Media Sederhana Untuk Materi Sifat-Sifat Cahaya di Sekolah Dasar - Salah satu bahan Sains yang dipelajari di tingkat sekolah Dasar yaitu bahan wacana Cahaya. Salah satu standar kompetensinya yaitu mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Indikatornya yaitu (1)mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai banyak sekali benda (benda bening, benda berwarna, dan benda gelap); (2)mendemonstrasikan arah rambat cahaya melalui acara eksperimen; (3) mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung dan (4)menunjukkan pola insiden pembiasan dalam kehidupan sehari-hari.
Agar siswa mencapai kompetensi ini, guru perlu mengajak siswa untuk melaksanakan eksperimen. Media pembelajaran yang diharapkan yaitu Kaca polos, beling riben/kaca kusam, kertas plastik berwarna, mistar kayu, buku album, lilin, senter, cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.
Tujuan Eksperimen : Mengetahui sifat cahaya yang mengenai benda
Langkah-langkah kerja:
1. Letakkan beling polos, beling riben/kaca kusam, kertas plastik berwarna, mistar kayu, buku album, lilin dan senter di atas meja
2. Nyalakan lilin atau senter sebagai sumber cahaya.
3. Ambillah beling polos, beling riben/kaca kusam, kertas plastik berwarna, mistar kayu dan buku album kemudian secara bergantian arahkan atau dekatkan dengan sumber cahaya.
4. Benda apa saja yang tembus cahaya?
Tujuan Eksperimen : Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.
Alat : Cermin datar, cermin cembung, cermin cekung, buku, mistar, tas buku dan lilin.
Langkah-langkah kerja :
1. Letakkan cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung di atas meja berjejer.
Agar siswa mencapai kompetensi ini, guru perlu mengajak siswa untuk melaksanakan eksperimen. Media pembelajaran yang diharapkan yaitu Kaca polos, beling riben/kaca kusam, kertas plastik berwarna, mistar kayu, buku album, lilin, senter, cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.
Tujuan Eksperimen : Mengetahui sifat cahaya yang mengenai benda
Langkah-langkah kerja:
1. Letakkan beling polos, beling riben/kaca kusam, kertas plastik berwarna, mistar kayu, buku album, lilin dan senter di atas meja
2. Nyalakan lilin atau senter sebagai sumber cahaya.
3. Ambillah beling polos, beling riben/kaca kusam, kertas plastik berwarna, mistar kayu dan buku album kemudian secara bergantian arahkan atau dekatkan dengan sumber cahaya.
4. Benda apa saja yang tembus cahaya?
Tujuan Eksperimen : Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.
Alat : Cermin datar, cermin cembung, cermin cekung, buku, mistar, tas buku dan lilin.
Langkah-langkah kerja :
1. Letakkan cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung di atas meja berjejer.
2. Ambillah sebuah polpen kemudian tampilkan di depan cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung secara bergantian kemudian pulpen itu dipindahkan dari arah cermin ke belakang! Apakah bayangan benda masih ada di dalam cermin?
3. Ambillah mistar kemudian tampilkan di depan cermin datar! Amati bayangan benda apakah bayangan benda dalam cermin sama dengan benda di depan cermin datar? Selanjutnya arahkan benda itu ke depan cermin cembung dan cermin cekung. Amati secara berurutan apakah tinggi/besar bayangan pada cermin cembung dan cermin cekung sama dengan tinggi/besar benda sesungguhnya?
4. Ambillah dan nyalakan sebuah lilin kemudian tampilkan di depan cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung. Amati apakah jarak bayangan sama dengan jarak benda terhadap cermin?
5. Dari salah satu kelompok, cobalah bangkit di depan cermin, apakah posisi kiri dan kanan temanmu sama dengan posisi kiri dan kanan pada bayangan?
No comments:
Post a Comment