Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar – Penguasaan obyek-obyek matematika semenjak dini merupakan prasyarat penting bagi seseorang untuk sanggup menuntaskan persoalan-persoalan kehidupan. Salah satu obyek matematika yakni prosedur-prosedur matematika. Prosedur matematika yang dirasa sering membingungkan anak usia sekolah dasar yakni mekanisme menuntaskan soal-soal yang melibatkan operasi hitung campuran. Tidak hanya anak usia sekolah dasar yang resah dengan mekanisme ini. Di salah satu grup WA yang aku ikuti contohnya pernah dimunculkan problem sebagai berikut:
Soal di atas merupakan salah satu bentuk soal operasi hitung campuran. Banyak anggota grup yang menjawab 1 dan banyak juga yang menjawab 9. Hal ini berarti pemahaman terkait mekanisme operasi hitung gabungan berbeda-beda.
Operasi hitung gabungan merupakan bahan yang diajarkan pada tingkat kompetensi pendidikan dasar. Mengapa disebut operasi gabungan ? Jawabannya sederhananya yakni operasi yang melibatkan lebih dari satu operasi hitung.
Untuk menuntaskan soal operasi hitung campuran, ada beberapa hukum yang mesti dicermati. Biasanya, jikalau operasi melibatkan tanda kurung, operasi yang berada dalam tanda kurung harus dikerjakan dulu. Persoalannya, bagaimana operasi yang tidak melibatkan tanda kurung ? Untuk operasi menyerupai ini, maka pengerjaannya memakai aturan-aturan sebagai berikut:
Operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-) sama kuat, artinya operasi yang terletak di sebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) sama kuat, artinya operasi yang terletak di sebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) lebih besar lengan berkuasa dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-), artinya operasi perkalian (x) dan pembagian (:) dikerjakan terlebih dahulu dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-).
Berdasarkan hukum ini, mari kita melihat kembali soal yang aku temukan pada Grup WA menyerupai yang telah dijelaskan di atas.
Pertama-tama, kita lihat bahwa pada soal di atas, melibatkan tanda kurung jadi operasi dalam tanda kurung diselesaikan terlebih dahulu. Selanjutnya, sehabis diselesaikan operasi yang tertera dalam kurung menjadi 6/2(3). Karena, operasi perkalian dan pembagian sama kuat, maka diselesaikan terlebih dahulu operasi di sebelah kirinya.
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
6/2x(1+2) =.....? 1 or 9
Soal di atas merupakan salah satu bentuk soal operasi hitung campuran. Banyak anggota grup yang menjawab 1 dan banyak juga yang menjawab 9. Hal ini berarti pemahaman terkait mekanisme operasi hitung gabungan berbeda-beda.
Operasi hitung gabungan merupakan bahan yang diajarkan pada tingkat kompetensi pendidikan dasar. Mengapa disebut operasi gabungan ? Jawabannya sederhananya yakni operasi yang melibatkan lebih dari satu operasi hitung.
Untuk menuntaskan soal operasi hitung campuran, ada beberapa hukum yang mesti dicermati. Biasanya, jikalau operasi melibatkan tanda kurung, operasi yang berada dalam tanda kurung harus dikerjakan dulu. Persoalannya, bagaimana operasi yang tidak melibatkan tanda kurung ? Untuk operasi menyerupai ini, maka pengerjaannya memakai aturan-aturan sebagai berikut:
Operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-) sama kuat, artinya operasi yang terletak di sebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) sama kuat, artinya operasi yang terletak di sebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) lebih besar lengan berkuasa dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-), artinya operasi perkalian (x) dan pembagian (:) dikerjakan terlebih dahulu dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-).
Berdasarkan hukum ini, mari kita melihat kembali soal yang aku temukan pada Grup WA menyerupai yang telah dijelaskan di atas.
6/2x(1+2) =.....? 1 or 9
Pertama-tama, kita lihat bahwa pada soal di atas, melibatkan tanda kurung jadi operasi dalam tanda kurung diselesaikan terlebih dahulu. Selanjutnya, sehabis diselesaikan operasi yang tertera dalam kurung menjadi 6/2(3). Karena, operasi perkalian dan pembagian sama kuat, maka diselesaikan terlebih dahulu operasi di sebelah kirinya.
Jadi, 6/2x(1+2) =6/2(3)=3x3 =9
No comments:
Post a Comment