaran itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.

D.      Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi gambaran gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh lantaran itu, buku ini layak dibaca.

Kunci                          : C
Pembahasan  :
Keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi. Kelemahan dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan. Meskipun gambaran gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas.

26.                                        Indikator SKL       : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan surat pribadi yang potongan pembuka, isi, atau penutupnya dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya dengan tepat

Soal  :
Bacalah kutipan  surat pribadi berikut!
Kak Desis yang kurindukan,

 [ ....]
Kak Desis, saya ingin memberikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Sudah empat bulan Kakak tidak pulang kampung. Aku tahu kalau Kakak dikala ini sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika tidak ada kesibukan lagi, orang bau tanah kita mengharapkan Kakak bisa tiba ke Bandung. Ibu sangat kangen pada Kakak, begitu juga saya dan adik.

Cukup sekian surat dariku, jawaban surat dari Kakak sangat saya nantikan.
                                                                                                                                   Nuning
Kalimat pembuka surat yang sempurna  adalah ...
A.      Dengan datangnya surat ini, saya memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga di rumah kangen sama Kakak. Kapan Kakak pulang kampung? 
B.       Halo Kak Desis, apa kabar? Mengapa Kak Desis jarang pulang kampung? Apa Kakak masih punya kesibukan? Bagaimana kabar Kakak di Jakarta? 
C.       Melalui surat ini, saya berharap keadaan Kakak di Jakarta sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa pulang ke Bandung. Kabar Kakak saya tunggu.
D.      Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.

Kunci              : D
Pembahasan  :
Kalimat kedua setelah pembuka sanggup menjadi tumpuan untuk kalimat pembuka, yakni Kak Desis, saya ingin memberikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.

27.                                        Indikator SKL       : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan surat dinas yang potongan penutupnya                          dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya

Soal  :
Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Setia Hati
 di Brebes

Dengan hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, kami  mengharap kehadiran Saudara pada
hari,tanggal     : Selasa , 17 Juli 2012
waktu  : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara    : Persiapan Bakti Sosial

[... ]
Bagian epilog surat tersebut yang sempurna ialah …
A.    Demikian surat permohonan ini kami sampaikan semoga sanggup dikabulkan.
B.    Besar cita-cita kami, permohonan ini ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.
C.    Mengingat pentingnya aktivitas tersebut, harap hadir sempurna waktu.
D.    Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan.

Kunci              : C
Pembahasan  :
Penutup surat diubahsuaikan dengan pernyataan sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.
28.                                        Indikator SKL       : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal    :  Disajikan surat pembaca yang dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya.

Soal  :
Bacalah kutipan surat pembaca berikut!

Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak usang menumpuk kembali.
[…]
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah…
A.      Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada jalinan kolaborasi yang jelas.
B.       Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu. Terima kasih.
C.       Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
D.      Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait biar peduli pada keluhan kami. Terima kasih.

Kunci              : C
Pembahasan  : Melengkapi kalimat rumpang pada surat pembaca diubahsuaikan pada kalimat sebelum.

29.                                        Indikator SKL       : Menulis rangkuman
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa                          dapat memilih rangkuman bacaan tersebut.

Soal  :

Pemerintah perlu melaksanakan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN dihentikan monopoli penyediaan listrik. Seruan itu tiba dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul dengan krisis listrik.
Pihak swasta yang hendak mempunyai pembangkit listrik sendiri hendaknya diberikan akomodasi perizinan. Jika hal itu dilakukan maka krisis listrik yang merugikan konsumen sanggup teratasi.
Rangkuman bacaan tersebut yang sempurna ialah …
A.      Krisis listrik sangat merugikan para pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
B.       Pemerintah perlu mereformasi PLN dan memberi pihak swasta akomodasi perizinan.
C.       Pemerintah hendaknya mempermudah perizinan supaya kerugian konsumen sanggup teratasi.
D.      Pengusaha menyerukan biar pemerintah melaksanakan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.

Kunci              : B
Pembahasan  :
Rangkuman sanggup dilakukan dengan menggabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf yang ada pada bacaan tersebut.
Gagasan utama paragraf pertama: perlunya reformasi di PLN.
Gagasan utama paragraf kedua: pemberian akomodasi perizinan pihak swasta

30.                                        Indikator SKL       : Menulis teks isu sesuai konteks
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah gambaran insiden tertentu, siswa sanggup                       menentukan teks  berita yang tepat.

