Sunday, November 12, 2017

√ Prinsip-Prinsip Pembelajaran Kontekstual

Prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual. Prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual yaitu: (Elaine B. Jhonson dalam Syaefudin, 2009:165-167) mengklaim bahwa dalam pembelajaran kontekstual, minimal ada tiga prinsip utama yang sering digunakan, yaitu: saling ketergantungan (interdepence), diferensiasi (differetiation ), dan perorganisasian (self organization).

1) Prinsip saling ketergantungan, berdasarkan hasil kajian para ilmuan segala yang ada di dunia ini yaitu saling bekerjasama dan tergantung. Begitu pula dala pendidikan dan pembelajaran, sekolah merupakan suatu sistem kehidupan, yang terkait dalam kehidupan di rumah, di daerah kerja, di masyarakat. Dalam kehidupan di sekolah siswa saling bekerjasama dan tergantung pada guru, kepala sekolah, tata usaha, orang bau tanah siswa, dan narasumber yang ada di sekitarnya.

2) Dalam proses pembelajaran siswa, bekerjasama dengan media ajar, sumber belajar, media, sarana prasarana belajar, iklim sekolah dan lingkungan.



3) Prinsip diferensiasi, yang mengatakan kepada sifat alam yang secara terus menerus menjadikan perbedaan, keseragaman, keunikan. Diferensiasi bukan hanya mengatakan perubahan dan kemajuan tanpa batas, akan tetapi juga kesatuan-kesatuan yang berbeda tersebut berhubungan, saling tergantung dalam keterpaduan yang bersifat simbiosis atau saling menguntungkan. Apabila para pendidik mempunyai akidah yang sama dengan para ilmuan modern bahwa prinsip diferensiasi yang dinamis ini bukan hanya berlaku dan kuat pada alam semesta, tetapi juga pada sistem pendidikan. Para pendidik juga dituntut untuk mendidik, mengajar, melatih, membimbing, sejalan dengan prinsip diferensiasi dan harmoni alam semesta ini.

4) Prinsip organisasi diri, setiap individu atau kesatuan dalam alam semesta ini mempunyai potensi yang melekat, yaitu kesadaran sebagai kesatuan utuh yang berbeda dari yang lain. Tiap hal mempunyai organisasi diri, keteraturan diri, kesadaran diri, pemeliharaan diri sendiri, suatu energi atau kekuatan hidup, ang memungkinkan mempertahankan dirinya secara khas, berbeda dengan yang lainnya. Prinsip organisasi diri, menuntut para pendidik dan para pengajar di sekolah supaya mendorong tiap siswanya untuk memahami dan menerapkan semua potensi yang dimilikinya seoptimal mungkin.

Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...