Sunday, April 30, 2017

√ Juknis Lomba Penemuan Pembelajaran Inobel Guru Smp Tahun 2016

Guru sebagai pendidik dan pengajar mengemban kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi akseptor didik termasuk akseptor didik di sekolah menengah pertama (SMP). Agar guru SMP sanggup melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SMP wajib melaksanakan penemuan pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.
Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP sanggup dilaksanakan melalui banyak sekali cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba penemuan pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP.

Pelaksanaan lomba penemuan pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP  tersebut merupakan ajang kompetisi penemuan pembelajaran bagi guru SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan duduk kasus pembelajaran. Suatu penemuan yang sanggup membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diperlukan sanggup meningkatkan mutu proses dan hasil mencar ilmu siswa. Melalui lomba ini, karya-karya penemuan pembelajaran yang terpilih sanggup dimanfaatkan menjadi referensi bagi guru SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran




Adpun Tema Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 yaitu  “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun  isi  karya  lomba  inovasi  pembelajaran  mengacu  pada  kurikulum  yang  berlaku  di  sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran ( INOBEL)  guru SMP tahun 2016 ini dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu:

1.  Guru mata pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk bidang ini memakai aba-aba MIPA.

2.  Guru mata pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, PPKn, dan Muatan Lokal (Mulok). Untuk bidang ini memakai aba-aba IPSB.

3.  Guru mata  pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya, Prakarya,  Pendidikan  Agama,  dan  Bimbingan  Konseling  (BK).  Untuk  bidang  ini  menggunakan  aba-aba SORAK.


Adapun Persyaratan akseptor Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
a.  mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);

b.  melampirkan surat kiprah mengikuti lomba dari atasan eksklusif dan diketahui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tembusan;

c.  melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;

d.  memiliki  kualifikasi  akademik  minimal  Sarjana  (S1)  atau  Diploma  4  (D-IV)  dengan  melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan;

e.  melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;

f.  melampirkan  surat  pernyataan  belum  pernah  menjadi  peringkat  satu,  dua,  dan  tiga   pada  Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional pada tahun 2013, 2014, dan 2015 (lihat lampiran 3).

g.  melampirkan  surat  pernyataan  bahwa  karya  inovasi  pembelajaran  tersebut  telah  didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah.

h.  tidak sedang kiprah mencar ilmu yang didanai Pemerintah (lihat lampiran 3).

Persyaratan Karya dalam Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Karya yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran
a.  bersifat individual,
b.  satu karya,
c.  orisinal,
d.  telah  diimplementasikan  pada  proses  pembelajaran  dan  sudah  ada  hasilnya  maksimal  tiga  tahun terakhir, dan
e.  belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.
Tiga  persyaratan  (c,  d,  dan  e)  tersebut  dinyatakan  dengan  surat  pernyataan  dan  ditandatangani  yang bersangkutan di atas lembar bermeterai Rp 6000,00 (lihat lampiran 3).

Persyaratan Naskah dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016

1.  Naskah  diketik  mengikuti  teknik  dan  sistematika  penulisan  yang  ditentukan  dalam  Pedoman
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
2.  Karya  inovasi  pembelajaran  yang  dikirim  berupa  naskah  atau  dokumen  tertulis  dalam  bentuk hardcopy  dan  softcopy  dalam  CD/DVD/flashdisk,  serta  melalui  pos-el  (e-mail)  dengan  alamat inobelsmp2016@gmail.com

LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 


Seleksi dan Penilaian
1.  Ketentuan Seleksi dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Untuk  Lomba   Inovasi  Pembelajaran  Guru  SMP  Tingkat  Nasional  Tahun  2016,  teknik  seleksi dilakukan melalui empat tahap, yaitu:
a.  Tahap I 
Pada tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek: 6
1)  Kelengkapan  dokumen  dan  keaslian  naskah,  serta  kesesuaian  karya  inovasi  pembelajaran dengan  pedoman  merupakan  persyaratan  utama.  Penilaian  dilakukan  oleh  Direktorat 
Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dengan memakai instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b.  Tahap II
Pada tahap II dilakukan penilaian esensi karya penemuan pembelajaran oleh dewan juri. 
Hasil dari Seleksi Tahap II menentukan 34 akseptor dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga kelompok bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan memakai instrumen 2. 
c.  Tahap III, 
Pada tahap III, akseptor yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 akseptor dari masing-masing bidang  lomba  (total  102  untuk  tiga  bidang  lomba)  melakukan  pameran  atau  display  karya  inovasi
pembelajarannya.  Pada  tahap  III  dilakukan  penilaian  tampilan  karya  inovasi  pembelajaran  yang  dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan memakai instrumen 3. 
d.  Tahap IV,
Sepuluh  finalis  dari  setiap  bidang  lomba  (total  30  finalis)  mempresentasikan  karyanya  di  depan lembaga terbuka yang dinilai oleh juri dengan memakai instrumen 4.

Aspek yang Dinilai Karya penemuan pembelajaran akan dinilai menurut aspek-aspek berikut.
1) Asli: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan merupakan hasil pemikiran/karya sendiri bukan plagiat.
2) Spesifik: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan mempunyai kekhususan yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
3) Unik: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan mempunyai nilai-nilai kekhususan dan keistimewaan tersendiri.
4) Inovatif: Karya penemuan yang dibentuk mengandung unsur kebaruan.
5) Sistematis: tata urut karya penemuan pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan ketentuan pada pedoman.
6) Aplikatif: karya penemuan pembelajaran diusulkan, gampang diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna.
7) Inspiratif: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan bisa mengilhami pengguna untuk melaksanakan pembaharuan dalam pembelajaran;
8) Bermakna: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan bermanfaat untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.

Sistematika Penulisan Naskah Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 harus memakai sistematika sebagai berikut.

SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat

BAB II LANDASAN TEORI 
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran

BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran 
C. Proses Penemuan/Pembaharuan 
D. Aplikasi Mudah dalam Pembelajaran
E. Data Hasil Aplikasi Mudah Inovasi Pembelajaran
F. Analisis Hasil Aplikasi Mudah Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi

BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Dokumen Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tahun 2016 sanggup dikirim ke:

Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP (SMP) Tingkat Nasional Tahun 2016 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lt. 15 Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Kode Pos 10270 Pos-el (E-mail): inobelsmp2016@gmail.com


DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (Klik disini)



BACA INFORMASI PENTING LAINNYA


Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com

No comments:

Post a Comment

Laptop Graphic Terbaik Untuk Desain Grafis 2014

Mereview Laptop Desain Grafis tahun 2014 OPOSIP - Ketika saya bekerja dari rumah saya mempunyai sebuah PC yang didedikasikan yang sang...