Soal  :
Perhatikan gambaran insiden berikut!
Hari Senin, 19 Maret 2012 di jalan poros Makassar – Jeneponto di Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai puting beliung. Tiang listrik ambruk disertai keluar bunga api. Diiperkirakan puting beliung ini hingga bulan  April.
Teks berita  yang sesuai dengan gambaran tersebut ialah …
A.      Hujan deras disertai angin ribut mengakibatkan tiang listrik ambruk di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada hari Senin yang lalu. Puting beliung  akan melanda kembali di wilayah Sulawesi Selatan pada April mendatang.
B.       Puting beliung terjadi di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3) dan menimbulkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api. Peristiwa ini diperkirakan masih akan melanda seluruh  wilayah Sulawesi  hingga April mendatang.
C.       Di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai angin kencang. Peristiwa ini mengakibatkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api hingga April mendatang.
D.      Hujan deras disertai angin ribut mengakibatkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3). Puting beliung diperkirakan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan hingga April mendatang.
Kunci              : D
Pembahasan  :
Tubuh isu disusun dengan bahasa singkat, jelas, dan padat. Informasi yang sesuai fakta dalam ilustrasi, yaitu hujan deras disertai puting beliung.


Berikut Ini pola Soal Latihan Dan Pembahasan US dan UN Bahasa Indonesia Tahun 2017 2018 2019 2020 2021

31.                                        Indikator SKL       : Menulis  slogan sesuai konteks
Indikator Soal    :  Dilustrasi kegiatan sekolah, siswa sanggup memilih slogan yang sesuai gambaran tersebut

Soal  :
Bacalah gambaran berikut!

OSIS Sekolah Menengah Pertama Tunas Bangsa memperingati Hari Bumi dengan cara yang berbeda. Pada tanggal 22 April 2011 setiap siswa wajib menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Tujuan menanam tersebut biar lingkungan sekolah nyaman dan bebas polusi udara.
Slogan yang sesuai dengan gambaran tersebut ialah …
A.      Hari ini menanam besok merawat.
B.       Sepotong tumbuhan untuk masa depan.
C.       Tanam pohon kini segar udara kemudian.
D.      Segera rawat  pohon lingkungan akan nyaman.

Kunci              : C
Pembahasan  :
Isi sesuai dengan ilustrasi. Tujuannya meningkatkan kepedulian terhadap sesama, bahasa berciri slogan.

32.                                        Indikator SKL       : Menulis iklan sesuai konteks
Indikator Soal    :  Disajikan ilustrasi, siswa sanggup memilih penulisan iklan baris yang sesuai gambaran tersebut.

Soal  :
Perhatikan gambaran berikut!

Mobil akan dijual dengan spesifikasi sebagai berikut.
·      Mobil BMW 318 tahun 2011
·      Warna kendaraan beroda empat hitam
·      Dari tangan pertama
·      Aksesorisnya lengkap
·      Harga boleh ditawar
·      Yang berminat hubungi nomor 012-8883508
Kalimat iklan baris yang sesuai dengan gambaran tersebut ialah ...
A.      BU. Mbl BMW 318’ 11. htm mls. tgn I. full aks. nego. hub 012-8883508.
B.       Mobil dijual. BMW 318 ’11. hitam mulus. full aks. nego. hubungi 012-8883508.
C.       BU. Akan dijual kendaraan beroda empat BMW 318 ’11. hitam mulus. tgn I. hub 012-8883508.
D.      BMW 318 ’11 dijual lantaran butuh uang. full aks. nego. hubungi 012-8883508.

Kunci              : A
Pembahasan  : Data sesuai ilustrasi, berciri iklan baris.

33.                                        Indikator SKL       : Menyusun petunjuk melaksanakan sesuatu
Indikator Soal    :  Disajikan beberapa kalimat petunjuk melaksanakan sesuatu yang                          disusun secara acak, siswa sanggup memilih susunan yang tepat.

