Thursday, December 28, 2017

√ Pembelajaran Matematika Bermakna

Pembelajaran Matematika Bermakna - Para guru niscaya sudah banyak mengetahui bahwa mencar ilmu pada hakekatnya merupakan proses untuk mengkonstruksi pengetahuan (sendiri) melalui transformasi banyak sekali pengalaman. Pengalaman yang dimaksdukan yaitu semua yang telah diperoleh atau dimiliki siswa sebelum suatu proses mencar ilmu berlangsung. Pembelajaran merupakan segala upaya untuk menata suatu lingkungan mencar ilmu sedemikian sehingga upaya tersebut sanggup menumbuhkembangkan proses mencar ilmu siswa.

Proses mencar ilmu terjadi dalam diri individu sendiri sesuai dengan perkembangannya dan lingkungannya.Karena proses mencar ilmu terjadi dalam diri individu, maka cara mencar ilmu masing-masing individu sangatlah unik. Hal ini berarti pembelajaran matematika di kelas hendaknya memperhatikan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu.Selain itu, siswa yaitu individu yang senantiasa dan masih terus berkembang. Oleh karenanya, pembelajaran matematika hendaknya memperhatikan tahap perkembangan masing-masing siswa. Tentu saja, individu juga berkembang dalam lingkungan tertentu. Pembelajaran matematika yang membawa pengalaman siswa dari lingkungannya ke kelas merupakan hal yang dipertimbangkan dalam pembelajaran matematika bermakna.

Belajar bermakna yaitu suatu proses mengaitkan isu gres pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognisi siswa. Belajar bermakna yang merupakan hasil dari proses pembelajaran ditandai oleh terjadinya proses menghubungkan aspek, konsep, isu atau situasi gres dengan hal-hal yang relevan yang telah ada dalam struktur kognisi siswa. Dalam pembelajaran matematika bermakna, guru harus selalu berusaha mengetahui dan menggali konsep-konsep yang telah dimiliki siswa dan membantu memadukannya dengan pengetahuan gres yang akan diajarkan.Jika proses tersebut terjadi dalam pembelajaran matematika, maka siswa gampang memahami konsep dipelajari dan tentu saja tidak gampang dilupakan.


Kemampuan untuk menghubungkan konsep pengetahuan yang telah dimiliki siswa dengan konsep gres perlu dikemas melalui pembelajaran yang menyenangkan siswa. Menggunakan permainan-permainan yang dikenal siswa dalam lingkungannya merupakan salah satu tumpuan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan.

Baca Juga:

Beberapa Tips Mengajar Matematika yang Menyenangkan

Dalam pembelajaran matematika bermakna, guru perlu mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan topik matematika yang dipelajari. Dengan memakai banyak sekali media akan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak. Tentu saja penggunaan media dalam pembelajaran dengan paradigma yang gres yaitu mengabstrakan yang konkrit bukan mengkonkritkan yang abstrak. Penggunaan banyak sekali media dimulai di awal pembelajaran sehingga siswa berpindah dari hal-hal yang konkrit menuju pada konsep matematika yang abstrak. Pembelajaran matematika bermakna haruslah membawa siswa membentuk konsep matematika mulai dari matematika informal berupa konsep matematika yang paling sederhana menuju matematika formal yaitu konsep matematika yang dipelajari. Jika siswa sanggup melewati tahap-tahap ini maka siswa niscaya akan mempunyai pemahaman yang baik terkait konsep matematika yang dipelajari.

Muara dari pembelajaran matematika bermakna yaitu siswa sanggup pemahaman konsep matematika yang baik. Pemahaman siswa terhadap konsep matematika berdasarkan NCTM (2000) sanggup dilihat dari beberapa kemampuan siswa dalam beberapa indikator yaitu : (1) mendefinisikan konsep secara verbal dan tulisan; (2) mengidentifikasi dan menciptakan tumpuan dan bukan contoh; (3) memakai model, diagram dan simbol-simbol untuk merepresentasikan suatu konsep; (4) mengubah suatu bentuk representasi ke bentuk lainnya; (5) mengenal banyak sekali makna dan interpretasi konsep; (6) mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat yang memilih suatu konsep; serta (7) siswa sanggup membandingkan dan membedakkan konsep-konsep.

Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...