Guru sebagai pendidik dan pengajar mengemban kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi akseptor didik termasuk akseptor didik di sekolah menengah pertama (SMP). Agar guru SMP sanggup melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SMP wajib melaksanakan penemuan pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.
Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP sanggup dilaksanakan melalui banyak sekali cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba penemuan pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP.
Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP sanggup dilaksanakan melalui banyak sekali cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba penemuan pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP.
Pelaksanaan lomba penemuan pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP tersebut merupakan ajang kompetisi penemuan pembelajaran bagi guru SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan duduk kasus pembelajaran. Suatu penemuan yang sanggup membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diperlukan sanggup meningkatkan mutu proses dan hasil mencar ilmu siswa. Melalui lomba ini, karya-karya penemuan pembelajaran yang terpilih sanggup dimanfaatkan menjadi referensi bagi guru SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran
Adpun Tema Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 yaitu “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran ( INOBEL) guru SMP tahun 2016 ini dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu:
1. Guru mata pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk bidang ini memakai aba-aba MIPA.
2. Guru mata pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, PPKn, dan Muatan Lokal (Mulok). Untuk bidang ini memakai aba-aba IPSB.
3. Guru mata pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya, Prakarya, Pendidikan Agama, dan Bimbingan Konseling (BK). Untuk bidang ini menggunakan aba-aba SORAK.
Adapun Persyaratan akseptor Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
a. mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b. melampirkan surat kiprah mengikuti lomba dari atasan eksklusif dan diketahui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tembusan;
c. melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;
d. memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan;
e. melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
f. melampirkan surat pernyataan belum pernah menjadi peringkat satu, dua, dan tiga pada Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional pada tahun 2013, 2014, dan 2015 (lihat lampiran 3).
g. melampirkan surat pernyataan bahwa karya inovasi pembelajaran tersebut telah didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah.
h. tidak sedang kiprah mencar ilmu yang didanai Pemerintah (lihat lampiran 3).
Persyaratan Karya dalam Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Karya yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran
a. bersifat individual,
a. bersifat individual,
b. satu karya,
c. orisinal,
d. telah diimplementasikan pada proses pembelajaran dan sudah ada hasilnya maksimal tiga tahun terakhir, dan
e. belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.
Tiga persyaratan (c, d, dan e) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan di atas lembar bermeterai Rp 6000,00 (lihat lampiran 3).
Persyaratan Naskah dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
1. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
2. Karya inovasi pembelajaran yang dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis dalam bentuk hardcopy dan softcopy dalam CD/DVD/flashdisk, serta melalui pos-el (e-mail) dengan alamat inobelsmp2016@gmail.com
LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 |
Seleksi dan Penilaian
1. Ketentuan Seleksi dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Untuk Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016, teknik seleksi dilakukan melalui empat tahap, yaitu:
a. Tahap I
Pada tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek: 6
1) Kelengkapan dokumen dan keaslian naskah, serta kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan pedoman merupakan persyaratan utama. Penilaian dilakukan oleh Direktorat
Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dengan memakai instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b. Tahap II
Pada tahap II dilakukan penilaian esensi karya penemuan pembelajaran oleh dewan juri.
Hasil dari Seleksi Tahap II menentukan 34 akseptor dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga kelompok bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan memakai instrumen 2.
c. Tahap III,
Pada tahap III, akseptor yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 akseptor dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga bidang lomba) melakukan pameran atau display karya inovasi
pembelajarannya. Pada tahap III dilakukan penilaian tampilan karya inovasi pembelajaran yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan memakai instrumen 3.
pembelajarannya. Pada tahap III dilakukan penilaian tampilan karya inovasi pembelajaran yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan memakai instrumen 3.
d. Tahap IV,
Sepuluh finalis dari setiap bidang lomba (total 30 finalis) mempresentasikan karyanya di depan lembaga terbuka yang dinilai oleh juri dengan memakai instrumen 4.
Aspek yang Dinilai Karya penemuan pembelajaran akan dinilai menurut aspek-aspek berikut.
1) Asli: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan merupakan hasil pemikiran/karya sendiri bukan plagiat.
2) Spesifik: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan mempunyai kekhususan yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
3) Unik: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan mempunyai nilai-nilai kekhususan dan keistimewaan tersendiri.
4) Inovatif: Karya penemuan yang dibentuk mengandung unsur kebaruan.
5) Sistematis: tata urut karya penemuan pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan ketentuan pada pedoman.
6) Aplikatif: karya penemuan pembelajaran diusulkan, gampang diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna.
7) Inspiratif: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan bisa mengilhami pengguna untuk melaksanakan pembaharuan dalam pembelajaran;
8) Bermakna: karya penemuan pembelajaran yang diusulkan bermanfaat untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.
Sistematika Penulisan Naskah Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 harus memakai sistematika sebagai berikut.
SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Mudah dalam Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Mudah dalam Pembelajaran
E. Data Hasil Aplikasi Mudah Inovasi Pembelajaran
F. Analisis Hasil Aplikasi Mudah Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi
BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Dokumen Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tahun 2016 sanggup dikirim ke:
Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP (SMP) Tingkat Nasional Tahun 2016 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lt. 15 Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Kode Pos 10270 Pos-el (E-mail): inobelsmp2016@gmail.com
DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (Klik disini)
No comments:
Post a Comment