Soal  :
Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Petunjuk menanam pohon pisang
(1)      Lubang diamkan selama 2 hari.
(2)      Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.
(3)      Timbunlah pohon pisang dengan tanah kemudian disiram.
(4)      Setelah itu masukkan bibit pohon pisang ke dalam lubang.
(5)      Lubang yang sudah siap, isilah  dengan pupuk kompos.
Susunan petunjuk yang sempurna menurut kalimat-kalimat tersebut adalah…
A.      (2), (4), (5), (1), (3)
B.       (2), (5), (1), (4), (3)
C.       (5), (1), (4), (3), (2)
D.      (5), (3), (4), (1), (2)

Kunci              : B
Pembahasan  :
Petunjuk disusun secara runtut dengan menganut kelogisan berpikir yang antara lain ditandai dengan penanda kohesi. Kata kunci: Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.

34.                                        Indikator SKL       : Menyusun petunjuk melaksanakan sesuatu
Indikator Soal    :  Disajikan petunjuk melaksanakan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan,  siswa sanggup melengkapinya dengan tepat.

Soal  :
Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk menciptakan tape singkong
(1)      Kupaslah singkong kemudian dicuci.
(2)      […]
(3)      Cuci kembali kemudian tiriskan.
(4)      Rebuslah singkong hingga setengah matang.
(5)      Rebusan singkong taburi dengan ragi sebagai materi fermentasi.
(6)      […]
(7)      Tape singkong siap untuk dinikmati.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi petunjuk tersebut ialah …
A.      (2) Potong singkong dengan ukuran kecil.
(6) Bungkus dengan plastik atau daun dalam suhu 200C.
B.       (2) Keriklah singkong yang sudah dicuci untuk menghilangkan lendirnya.
(6) Tutup rebusan singkong hingga rapat dan diamkan selama 48 jam.
C.       (2) Jemur singkong hingga kering.
(6) Ratakan ragi yang ada pada singkong hingga ke dalam-dalamnya.
D.      (2) Potong singkong dengan ukuran kecil.
(6) Tutup rebusan singkong hingga rapat dan diamkan selama 48 jam.

Kunci              : B
Pembahasan  :
Melengkapi petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan setelah kalimat petunjuk yang dirumpangkan atau dikosongkan. Cari kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan setelah dirumpangkan.

35.                                        Indikator SKL       : Menulis teks pidato
Indikator Soal    :  Disajikan teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak tepat, Siswa sanggup memperbaikinya.
                         
Soal  :
Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Anak-anakku semua  yang berbahagia,
Anda-anda sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
Perbaikan kata sapaan yang sempurna pada kutipan naskah pidato tersebut ialah …
A.      Anak semua yang berbahagia,
Anda-anda sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
B.       Anak-anakku  yang berbahagia,
Kalian sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
C.       Semua  yang berbahagia,
Anak-anak  sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.
D.      Anak  yang berbahagia,
Kalian  sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk mendapatkan estafet kepemimpinan.

Kunci              : B
Pembahasan  :
Kata sapaan anak-anak sudah memperlihatkan jamak, maka tidak perlu lagi diikuti kata semua. Kata Anda kurang sempurna penggunaannya.

36.                                        Indikator SKL       : Menulis teks pidato
Indikator Soal    :  Disajikan sebuah gambaran suatu kegiatan, siswa sanggup                           menentukan paragraf potongan pembuka, isi, atau epilog teks pidato yang tepat.

Soal  :
Bacalah gambaran berikut!

SMP Harapan melaksanakan peresmian Ketua OSIS yang gres terpilih. Erwan sebagai Ketua OSIS Sekolah Menengah Pertama Harapan yang gres terpilih memperlihatkan pidato sambutan.
Bagian pembuka pidato yang sempurna menurut llustrasi tersebut ialah …
A.      Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME lantaran kita masih dilimpahi kesehatan sehingga kita sanggup melaksanakan aktivitas peresmian Ketua OSIS Sekolah Menengah Pertama Harapan.
B.       Saya berharap dalam kepemimpinan saya ke depan, saya tetap mohon dukungan dari semua pihak. Dengan demikian, akan tercipta situasi yang aman dan semua aktivitas yang telah direncanakan sanggup terlaksana.
C.       Demikian sambutan saya pada awal saya terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru. Saya memberikan ribuan kata maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman.
D.      Bapak dan Ibu yang kami hormati, puji syukur  kita panjatkan kepada Tuhan lantaran kita dipertemukan dalam situasi yang berbahagia ini. Tujuan kami tiba ialah ingin memberikan bingkisan.




