Salah satu prinsip supervisi pembelajaran yaitu obyektif,artinya dalam penyusunan jadwal tindak lanjut supervisi akademik harus didasarkan pada kebutuhan positif pengembangan keprofesianberkelanjutan guru.
Setelah melaksanakan supervisi akademik, kepala sekolah akan mendapatkan
gambaran terkait dengan profil kompetensi guru. Gambaran ini diperoleh berdasarkan hasil analisis dari instrumen yang dipakai pada dikala melakukan supervisi akademik. Berdasar pada profil kompetensi guru tersebut kepala sekolah melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi akademik.
Hasil analisis, catatan kepala sekolah, dimanfaatkan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan guru. Berdasarkan kondisi tersebut kepala sekolah sanggup menyusun jadwal pembinaan pengembangan keterampilan mengajar guru atau meningkatkan profesionalisme guru.
Adapun bentuk tindak lanjut supervisi akademik sanggup dilakukan melalui acara sebagai berikut:
1. Pembinaan
Kegiatan pembinaan sanggup berupa pembinaan pribadi dan tidak langsung.
a. Pembinaan Langsung
Pembinaan ini dilakukan terhadap hal-hal yang sifatnya khusus, yang
perlu perbaikan dengan segera dari hasil analisis supervisi. Menurut Sahertian (2000) pembinaan dengan pendekatan pribadi berarti supervisor menawarkan instruksi langsung.Dengan demikian efek supervisor lebih dominan.
Kegiatan pembinaan pribadi yang dilakukan
setelah kepala sekolah simpulan melaksanakan observasi pembelajaran yaitu pertemuan pasca observasi. Pada pertemuan ini kepala sekolah memberi balikan
untuk membantu membuatkan sikap guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Dari umpan balik itu pula dapat tercipta suasana komunikasi yang tidak menjadikan ketegangan, tidak menonjolkan otoritas, memberi kesempatan untuk mendorong guru memperbaiki penampilan dan kinerjanya.
Pada acara ini kepala sekolah sanggup melakukanlima langkah pembinaan kemampuan guru yaitu:
1) menciptakan hubungan-hubungan yang harmonis,
2) analisis kebutuhan,
3) mengembangkan taktik dan media,
4) menilai, dan
5) revisi
b. Pembinaan Tidak Langsung
Pembinaan ini dilakukan terhadap hal-hal yang sifatnya umum yang
perlu perbaikan dan perhatian sesudah memperoleh hasil analisis
supervisi. Sahertian (2000) menyatakan bahwa: sikap supervisor dalam pendekatan tidak pribadi yaitu mendengarkan, memberi penguatan, menjelaskan, menyajikan, dan memecahkan masalah. Beberapa jenis komponen yang sanggup dipilihkepala sekolah dalam membina
guru untuk meningkatkan proses pembelajaran yaitu sebagai berikut:
1. Menggunakan buku pedoman/petunjuk bagi guru dan bahan
pembantu guru lainnya secara efektif.
2. Menggunakan buku teks secara efektif.
3. Menggunakan praktek pembelajaran yang efektif yang dapat
mereka pelajari selama bimbingan teknis profesional/inservice
training.
4. Mengembangkan teknik pembelajaran yang telah mereka miliki
5. Menggunakan metodologi yang luwes (fleksibel).
6. Merespon kebutuhan dan kemampuan individual penerima didik.
7. Menggunakan lingkungan sekitar sebagai alat bantu pembelajaran.
8. Mengelompokkan penerima didik secara lebih efektif.
9. Mengevaluasi penerima didik dengan lebih akurat/teliti/secama.
10. Bekerjasama/berkolaborasi dengan guru lain semoga lebih berhasil.
11.Mengikutsertakan masyarakat dalam mengelola kelas.
12. Memperkenalkan teknik pembelajaran modern untuk penemuan dan
kreatifitas layanan pembelajaran.
13. Membantu penerima didik dalam meningkatkan keterampilan berpikir
kritis, menuntaskan persoalan dan pengambilan keputusan.
14. Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007 mengatur perihal pengawasan proses pembelajaran yang mencakup pemantauan dan supervisi. Berdasarkan peraturan tersebut acara tindak lanjut supervisi akademik sanggup dilakukan kepala sekolah dengan pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.Kepala sekolah sanggup menentukan alternatif acara tindak lanjut tersebut di atas sesuai dengan analisis hasilsupervisi akademik terhadap komponen-komponen tersebut di atas.
Kepala sekolah menentukan kelompok guru dengan permasalahan yang menyerupai apa, pada komponen yang mana, sanggup diberikan tindak lanjut denganpemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi. Pada setiap acara tindak lanjut yang dipilih kepala sekolah harus merumuskan latar belakangdan tujuan pemilihan kegiatan, serta sasaran yang harus dicapai. Hal-hal tersebut di atas harus dicantumkan pada jadwal tindak lanjut.
Program Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik
Agar pelaksanaan tindak lanjut supervisi akademik sanggup berlangsung secara.efektif perlu membuat jadwal rencana tindak lanjut. Modul ini diperlukan membekali penerima menyusun jadwal tindak lanjut hasil supervisi akademik.
Penyusunan jadwal tindak lanjut diawali dengan melaksanakan analisis kebutuhan penerima menurut analisis hasil supervisi akademik.Analisis kebutuhan merupakan upaya menentukan perbedaan antara pengetahuan,ketrampilan dan sikap yang dipersyaratkan dan yang secara positif dimiliki. Analisis kebutuhan ini sanggup dilakukan dalam tahapan sebagai berikut:
1) Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan terkait masalah-masalah pembelajaran dan perbedaan (gap) apa saja yang ada antara pengetahuan,ketrampilan dan sikap yang nyata dimiliki guru dan yang seharusnya dimiliki guru?Perbedaan tersebut kemudian dikelompokkan, disintesiskan dan diklasifikasikan untuk menentukan jenis acara tindak lanjut.
2) Mencatat prosedur-prosedur untuk mengumpulkan informasi pelengkap perihal pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dimiliki guru.
3) Mengidentifikasi dan mencatat kebutuhan-kebutuhan khusus pembinaan ketrampilan pembelajaran guru.
4) Menetapkan jenis pembinaan ketrampilan pembelajaran guru.
5) Menetapkan tujuan pemilihan jenis pembinaan.
6) Mengidentifikasi pemberian lingkungan dan hambatan-hambatannya.
7) Mengidentifikasi tugas-tugas administrasi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tindak lanjutseperti keuangan,sumber-sumber belajar, sarana prasarana.
No comments:
Post a Comment