Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perkuliahan para Calon Guru SD-Tidak sanggup kita dipungkiri bahwa perkembangan teknologi isu dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan bagi masyarakat Indonesia. Dengan TIK masyarakat lebih gampang mengakses banyak sekali isu dan menunjang pekerjaan. TIK seharusnya telah menjadi lifestyle bagi masyarakat di kurun “kekinian” ini. Namun problem yang timbul yaitu penetrasi TIK yang tidak merata di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Flores, NTT.
Suatu ketika, saya meminta mahasiswa saya untuk mengirimkan kiprah via email. Apa yang terjadi ? Seorang mahasiswa menelepon saya dari kantor pos. Inti dari apa yang ia utarakan yaitu bahwa ia telah memasukan tugasnya dalam amplop dan resah bagaimana mau tulis alamat saya. Karena alamat yang saya berikan yaitu gsbitorme@gmail.com. Masalah lain terjadi dikala seorang mahasiswa menanyakan merek dari internet. “Bapak pakai internet merek apa? Menggelikan memang ! tetapi itulah kenyataannya.
Kedua teladan yang saya kemukakan ini yaitu bukti kesenjangan dan penetrasi dari TIK yang tidak merata ke banyak sekali kawasan dan atau golongan masyarakat tertentu. Hal inilah sebagai penyebab lemahnya kemampuan atau literasi TIK. Ada golongan tertentu yang bisa tetapi berdomisili pada daerah-daerah yang tidak memungkinkan penggunaan TIK. Suatu hal yang mustahil khan orang membeli HP sekalian sinyalnya. Lalu ada yang berdomisili sempurna di bersahabat tower operator seluler namun tidak bisa beli HP atau sekedar punya uang untuk ke Warnet. Kedua hal ini saya sadari alasannya yaitu seharusnya literasi TIK di kurun ini sudah mencapai pada tingkat dimana TIK tidak sanggup dipisahkan dari rutinitas sehari-hari.
Berdasarkan pengalaman ini, perkuliahan berbasis teknologi isu harusnya dikembangkan biar para mahasiswa dibiasakan dengan penggunaan teknologi dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah. Penggunaan sumber-sumber berguru online juga menjadi pilihan. Sebagai teladan dalam perkuliahan Disain Pembelajaran Matematika I hal yang harus dilakukan adalah:
Setiap Kelas harus mempunyai group facebook kelas. Tujuannya yaitu para mahasiswa sanggup saling menyebarkan materi kuliah, materi presentasi dan dosen bisa mengirimkan link sumber berguru ke group kelas.
Para mahasiswa wajib mensubscribe tipsbelajarmatematika.com sehingga materi kuliah yang saya posting lewat blog sederhana ini sanggup eksklusif dibaca lewat email mereka masingmasing.
Mahasiswa boleh bertanya kapan saja lewat Contact blog ini.
Mengupayakan ujian berbasis online
Suatu ketika, saya meminta mahasiswa saya untuk mengirimkan kiprah via email. Apa yang terjadi ? Seorang mahasiswa menelepon saya dari kantor pos. Inti dari apa yang ia utarakan yaitu bahwa ia telah memasukan tugasnya dalam amplop dan resah bagaimana mau tulis alamat saya. Karena alamat yang saya berikan yaitu gsbitorme@gmail.com. Masalah lain terjadi dikala seorang mahasiswa menanyakan merek dari internet. “Bapak pakai internet merek apa? Menggelikan memang ! tetapi itulah kenyataannya.
Kedua teladan yang saya kemukakan ini yaitu bukti kesenjangan dan penetrasi dari TIK yang tidak merata ke banyak sekali kawasan dan atau golongan masyarakat tertentu. Hal inilah sebagai penyebab lemahnya kemampuan atau literasi TIK. Ada golongan tertentu yang bisa tetapi berdomisili pada daerah-daerah yang tidak memungkinkan penggunaan TIK. Suatu hal yang mustahil khan orang membeli HP sekalian sinyalnya. Lalu ada yang berdomisili sempurna di bersahabat tower operator seluler namun tidak bisa beli HP atau sekedar punya uang untuk ke Warnet. Kedua hal ini saya sadari alasannya yaitu seharusnya literasi TIK di kurun ini sudah mencapai pada tingkat dimana TIK tidak sanggup dipisahkan dari rutinitas sehari-hari.