Kunci              : A
Pembahasan  :
Pembuka pidato berisi ucapan puji syukur yang sesuai ilustrasi, yaitu tentang pelantikan Ketua OSIS. Jawaban yang sempurna A.

37.  Indikator SKL   :  Menulis rumusan dilema karya ilmiah/saran karya ilmiah     /daftar pustaka
Indikator Soal    :  Disajikan tema karya ilmiah, siswa sanggup memilih             rumusan dilema karya ilmiah yang sempurna menurut tema.

Soal  :
Tema karya ilmiah:
Pengaruh  cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah.
Rumusan dilema karya ilmiah yang sempurna menurut tema tersebut ialah …
A.      Kapan cahaya matahari besar lengan berkuasa terhadap pertumbuhan tanaman?
B.       Bagaimana imbas cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah?
C.       Adakah tumbuhan yang dalam pertumbuhannya tidak memerlukan cahaya matahari?
D.      Mengapa cahaya matahari sangat besar lengan berkuasa terhadap pertumbuhan tanaman?

Kunci                          : B
Pembahasan  : Rumusan dilema berisi pertanyaan. Rumusan dilema cirinya singkat, jelas, dan terarah serta dikemukakan secara ilmiah. Rumusan dilema dihentikan keluar dari topik yang diteliti atau dibahas. Rumusan dilema menggunakan kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban panjang dan mendetail (bagaimana, mengapa, apakah, ...)

38.  Indikator SKL   Menulis rumusan dilema karya ilmiah/saran karya             ilmiah/daftar pustaka
Indikator Soal    :  Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa sanggup memilih saran Berdasarkan simpulan karya ilmiah.  
  
Soal  :
Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah menjadikan siswa menyayangi lingkungan sekolahnya.  Dengan demikian prestasi mencar ilmu sanggup ditingkatkan. Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak pribadi berkontribusi bagi peningkatan gairah mencar ilmu siswa.
Saran yang sempurna menurut simpulan karya ilmiah tersebut ialah …
A.      Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah harus terus dipertahankan.
B.       Lingkungan sekolah tidak perlu dipelihara oleh siswa serta seluruh warga sekolah.
C.       Sudah seharusnya siswa menjaga lingkungan sekolah. Kalau bukan siswa siapa lagi?
D.      Lingkungan sekolah yang nyaman sanggup menjaga siswa berbuat yang tidak diinginkan.

Kunci                          : A
Pembahasan  : Saran dalam karya tulis ialah pendapat atau tawaran yang disampaikan, merujuk pada hasil penelitian. Kata kunci: ... Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak pribadi berkontribusi bagi peningkatan gairah mencar ilmu siswa.
39.  Indikator SKL   : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal    :  Disajikan kalimat tidak efektif, siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat.

Soal  :
Cermatilah kalimat berikut!

Kepada para siswa siswi yang akan mengikuti lomba futsal mohon berkumpul di lapangan.
Kalimat tersebut akan efektif bila dihilangkan kata ….
A.       siswa siswi
B.       kepada dan para
C.       kepada dan yang
D.      para dan yang

Kunci                          : B
Pembahasan  :
Penggunaan kata kepada dan para tidaklah tepat. Kata para menyatakan jamak. Kedua kata ini seharusnya dihilangkan dari konteks paragraf tersebut.


Berikut Ini pola Soal Latihan Dan Pembahasan US dan UN Bahasa Indonesia Tahun 2017 2018 2019 2020 2021

40.  Indikator SKL   : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal    :  Disajikan beberapa penggunaan abjad kapital salah dalam kalimat, siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat.

Soal  :
Perhatikan kalimat berikut!



