Mengapa Geometri Perlu dipelajari Oleh Mahasiswa PGSD ? Matematika pada hakikatnya ialah sebagai kumpulan sistem aksiomatis. Konsep-konsepnya tersusun secara hierarkis, terstruktur, logis, dan sistematis, mulai dari konsep yang paling sederhana hingga pada konsep yang paling kompleks. Salah satu kelompok anggota kumpulan sistem atau struktur matematika yang akan dibahas pada serpihan ini ialah Geometri, yang salah satu di antaranya ialah Geometri Euclid. Euclid sendiri merupakan nama tokoh penggagas Geometri, yang melalui Geometri-nya tersebut ia ditahbiskan sebagai penggagas pengembangan berpikir deduktif aksiomatis. 
 
Mengapa Geometri diberikan sebagai materi perkuliahan mahasiswa PGSD? Alasannya ialah sebagai berikut. Pola pikir Euclid telah dijadi tolok ukur pengembangan sistem matematika yang lain oleh para matematikawan. Di antara sistem-sistem dalam matematika, selain sistem bilangan, Geometri Euclid dipandang sebagai sistem yang paling intuitif.
 
 
  
Hal ini memungkinkan Geometri diajarkan di SD walaupun harus dengan cara yang sedikit lebih intuitif. Tentu saja disebabkan lantaran anak usia sekolah dasar belum berpikir ajaib menyerupai orang dewasa. Geometri dianggap mempunyai banyak aplikasi dalam matematika dan kehidupan nyata, yang juga banyak mengandung unsur problem solving-nya. Oleh alasannya ialah itu wajarlah kalau Geometri dan pemecahan dilema Geometri dijadikan materi perkuliahan matematika yang diberikan kepada mahasiswa PGSD yang notabene merupakan calon guru Sekolah Dasar.
 
Selain alasan tersebut di atas, salah satu aspek yang diajarkan dalam mata pelajaran matematika di sekolah dasar ialah aspek Geometri. Seorang guru sekolah dasar minimal mempunyai pemahaman yang lebih terkait materi geometri sehingga para mahasiswa PGSD yang notabene ialah calon guru sekolah dasar wajib mempunyai pemahaman-pemahaman terkait geometri Euclid.
  Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
Mengapa Geometri diberikan sebagai materi perkuliahan mahasiswa PGSD? Alasannya ialah sebagai berikut. Pola pikir Euclid telah dijadi tolok ukur pengembangan sistem matematika yang lain oleh para matematikawan. Di antara sistem-sistem dalam matematika, selain sistem bilangan, Geometri Euclid dipandang sebagai sistem yang paling intuitif.
Hal ini memungkinkan Geometri diajarkan di SD walaupun harus dengan cara yang sedikit lebih intuitif. Tentu saja disebabkan lantaran anak usia sekolah dasar belum berpikir ajaib menyerupai orang dewasa. Geometri dianggap mempunyai banyak aplikasi dalam matematika dan kehidupan nyata, yang juga banyak mengandung unsur problem solving-nya. Oleh alasannya ialah itu wajarlah kalau Geometri dan pemecahan dilema Geometri dijadikan materi perkuliahan matematika yang diberikan kepada mahasiswa PGSD yang notabene merupakan calon guru Sekolah Dasar.
Selain alasan tersebut di atas, salah satu aspek yang diajarkan dalam mata pelajaran matematika di sekolah dasar ialah aspek Geometri. Seorang guru sekolah dasar minimal mempunyai pemahaman yang lebih terkait materi geometri sehingga para mahasiswa PGSD yang notabene ialah calon guru sekolah dasar wajib mempunyai pemahaman-pemahaman terkait geometri Euclid.

 
 
 
No comments:
Post a Comment