Download Buku Matematika Kelas IV SD Kurikulum 2013 Revisi 2017- Berdasarkan revisi Kurikulum2013 pada tahun 2017 disyaratkan bahwa mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) disiapkan tersendiri dan telah terpisah dari Buku Tematik Terpadu.
Baca Juga:
RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Pemisahan mata pelajaran Matematika dan PJOK dari buku Tematik Terpadu dikarenakan siswa tidak akan mendapat konsep matematika secara mendalam kalau masih terintegrasi dalam mapel Tematik Terpadu dan mata pelajaran PJOK mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dibandingkan mapel lainnya. Objek kajian mata pelajaran PJOK berupa gerak dengan pembelajaran yang banyak dilakukan melalui observasi, mencontoh atau menirukan, serta melatihkan secara berulang.
Dengan dipisahkannya kedua mata pelajaran tersebut dari mata pelajaran Tematik Umum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Daftar Judul Buku Teks Pelajaran untuk Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Baca Juga:
RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Pemisahan mata pelajaran Matematika dan PJOK dari buku Tematik Terpadu dikarenakan siswa tidak akan mendapat konsep matematika secara mendalam kalau masih terintegrasi dalam mapel Tematik Terpadu dan mata pelajaran PJOK mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dibandingkan mapel lainnya. Objek kajian mata pelajaran PJOK berupa gerak dengan pembelajaran yang banyak dilakukan melalui observasi, mencontoh atau menirukan, serta melatihkan secara berulang.
Dengan dipisahkannya kedua mata pelajaran tersebut dari mata pelajaran Tematik Umum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Daftar Judul Buku Teks Pelajaran untuk Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Untuk Buku Matematika Kelas IV Sekolah Kurikulum 2013 Revisi 2017 telah tersedia dan sanggup did0wnl0ad pada link Download Buku Matematika Kelas IV SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Adapun kompetensi Inti Pengetahuan dan Ketrampilan Matematika SD Kelas 4 yang materinya termuat dalam buku ini antara lain :
3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model kasatmata
4.1. Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk bagian (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
4.2 Mengidentifikasi aneka macam bentuk bagian (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun bagian dan desimal
4.3Menyelesaikan dilema penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun bagian dan desimal
3.4Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan 4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
3.5 Menjelaskan bilangan prima 4.5 Mengidentifikasi bilangan prima
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.7 Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.7 Menyelesaikan dilema pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
terdekat
3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.9 Menjelaskan dan memilih keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta
hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.9 Menyelesaikan dilema berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga
termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)menggunakan model kasatmata
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan,berhimpit) memakai model kasatmata
3.11 Menjelaskan data diri penerima didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
4.11 Mengumpulkan data diri penerima didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang
3.12 Menjelaskan dan memilih ukuran sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan
menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
Adapun kompetensi Inti Pengetahuan dan Ketrampilan Matematika SD Kelas 4 yang materinya termuat dalam buku ini antara lain :
3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model kasatmata
4.1. Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk bagian (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
4.2 Mengidentifikasi aneka macam bentuk bagian (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun bagian dan desimal
4.3Menyelesaikan dilema penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun bagian dan desimal
3.4Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan 4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
3.5 Menjelaskan bilangan prima 4.5 Mengidentifikasi bilangan prima
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.7 Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.7 Menyelesaikan dilema pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
terdekat
3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.9 Menjelaskan dan memilih keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta
hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.9 Menyelesaikan dilema berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga
termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)menggunakan model kasatmata
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan,berhimpit) memakai model kasatmata
3.11 Menjelaskan data diri penerima didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
4.11 Mengumpulkan data diri penerima didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang
3.12 Menjelaskan dan memilih ukuran sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan
menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
No comments:
Post a Comment