Mantan atlet badminton yang kini menjadi ketua harian klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan bintang jasa  utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Perbaikan penulisan abjad kapital pada kalimat tersebut yang sempurna ialah ...
A.     Mantan atlet badminton yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang Jasa  Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
B.     Mantan atlet badminton yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang Jasa  Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
C.    Mantan atlet badminton yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang Jasa  Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
D.    Mantan atlet badminton yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang Jasa  Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kunci              : C
Pembahasan  :
Sesuai kaidah EYD, abjad kapital digunakan untuk nama jabatan dalam organisasi yang yang diikuti nama orang dan nama penghargaan.

41.                                        Indikator SKL       : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal    :  Disajikan beberapa penggunaan tanda baca salah dalam paragraf, siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat

Soal  :
Perhatikan paragraf berikut!

Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk banyak sekali jenis, seperti: tahu,   tempe,  susu dan lain-lain. Makanan dari materi dasar  kedelai banyak disukai orang, lantaran tidak mengandung kolesterol.

Perbaikan penulisan tanda baca yang sempurna terdapat dalam  paragraf ...
A.     Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk banyak sekali jenis seperti: tahu, tempe,  susu, dan lain-lain. Makanan dari materi dasar  kedelai banyak disukai orang lantaran tidak mengandung kolesterol.
B.     Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk banyak sekali jenis, ibarat tahu, tempe,  susu dan lain-lain. Makanan dari materi dasar  kedelai banyak disukai orang, lantaran tidak mengandung kolesterol.
C.    Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk banyak sekali jenis, ibarat tahu, tempe,  susu, dan lain-lain. Makanan dari materi dasar  kedelai banyak disukai orang, lantaran tidak mengandung kolesterol.
D.    Kedelai termasuk materi pangan yang bisa dibentuk banyak sekali jenis, ibarat tahu, tempe,  susu, dan lain-lain. Makanan dari materi dasar  kedelai banyak disukai orang lantaran tidak mengandung kolesterol.

Kunci                          : D
Pembahasan  :
Sesuai dengan kaidah EYD. Penggunaan tanda baca (.) dan penggunaaan tanda baca (,).

42.  Indikator SKL   : Melengkapi pantun
Indikator Soal    :  Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan,                       siswa sanggup melengkapinya dengan tepat

Soal   :
Perhatikan kutipan pantun berikut!

Memakai cincin dari batu
Semangka di sawah dibelah dua
[](1)
[…](2)

Larik yang sempurna untuk melengkapi pantun tersebut ialah ….
A.      (1) Hidup ini harus saling membantu
(8)  Supaya hidup lebih bermutu
B.       (1) Datang ke ladang membawa pedang
(2) Melihat rusa belang di dada
C.       (1) Jika tak pintar menggunakan waktu
(2) Maka sia-sialah hidupnya
D.      (1) Tiga ditambah empat tujuh
(2) Tujuh bilangan ganjil

Kunci              : C
Pembahasan  :
Sesuai syarat pantun dan data pada ilustrasi. Syarat pantun bersajak abab; baris pertama dan kedua sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

43.  Indikator SKL   : Melengkapi puisi
Indikator Soal    :  Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa sanggup                           melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat
                 
Soal                 :
Perhatikan kutipan puisi berikut!

Ibu,
Dengan apa kubalas [](1)
Dengan uang beribu-ribu
Ah,
Itu sesuatu yang tabu
Apakah saya harus [](2)
Di atas pangkuanmu
Ya, ini mungkin lebih seru


Kata yang sempurna untuk melengkapi kutipan puisi tersebut ialah …
A.      (1) semua
(9)  menuntut
B.       (1) kasihmu
       (2) berdoa
C.       (1) jasamu
       (2) bersimpuh
D.      (1) air matamu
(2) restu

Kunci              : C
Pembahasan  : Diksi (pilihan kata) membulatkan makna puisi. Sesuai data pada kutipan puisi, pilihan jawaban yang sempurna C.

44.  Indikator SKL   : Melengkapi puisi
Indikator Soal    :  Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa sanggup                          melengkapi puisi dengan larik bermajas.

Soal                 :
Bacalah puisi berikut!

