Langkah-Langkah Inti Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di SMP- Materi Geometri dengan sub bahan Lingkaran dan Unsur-unsurnya diajarkan semenjak sekolah dasar dan dilanjutkan lebih dalam pada jenjang SMP. Berikut ini disajikan Langkah-Langkah Inti Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di SMP.
Tujuan Pembelajaran : Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah gosip dalam pembelajaran discovery learning, siswa dapat:
- merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui berguru persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel;
- menunjukkan perilaku ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
- menunjukkan perilaku teliti dalam menyelesaiakan kiprah dari guru;
- mendefinisikan bulat dan unsur-unsurnya;
- mengidentifikasi dan melukis unsur-unsur lingkaran;
- menemukan nilai phi (π) ;
- membangun konsep menghitung keliling bulat dan meneggunakan untuk penyelesaian masalah
Materi Pembelajaran: Siswa SMP/MTs mempelajari tentang unsur-unsut lingkaran untuk pertama kali ialah pada Kompetensi Dasar (KD) 3.6 (KD kelompok Pengetahuan). KD ini dipelajari dalam beberapa kali pertemuan. Ada beberapa tahapan kemampuan berurutan yang dilalui siswa dalam mempelajari KD 3.6 ini, yaitu:
RPP Pertemuan Ke-1 (dari 2 pertemuan) ini ialah rancangan pembelajaran yang terkait tahapan nomor 1. Materi asuh yang dipelajari siswa adalah: pengertian bulat beserta unsur-unsurnya dan melukisnya.
Langkah-Langkah Pembelajaran:
Pendahuluan
Inti
Sumber http://www.tipsbelajarmatematika.com
- mengidentifikasi unsur-unsur bulat (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, juring, tembereng, tali busur dan apotema)
- melukis bulat beserta unsur-unsurnya.
- menemukan nilai phi (π).
- membangun konsep keliling dan memakai untuk pemecahan duduk masalah
RPP Pertemuan Ke-1 (dari 2 pertemuan) ini ialah rancangan pembelajaran yang terkait tahapan nomor 1. Materi asuh yang dipelajari siswa adalah: pengertian bulat beserta unsur-unsurnya dan melukisnya.
- Pengertian: bulat ialah kumpulan titik-titik yang memiliki jarak yang sama dengan suatu titik tertentu, titik tertentu ialah sentra bulat jarak yang sama ialah jari-jari.
- Unsur-unsur bulat : titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, tembereng dan apotema.
- Melukis bulat dan unsur-unsur bulat
- Menemukan nilai phi (π) dengan bereksperimen mengukur dan membandingkan antara keliling bulat dengan diameternya
- Membangun konsep keliling bulat dengan rumusan K = π x d = 2 x π x r
- Menggunakan konsep keliling bulat dalam penyelesaian masalah
Pendahuluan
- Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
- Siswa mendengarkan dan menanggapi dongeng wacana manfaat berguru bulat dalam kehidupan sehari-hari;
- Siswa menyimak tujuan berguru dan hasil berguru yang dibutuhkan akan dicapai dalam pertemuan;
- Siswa menyimak gosip wacana cara berguru yang akan ditempuh
- Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
Inti
- Mengamati: Secara klasikal siswa mengamati dan mencermati referensi benda sekitar yang berbentuk lingkaran, kemudian menyimak presentasi melalui layar LCD wacana manfaat benda yang berbentuk bulat dan dan definisi lingkaran.Siswa berbagi perilaku bersyukur.(Contoh permasalahan terlampir)
- Menanya: Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa berbagi perilaku ingin tahu.
- Mengumpulkan informasi: Siswa melihat presentasi wacana unsur-unsur bulat berupa definisi bukan gambar.
- Mengolah informasi: Setelah melihat presentasi LCD, siswa secara berkelompok mengerjakan LK. Siswa berbagi perilaku teliti.
- Mengkomunikasikan: Perwakilan masing-masing kelompok memprersentasikan hasil pekerjaannya. Siswa berbagi santun dan menghargai pendapat.
- Mengamati: Secara klasikal siswa menyimak presentasi melalui layar LCD permasalahan konkret yang berkaitan dengan dengan benda yang berbentuk bulat .Siswa berbagi perilaku bersyukur.(Contoh permasalahan terlampir)
- Menanya: Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa berbagi perilaku ingin tahu.
- Mengumpulkan informasi: Siswa melihat presentasi wacana permasalahan konkret berkaitan dengan bulat dan berusaha menemukan penyelesaiannya.
- Mengolah informasi: Setelah melihat presentasi LCD, siswa secara berkelompok mengerjakan eksperimen mengukur keliling dan diameter beberapa benda konkret berbentuk bulat dan membandingkan ukuran keliling dan diameter untuk menemukan nilai phi. Siswa berbagi perilaku teliti.
- Mengkomunikasikan: Perwakilan masing-masing kelompok memprersentasikan hasil pekerjaannya. Siswa berbagi santun dan menghargai pendapat.
- Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu wacana lingkaran,unsur-unsur bulat dan cara menghitung keliling lingkaran
- Secara individu siswa melaksanakan refleksi (penilaian diri) wacana hal-hal yang telah dilakukan selama proses berguru pada pertemuan ke-1. Siswa berbagi perilaku bersyukur.
- Siswa menuntaskan tes uji kompetensi
- Siswa mencermati Informasi garis besar isi aktivitas pada pertemuan berikutnya, menemukan konsep luas lingkaran.
No comments:
Post a Comment