Friday, December 22, 2017

√ Kekeliruan Menuliskan Bilangan Dengan Angka Romawi.

Kekeliruan Menuliskan Bilangan  dengan Angka Romawi. Tulisan ini dibentuk alasannya ketika ini saya sedang memeriksan kiprah mahasiswa pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran Matematika I.  Mahasiswa diberikan kiprah untuk menuntaskan soal-soal yang terkait dengan bilangan romawi dan pembelajarannya di SD. Pada salah satu soal pilihan ganda terdapat soal untuk memilih lambang bilangan romawi  dari 49. Saya masih menemukan kesalahan menyerupai pada gambar berikut.


Tulisan ini dibentuk alasannya ketika ini saya sedang memeriksan kiprah mahasiswa pada Mata Kuliah √ Kekeliruan Menuliskan Bilangan  dengan Angka Romawi.


Salah satu kekeliruan menuliskan angka romawi untuk 49

Kekeliruan : Menuliskan angka romawi untuk bilangan desimal 10 sebanyak empat kali. Menurut hukum penulisan bilangan romawi yang benar adalah:


Penulisan angka dasar secara berturut-turut hanya berlaku untuk bilangan-bilangan satuan, sepuluhan, seratusan, seribuan dan seterusnya. Penulisan angka secara berturut-turut pada ketentuan untuk bilangan satuan, sepuluhan, seratusan, seribuan dan seterusnya hanya dibolehkan paling banyak tiga kali.

Jadi penulisan angka romawi yang benar untuk bilangan 49 yaitu bukan XXXXIX tetapi XLIX. Untuk sanggup menuliskan bilangan desimal dalam angka romawi maka cara yang dilakukan yaitu menguraikan bilangan desimal dengan mempertimbangkan syarat atau hukum penulisan angka romawi. Misalnya bilangan 40 dilarang dituliskan sebagai 10+10+10+10 tetapi 50-10. Selain itu 9 tidak dituliskan sebagai 5+4 tetapi 10-1.Sehingga, penulisan 49 dalam angka romawi yaitu sebagai berikut.



40+9=9=4 (50-10)+(10-1)=XLIX

Kesalahan ini sebetulanya dilarang terjadi. Kesalahan ini terjadi alasannya mahasiswa tersebut mengerjakan soal asal-asalan dan tidak membaca hukum penulisan bilangan romawi.  Dalam proses pengerjaan soal memilih lambang bilangan romawi seperti pada gambar di atas, kita juga sanggup melihat kekeliruan lain dari mahasiswa tersebut. Mahasiswa memakai operasi penjumlahan pada angka romawi, padahal dalam sistem numerasi romawi tidak dikenal konsep nilai tempat. Kesalahan mahasiswa tersebut yaitu menuliskan X+X+X+X+IX=XXXXIX. Penyelesaian yang benar terkait  soal di atas menyerupai yang  yang dituliskan sebelumnya. 

Semoga tulisan ini sanggup dijadikan sebagai pengetahuan guru terkait cara berpikir siswa, sehingga guru sanggup mengantisipasi hal ini ketika memperkenalkan sistem numerasi romawi kepada siswa. 


Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...