Buku.
Katanya kau gudangnya ilmu
Aku tak tahu
[…]
Dengan wajah berbalut debu
Kau sendiri gudang dalam gudang


Larik bermajas yang sempurna untuk melengkapi puisi tersebut ialah …
A.      Di lemari bertumpuk-tumpuk
B.       Ilmu apa yang tersembunyi
C.       Kau termenung di sudut lemariku
D.      Buku mana yang akan kubaca

Kunci              : C
Pembahasan  :
Kita sanggup melengkapi puisi rumpang dengan memperhatikan larik sebelum dan setelah potongan yang dirumpangkan. Kau termenung di sudut lemariku sesuai dengan larik di atasnya dan larik bawahnya Dengan wajah berbalut debu.

45.                                        Indikator SKL       : Melengkapi naskah drama
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat,                      siswa sanggup memilih perbaikan yang tepat. 
                   
Soal  :
Cermatilah kutipan naskah drama berikut!

Putri    : Kenapa harus pink, sih? (sedih menahan isak) (1)
Vince   : Mungkin lantaran cerah, Put?
Harap              : Menurut gue sih dipilih pink lantaran warna merah dan biru sudah diambil Superman!
Putri     : Dan hitam sudah digunakan sama Batman, gitu kan? (sambil mencubit Harap, kakak keduanya itu)
Perbaikan petunjuk lakuan yang sempurna untuk Putri pada obrolan (1) ialah ….
A.      (tertawa)
B.       (melamun)
C.       (tersenyum)
D.      (penasaran)

Kunci              : D
Pembahasan  : Petunjuk lakuan diubahsuaikan dengan isi kalimat obrolan pelaku.

46.                                        Indikator SKL       : Melengkapi naskah drama
Indikator Soal    :  Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya                           dirumpangkan, siswa sanggup melengkapinya dengan tepat.                       

Soal  :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!











Suasana pos ronda masih sepi. Lampu 15 watt yang berada di tengahnya sudah menyala semenjak pukul 18.00. Sisa hujan yang gres beberapa dikala berhenti masih menetes di daun pisang. Suaranya mendominasi keadaan.
Madi    : (Datang menjinjing kentongan dan senter) Tumben amat gini hari masih sepi.
Wahab : […] Di, kau sudah datang?
Madi    : udah, Mas. Sepi sekali, ya?
Wahab : Maklum habis hujan.
Madi    : iya, hujan hari ini benar-benar seharian.

Petunjuk lakuan yang sempurna untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut ialah ….
A.      Keluar dari rumahnya
B.       Keluar dari dalam pos ronda
C.       Muncul dari balik pagar bambu
D.      Sambil pergi meninggalkan pos

Kunci              : C
Pembahasan  :
Dalam konteks drama tersebut, digambarkan Wahab baru hingga di pos ronda. Petunjuk lakuan yang paling sempurna ialah muncul dari balik pagar bambu.
47.                                        Indikator SKL       : Melengkapi naskah drama
Indikator Soal    : Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa
                               dapat melengkapinya dengan tepat.

Soal                 :
Bacalah kutipan naskah drama berikut!

Satilawati      : Tidak ada alasannya ialah yang lain?
Ishak             : (malu-malu) Tentu ada. Engkau cantik.
Satilawati      : [...](1)
Ishak             : Itu yang akan kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati      : Bahaya apa?
Ishak             : Aku mungkin dipandang pengkhianat oleh rakyat.
Satilawati      : Karena apa/
Ishak             : [...](2)
Satilawati      : Romanmu itu, maksudmu?
Ishak             : Ya, Hari Ketiga Nippon di Indonesia.
Satilawati      : Mengapa? Sudah diterbitkan, bukan?
Ishak             : Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk menerbitkan buku ini. Rugi semata.
Dialog yang sempurna untuk melengkapi naskah drama tersebut ialah ...
A.      (1) Akan ke mana engkau pergi?
(10)                     Karena saya mengarang.
B.       (1) Tetapi mengapa?
(2) Karena wajahku.
C.       (1) Tapi mengapa engkau pergi?
(2) Karena karanganku.
D.      (1) Engkau akan ke mana?
(2) Aku mengarang.

Kunci              : C
Pembahasan  :
Melengkapi obrolan dalam naskah drama harus memperhatikan obrolan sebelum dan sesudahnya. Hal ini dimaksudkan biar obrolan yang dimasukkan pada potongan yang rumpang menjadi padu.




= Baca Juga =




Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...