Berdasarkan pengalaman ini, perkuliahan berbasis teknologi isu harusnya dikembangkan biar para mahasiswa dibiasakan dengan penggunaan teknologi dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah. Penggunaan sumber-sumber berguru online juga menjadi pilihan. Sebagai teladan dalam perkuliahan Disain Pembelajaran Matematika I hal yang harus dilakukan adalah:
Setiap Kelas harus mempunyai group facebook kelas. Tujuannya yaitu para mahasiswa sanggup saling menyebarkan materi kuliah, materi presentasi dan dosen bisa mengirimkan link sumber berguru ke group kelas.
Para mahasiswa wajib mensubscribe tipsbelajarmatematika.com sehingga materi kuliah yang saya posting lewat blog sederhana ini sanggup eksklusif dibaca lewat email mereka masingmasing.
Mahasiswa boleh bertanya kapan saja lewat Contact blog ini.
Mengupayakan ujian berbasis online
Di blog ini sering diposting banyak sekali game maupun software pembelajaran matematika. Para mahasiswa PGSD Wajib mencoba game tersebut dan harus bisa menciptakan tes berbasis online, walaupun sederhana. Pengenalan game-game matematika sangat penting mengingat game-game sanggup digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Menggunakan video pembelajaran di Khan Academy. Khan Academy menyediakan banyak sekali video pembelajaran matematika dari tingkat yang paling dasar hingga akademi tinggi.
Setiap Mahasiswa wajib menciptakan powerpoint yang bagus.
Mendorong pembuatan media pembelajaran yang berbasis teknologi isu contohnya CD pembelajaran matematika SD, penggunaan Geogebra dalam pembelajaran Geometri, pemanfaatan game berbasis Android dalam pembelararan matematika dan penggunaan software-software pembelajaran lainnya. Selain sebagai media pembelajaran di SD, kemampuan ini merupakan salah satu upaya penanaman kewirausahaan dalam bidang pendidikan.
Cara-cara di atas bekerjsama hanyalah salah cara saya untuk mencapai salah satu capaian pembelajaran mata kuliah Disain Pembelajaran Matematika I yaitu sanggup trampil membelajarkan matematika berbasis TIK. Hal ini alasannya yaitu problem utama yang saya hadapi yaitu bahwa para mahasiswa saya sebagaian besar tidak literer dengan TIK.
Itulah citra bagaimana cara sederhana saya untuk mengembangkan literasi TIK para mahasiswa dalam perkuliahan. Semoga Bermanfaat.
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
Setiap Mahasiswa wajib menciptakan powerpoint yang bagus.
Mendorong pembuatan media pembelajaran yang berbasis teknologi isu contohnya CD pembelajaran matematika SD, penggunaan Geogebra dalam pembelajaran Geometri, pemanfaatan game berbasis Android dalam pembelararan matematika dan penggunaan software-software pembelajaran lainnya. Selain sebagai media pembelajaran di SD, kemampuan ini merupakan salah satu upaya penanaman kewirausahaan dalam bidang pendidikan.
Cara-cara di atas bekerjsama hanyalah salah cara saya untuk mencapai salah satu capaian pembelajaran mata kuliah Disain Pembelajaran Matematika I yaitu sanggup trampil membelajarkan matematika berbasis TIK. Hal ini alasannya yaitu problem utama yang saya hadapi yaitu bahwa para mahasiswa saya sebagaian besar tidak literer dengan TIK.
Itulah citra bagaimana cara sederhana saya untuk mengembangkan literasi TIK para mahasiswa dalam perkuliahan. Semoga Bermanfaat.
No comments:
Post a Comment