Berikut ini yakni daftar kata kerja operasional atau spesifik menurut Taksonomi Bloom untuk setiap ranah kognitif, psikomotor, dan afektif. Daftar kata kerja operasional atau spesifik menurut Taksonomi Bloom biasanya dugunakan untuk penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran
Berikut ini daftar kata kerja operasional atau spesifik menurut Taksonomi Bloom untuk Ranah Kognitif
Jenis Prilaku | Kemampuan Internal | Kata Kerja Operasional |
Pengetahuan (C1) | Mengetahuai ................ misalnya: istilah fakta aturan urutan metode | Mengidentifikasikan Menyebutkan Menunjukkan Memberi nama pada ... Menyusun daftar Menggaris bawahi Menjodohkan Mmemilih Memberi definisi Menyatakan |
Pemahaman (C2) | Menterjemahkan Menafsirkan Memperkirakan Menentukan ................ misalnya: metode prosedur Memahami ................... misalnya: konsep kaidah prinsip kaitan antara fakta isi pokok Mengartikan Menginterpretasikan... misalnya: tabel grafik bagan | Menjelaskan Menguraikan Merumuskan Merangkum Mengubah Memberi pola Menyadur Meramalkan Menyimpulkan Memperkirakan Menerangkan Menggantikan Menarik kesimpulan Meringkas Mengembangkan Membuktikan dll. |
Penerapan (C3) | Memecahkan masalah Membuat bagan/grafik Menggunakan .............. misalnya: metode prosedur konsep kaidah prisip | Mendemonstrasikan Menghitung Menghubungkan Melakukan Membuktikan Menghasilkan Meragakan Melengkapi Menyesuaikan Menemukan dll. |
Analisis (C4) | Mengenali kesalahan Membedakan ............... misalnya: fakta-fakta Menganalisis ................ misalnya: struktur bagian hubungan | Memisahkan Menyeleksi Memilih Membandingkan Mempertentangkan Menguraikan Membagi Membuat diagran Menganalisis Mendistribusikan Memilah-milah Menerima pendapat dll. |
Sintesis (C5) | Menghasilkan ............... misalnya: klasifikasi karangan teori Menyusun .................... misalnya: laporan rencana skema program proposal | Mengkategorikan Mengkombinasikan Mengarang Merancang Menciptakan Mendesain Menyusun kembali Merangkaikan Menyimpulkan Membuat pola dll. |
Evaluasi (C6) | Menilai berdasarkan norma internal .............. misalnya: hasil karya mutu ka- rangan, dll. | Memperbandingkan Menyimpulkan (akhir) Mengkritik Menilai Mengevaluasi Memberi saran Menberi argumentasi Menafsirkan Merekomendasi Memutuskan dll. |
Berikut ini daftar kata kerja operasional atau spesifik menurut Taksonomi Bloom untuk Ranah Psikomotor
Jenis Prilaku | Kemampuan Internal | Kata Kerja Operasional |
Peniruan | Menafsirkan rangsang-an (stimulus). Kepekaan terhadap rangsangan. | Memilih Membedakan Mempersiapkan Menirukan Menunjukkan |
Penggunaan | Menyiapkan diri secara fisik. | Memulai Mengawali Bereaksi Mempersiapkan Memprakarsai Menanggapi Mempertunjukkan Menggunakan Menerapkan dll. |
Ketepatan | Berkosentarsi untuk menghasilkan ketepatan. | Mempraktekkan Memainkan Mengerjakan Membuat Mencoba Memposisikan dll. |
Perangkaian | Merangkaikan aneka macam keterampilan. Bekerja berdasarkan pola. | Memasang Membongkar Merangkaikan Menggabungkan Mempolakan dll. |
Naturalisasi | Menghasilkan karya cipta. Melakukan sesutau dengan ketepatan tinggi. | Membangun Membuat Mencipta Menghasilkan karya Mengoperasikan Melakukan Melaksanakan Mengerjakan Menggunakan Mengoperasikan Memainkan Mengatasi Menyelesaikan dll. |
Berikut ini daftar kata kerja operasional atau spesifik menurut Taksonomi Bloom untuk Ranah Afektif
Jenis Prilaku | Kemampuan Internal | Kata Kerja Operasional |
Pengenalan | Menunjukkan ............... misalnya: kesadaran kemauan perhatian Mengakui ...................... misalnya: perbedaan kepentingan | Menanyakan Memilih Mengikuti Menjawab Melanjutkan Memberi Menyatakan Menempatkan dll. |
Pemberian Respon | Mematuhi ...................... misalnya: peraturan tuntutan perintah Berperan aktif ............... misalnya: - di laboratorium - dalam diskusi - dalam kelompok - dalam organisasi - dalam aktivitas | Melaksanakan Membantu Menawarkan diri Menyambut Menolong Mendatangi Melaporkan Menyumbangkan Menyesuaikan diri Berlatih Menampilkan Membawakan Mendiskusikan Menyatakan setuju Mempraktekkan dll. |
Penghargaan Nilai-Nilai | Menerima suatu nilai Menyukai Menyepakati Menghargai.................... misalnya: - karya seni - proteksi ilmu - pendapat - gagasan dan saran | Menunjukkan Melaksanakan Menyatakan pendapat Mengambil prakarsa Mengikuti Memilih Ikut serta Menggabungkan diri Mengundang Mengusulkan Membela Menuntun Membimbing Membenarkan Menolak Mengajak dll. |
Pengorga- ninsasian | Membentuk sistem nilai. Menangkap korelasi an-tara nilai. Bertanggung jawab. Mengintegrasikan nilai | Merumuskan Berpegang pada Mengintegrasikan Menghubungkan Mengaitkan Menyusun Mengubah Melengkapi Menyempurnakan Menyesuaikan Menyamakan Mengatur Memperbandingkan Mempertahankan Memodifikasi Mengorganisasikan Mengkoordinir Merangkai dll. |
Pengalaman (Kebiasaan) | Menunjukkan ................ misalnya: - iman diri - disiplin pribadi - kesadaran moral Mempertimbangkan Melibatkan diri | Bertindak Menyatakan Memperlihatkan Melayani Membuktikan Menunjukkan Bertahan Mempertimbangkan Mempersoalkan dll. |
Catatan:
Kata kerja operasinal di atas gres sebagian dari jumlah kata kerja operasinaol yang ada.
Penggunaan kata kerja yang sama pada jenjang yang berbeda harus dibedakan pada tingkat kesulitannya.
Terima kasih, mudah-mudahan daftar kata kerja operasional atau spesifik menurut Taksonomi Bloom untuk setiap ranah kognitif, psikomotor, dan afektif ini bermanfaat bagi Bapak/ibu dalam penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran
No comments:
Post a Comment